Contoh Inovasi yang Sering kita Temukan dalam Keseharian

Diposting pada

Contoh Inovasi di Masyarakat

Inovatif akhir-akhir ini menjadi pembiacaraan yang serius di banyak kalangan, hal ini lantaran dengan pemikiran dan hasil yang inovatif masyarakat bisa berkembang lebih baik dari kondisi sebelumnya. Banyak bentuk-bentuk inovasi yang bisa ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Namun yang pasti inovasi ini tidak terlepas daripada efesiensi dalam penggunakan waktu yang seminimal mungkin serta hasil yang semaksimal mungkin. Bahkan, model penemuan yang sebelumnya tidak pernah ada di lingkungan sosial bermasyarakat berdampak pada solusi penawaran yang berbeda dari keadaan sebelumnya.

Inovasi

Inovasi adalah pengembangan terhadap keadaan yang ada di dalam masyarakat, dimana prihal penemuan atas pengambangan ini mencangkup gagasan pemikiran serta solusi yang tawarkan, sehingga melalui aspek-aspek teknologi, pertanian, pendidikan, dan lain sebagainya inilah terjadi proses terbentuknya inovasi tidak dalam waktu cepat lantaran diperlukan penelitian dan kajian yang lebih mendalam agar benar-bener sesuai dengan arti kebutuhan yang diinginkan.

Contoh Inovasi

Contoh Inovasi
Contoh Inovasi

Adapun untuk contoh inovasi di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja;

  1. Produk

Produk adalah sektor penting yang ditemukan dalam kajian lembaga ekonomi. Produk berfungsi memenuhi kebutuhan masyarakat, baik primer ataupun kebutuhan sekunder. Contoh nyata dalam produk ini misalnya saja pemanfaatan air sebagai penganti bensin.

  1. Pendidikan

Mengenai inovasi dalam pendidikan bisa dilihat pada masuknya kurikulum anti korupsi di sekolah. Kurikulum ini belum ada pada saat Indonesia di awal-awal kemerdekaan, lantaran adalah masalah siglit yang dialami, yaitu tingginya tingkat korupsi pada akhirnya KPK bersama dengan Kemendikbud membentuk kurikulum tentang anti korupsi di sekolah.

  1. Pelayanan Publik

Mengenai inovasi bisa dilihat pada pelayanan publik, dari yang dulunya manual pada saat ini ingin dilakukan secara online.

Palaksanaan online ini selain menyeimbangan bentuk perubahan sosial yang ada di dalam masyarakat dengan munculnya teknologi-teknologi baru juga dilakukan dalam upaya memangkas birokrasi yang menajadi momok menakutkan bagi masyarakat biasa.

  1. Kewirausahaan

Yang bisa diambil dari inovasi ini ialah segmen kewirausahaan, dengan langkah ini secara langsung pemerintah dan masyarakat dalam mengurangi dampak pengangguran. Produk kewirausahaan yang dianggap baru misalnya saja tentang berdirinya Markobar milik anak Jokowi.

Markobar adalah martabak yang dahlu dianggap sebagai makalah muarahan dan tidak memiliki nilai postensial. Diatanggan wirausaha seperti Anak Jokowi pada saat ini Markobar mampu meluas di berbagai wilayah Indonesia bahkan beberapa kabar menyebutkan akan meluncurkan di negara-negara asia tenggara.

  1. Teknologi

Yang bisa menjadi kajian mendalam dalam bentuk inovasi adalah tentang teknologi, terutama tentang media sosial. Pada saat awal kemerdekaan Indonesia media sosial tidak berkembang dengan pesat seperti saat ini, akan tetapi berjalannya dengan globalisasi dan tingkat penemuan tinggi, akhirnya media sosial seperti facebook, blogger, website, twietter, instragam, menjadi lahan untuk berkomunikasi dan berinteraksi sosial.

  1. Kebudayaan

Yang bisa diambil adalah tentang sifat kebudayaan, nilai budaya yang lekat dengan kehidupan masyrakat Indonesia pada saat ini menjadi daya tarik bagi bangsa lain untuk mempelajarinya. Misalnya untuk memperkenalkan budaya Indonesia diselenggarakn fesitifal budaya, fetival batik, dan lain sebaginya.

  1. Transportasi

Pergerakan masyarakat harus dituntut keras mengahadapi kehidupan, dengan langkah-langkah yang stretagis diaharapkan kemidian hari ditemukan bentuk inovasi yang terus menerus terjadi. Prihal ini hubungannya dengan transportasi misalnya saja adanya apalikasi ojek online seperti halnya Gojek.

Gojek sejatinya menjadi bagian daripada inovasi yang menghubungkan antara tukang ojek online dengan masyarakat yang membutuhkan. Sehingga kelebihan sistem ini tentusaja setiap masyarakat bisa dengan mudah mendapatkan pelayanan sehingga terhindar daripada harga-harga yang besar. Disisi lainnya para tukang ojek tidak perlu menunggu dalam satu wilayah dalam kurun waktu yang lama lantaran ada koneksi yang saling terhububung satu sama lainnya.

  1. Crowdfunding

Crowdfunding bisa dikatakan sebagai salah satu inovasi yang bergerak pada bidang sosial dengan melakukan himbunan dana kepada masyarakat secara langsung. Prihal ini misalnya saja ketika kita tergabung di sebuah organisasi amal. Organisasi ini bergerak dibidang penyelamatan kucing liar yang terlantar.

Untuk melanjutkan niat baik memelihara kucing-kucing terlantar ini memerlukan banyak dana, sehingga hal ini memungkinkan untuk membuka donasi di platform donasi digital seperti halnya dengan KitaBisa, NUCare, dan lain sebagainya. Bagian daripad apenghimpunan dana secara online tersebut sejatinya ialah salah satu inovasi setrategis.

  1. Pemerintahan

Gagasan, ide, dan objek tertentu yang ada dalam sistem sosial pemerintahan juga tidak terlepas daripada inovasi. Hal ini bisa dilakukan dalam bentuk upaya penyelesain masalah-masalah yang sedang di hadapi. Penemuan terhadap gagasan inovasi dalam pemerintahan tersebut tidak selalu diterima oleh masyarakat, hingga akhirnya memerlukan proses panjang yang penting untuk dilakukan.

Adapun contohnya saja misalnya saja dalam pembuatan NPWP secara oline maupun melakukan perpanjangan SIM secara online. Hal ini memangkas waktu dan birokrasi yang berbelit-belit.

  1. Kesehatan

Pada bidang kesehatan untuk inovasi maupun penemuan baru yang ada dalam masyarakat misalnya saja dengan adanya program pemerintah yang mengatasi permasalahan penyebaran virus corona. Maka, seketika dibukanya Aplikasi Peduli Lindungi  dengan tujuan memecahkan menditeksi perjalanan seseorang sehingga manakala terindikasi covid bisa langsung ditraking keberadaannya.

Ciri Inovasi

Karakteristik yang tergolong inovasi. Diantarnya;

  1. Baru

Kesimpulan kajian mengenai inovasi ialah baru dan belum ada pada keadaan sebelumnya. Pembaharuan ini tercipta dari pemikiran yang keras terhadap pemanfaatan SDA (Sumber Daya Alam) dengan maksimal tanpa mengurangi fungsi dan peranannnya.

  1. Terencana

Intisari mengenai inovasi ialah terencana sesuai dengan kondisi yang dilakukanan. Bahasan ini begitu penting, sebagai upaya bedampak postif bagi masyarakat. Segala sesuatu yang tidak terencana akan menimbulan kekecewaan, oleh karenannya penumuan yang dianggap inovasi adalah terencana.

  1. Khas

Yang ada di dalam inovasi adalah khas dan dianggap unik untuk menyelesaikan permasalahan. Keadaan khas bisa terbentuk dengan mahami masyarakat yang ada di lingkungan sosialnya. Pengertian masyarakat ini sendiri adalah sekumpulan orang yang tinggal bersama dalam kurun waktu tertentu.

  1. Tujuan

Karakteristik yang penting untuk diketahui bahwa itu inovasi atau bukan ialah memiliki tujuan, tujuan disini tentusaja lebih condong pada permasalahan sosial yang akan di atasi, melalui beragam bentuk penelitian yang dilakukan.

Demikianlah tulisan dan pembahasan mengenai contoh-contoh inovasi di masyarakat yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan dan pengetahuan mendalam bagi segenap pembaca sekalian, yang membutuhkannya.

Rating: 2.8/5. From 9 votes.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *