Pengertian Paguyuban, Ciri, dan Contohnya

Diposting pada

Paguyuban Adalah

Salah satu ciri manusia dalam arti masyarakat pada umumnya tidak dapat hidup sendiri. Melainkan mereka akan selalu membutuhkan bantuan dari orang lain. Sikap itulah yang membuat setiap orang memiliki naluri untuk selalu bisa hidup berdampingan dengan individu dan kelompok sosial lainnya.

Hidup berdampingan dalam kelompok lainnya ini membentuk kesatuan, salah satunya melakukan gemeinschaft dan gesellschaft atau dikenal dalam objek kajian sosiologi sebagai paguyuban dan patembayan.

Paguyuban

Paguyupan pada dasarnya menjadi bentuk kehidupan manusia yang mana masing-masing orang terikat karena adanya hubungan sosial khususnya antara batin yang murni sekaligus memiliki sifat yang nyata dan tersusun secara organis.

Sehingga pada umumnya kelompok paguyuban ini sering dikaitkan dengan masyarakat desa yang masih menjunjung tinggi nilai sosial kebersamaan.

Pengertian Paguyuban

Paguyuban adalah kelompok sosial yang memiliki keanggotaan dalam jumlah yang relatif banyak dan bersifat saling mendukung satu sama lain dengan ikatan batin yang bisa dirasakan secara langsung, sehingga proses hubungan yang dimaksud dengan istilah paguyupan disini mempunyai ikatan yang sangat kuat dan mampu bertahan dalam jangka waktu yang begitu panjang hingga kekal.

Pengertian Paguyuban Menurut Para Ahli

Adapun definisi paguyuban menurut para ahli, antara lain;

  1. Haryanto dan Nugrohadi (2011), Definisi paguyuban adalah keputusan untuk kehidupan bersama dalam kelompok sosial tertentu, di mana setiap anggota dalam paguyuban senantiasa diikat oleh hubungan batin yang murni dan bersifat alamiah serta kekal.
  2. Ferdinand Tonnies, Pengertian paguyuban adalah salah satu bentuk kelompok sosial yang menjalani senantisa menjalani kehidupan bersama sehingga membentuk keterkaitan hubungan sosial antara anggotanya secara alami.

Ciri Paguyuban

Masyarakat yang telah menjadi anggota dalam paguyupan ini umumnya juga memiliki karakteristik tertentu diantaranya yaitu:

  1. Intimate, artinya bentuk hubungan dalam paguyupan yang dilakukan secara keseluruhan tanpa adanya pandang bulu dengan anggota yang lainnya dan memiliki hubungan yang begitu mesra.
  2. Private, artinya hubungan yang memiliki sifat pribadi dan tidak semua orang perlu untuk mengetahui hanya saja ada beberapa orang tertentu yang dianggapnya dekat dan merasa mampu menjaga hubungan tersebut maka akan diberi tahu tentang terjalinnya sebuah hubungan antar manusia satu dengan yang lainnya.
  3. Exclusive, artinya hubungan yang terjalin dengan begitu dekat tanpa perlu diketahui oleh orang lain, kecuali diantara dua orang yang telah menjalin hubungan tersebut.

Contoh Paguyupan

Penjelasan terkait dengan contoh paguyupan di masyarakat. Antara lain sebagai berikut ini;

  1. Paguyuban karena ikatan darah

Paguyupan ini memiliki istilah asing yaitu gemeinschaft by blood. Pengertiannya adalah hubungan yang terjalin karena adanya suatu kelompok genealogis atau kelompok orang yang terikat satu sama lain dikarenakan hubungan sedarah.

Melalui kelompok genealogis ini pula, maka akan muncul tingkat solidaritas yang begitu kuat dan tinggi karena merasa saling memiliki dan berpirnsip sama yaitu berasal dari satu keturunan yang sama.

Adapun untuk contoh paguyupan karena ikatan darah antara lain ialah keluarga dan kelompok kekerabatan yang telah begitu dekat.

  1. Paguyuban karena tempat

Istilah lain dalam paguyupan ini ialah gemeinschaft of place. Pengertiannya yaitu hubungan yang terjalin karena adanya kelompok sosial yang saling membutuhkan satu sama lain dan terbentuk karena lokalitas yang sama.

Sedangkan contoh paguyupan karena tempat tinggal diantaranya yaitu rukun tetangga (RT), rukun warga (RW). Masing-masing contoh tersebut telah memberikan keterangan secara khusus bahwa paguyupan ini bisa terjalin karena adanya letak tempat, daerah, atau lokasi antara individu satu dengan yang lainnya.

Sehingga atas kondisi inilah timbul hubungan paguyupan yang sangat kuat untuk bisa memberikan pertolongan satus sama lain pada saat yang membutuhkan.

  1. Paguyuban karena ideology

Paguyupan yang memiliki nama lain gemeinschaft of mind adalah hubungan yang terdiri dari orang-orang yang mempunyai tujuan yang sama dan meskipun tidak ada hubungan darah ataupun tempat tinggal yang tidak saling berdekatan, namun mereka memiliki jiwa dan pikiran yang sama karena ideologi yang dipercayainya.

Adapun untuk contoh paguyupan ini diantaranya ialah kelompok pengajian, pergerakan mahasiawa, partai politik dan lain-lain.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang ditulisakan, dapat disimpulkan bahwa paguyupan ini sendiri ada beberapa tipe yang telah diklasifikasikan. Adapun masing-masing tipe tersebut tentu memiliki bentuk masing-masing yang tidak bisa disama ratakan.

Bahkan dalam lingkungan sosial bermasyarakat, tipe paguyuban juga bergantung dari bentuk masyarakat itu sendiri. Misalnya, paguyupan yang ada di lingkungan Jakarta, paguyupan di daerah elite. Paguyuban karena tempat tinggal dan lain sebagainya.

Rating: 5.0/5. From 1 vote.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *