Tujuan Pemberdayaan Masyarakat dan Contohnya

Diposting pada

Tujuan Pemberdayaan Masyarakat

Pemberdayaan masyarakat berarti masyarakat memiliki sumber daya dan bakat untuk mengelola urusannya, mengendalikan, dan mempengaruhi berbagai jenis kelompok sosial serta kekuatan terkait di dalam dan di luar masyarakat. Disisi liannya dalam proses pemberdayaan terdapat pengembangan pemimpin dan organisasi masyarakat yang berdaya.

Dalam kondisi inilah setidaknya pemberdayaan masyarakat meliputi aspek sosial, unsur budaya, politik dan ekonomi masyarakat. Yang dilakukan guna mencapai tujuan-tujuan yang direncanakan, baik dalam bidang kesehatan, arti pendidikan, dan lain sebagainya.

Pemberdayaan Masyarakat

Pemberdayaan masyarakat adalah serangakain proses yang memungkinkan masyarakat untuk meningkatkan kendali atas kehidupan mereka. Definisi masyarakat disini adalah kelompok orang yang mungkin atau mungkin tidak terhubung secara spasial, tetapi memiliki minat, perhatian, atau identitas yang sama. Masyarakat ini bisa lokal, nasional atau internasional, dengan kepentingan khusus atau luas.

Sedangkan pemberdayaan mengacu pada proses di mana orang memperoleh kendali atas faktor dan keputusan yang membentuk hidup mereka. Hal ini adalah proses sosial dan interaksi sosial di mana mereka meningkatkan aset dan atribut mereka dan membangun kapasitas untuk mendapatkan akses, mitra, jaringan dan/atau suara, untuk mendapatkan kendali.

Tujuan Pemberdayaan Masyarakat

Tujuan dilakukannya pemberdayaan masyarakat, antara lain sebagai berikut;

  1. Perbaikan kelembagaan (better institution)

Melalui perbaikan kegiatan atau bentuk tindakan sosial ini senantiasa diharapkan dapat memperbaiki kelembagaan, termasuk pengembangan jaring kemitraan usaha. Oleh karena itulah pemberdayaan senantiasa dimaksudkan untuk meningkatkan kemungkinan orang mengontrol kehidupannya sendiri.

  1. Perbaikan usaha (better business)

Melalui upaya perbaikan dalam lembaga pendidikan termasuk meningkatan semangat dalam belajar, perbaikan aksesibisnislitas, kegiatan dan perbaikan kelembagaan, diharapkan mampu memberikan perbaikan pula pada bisnis yang dilakukan

  1. Perbaikan pendapatan (better income)

Melalui upaya perbaikan dalam bidang bisnis, maka senantiasa diharapkan mampu dalam memperbaiki penghasilan yang diperolehnya, termasuk dalam hal ini adalah serangakain penghasilan dalam arti keluarga dan masyarakatnya.

  1. Perbaikan lingkungan (better environment)

Melalui bidang perbaikan dan peningkatakn pendapatan diharapkan dapat memperbaiki lingkungan (fisik dan sosial), hal ini disebabkan adanya kerusakan lingkungan seringkali diakibatkan karena kemiskinan atau pendapatan yang terbatas.

  1. Perbaikan kehidupan (better living)

Tujuan dilakukannya pemberdayaan adalah mampu memberaikan tingkat pendapatan dan keadaan lingkungan yang membaik, maka atas dasar itulah diharapkan mampu memperbaiki keadaan kehidupan setiap keluarga dan masyarakat.

  1. Perbaikan masyarakat (better community)

Kondisi kehidupan yang lebih baik dengan lingkungan fisik dan lingkungan sosial yang mendukung dalam kegiatan masyarakat dalam hidupnya maka diharapkan dapat mewujudkan kehidupan masyarakat yang lebih baik pula. Kehidupan lebih baik ini dilakukan sebagai tujuan terselenggaranya pemberdayaan dalam masyarakat.

Contoh Pemberdayaan Masyarakat

Adapun sebagai penjelas dalam contoh pemberdayaan masyarakat yang ada di Indonesia. Misalnya saja sebagai berikut;

  1. Kesehatan

Pada bidang kesehatan, akhir-akhir ini menjadi salah satu masalah krusial yang harus ditanggani. Bukan hanya bagi Indonesia sebagai karakteristik negara berkembang, akan tetapi masyarakat dunia. Kesehatan yang terancam adalah terkait munculnya Covid 10 atau dikenal dengan Virus Corona.

Proses pemberdayaan dalam bidang kesehatan ini dilakukan oleh berbagai pihak dengan mengumpulkan dana dari masyarakat melalui palform KitaBisa setelah mendapatkan suntikan dana kemudian pihak-pihak tadi memberikan masker kepada masyarakat, serta memberikan penyuluhan agar masyarakat terhindar.

Meski, kondisi ini lazim dilakukan dan biasanya hanya dianggap sebaga formalitas semata akan tetapi disisi lain dengan melakukan sosial distancing dan pisical ditancing penyebaran virus dapat dikendalinkan.

  1. Ekonomi

Pada bidang perekonomian contoh nyata dalam wujud pemberdayaan masyarakat ialah apa yang dilakukan oleh Kampung Marketer sebagai salah satu organisasi sosial yang memberikan pelatihan, pendidikan informal terkait digital marketing.

Kampung Marketer menjadi proses pemberdayaan masyarakat di era digital yang dinggap cukup berhasil. Adapun letak proses pemberdayaan ini berada di Desa Tamansari, Kecamatan Karangmoncol, Kabupaten Purbalingga.

Nah, demikinalah artikel yang bisa kami selesaikan pada semua kalangan berkenaan dengan tujuan pemberdayaan masyarakat dan contohnya yang ada dalam bidang kesehatan dan perekonomian. Semoga memberikan wawasan untuk kalian yang sedang membutuhkannya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *