Contoh Lembar Pengesahan Proposal/Makalah/Penelitian/Skripsi

Diposting pada

Contoh Lembar Pengesahan

Lembar pengesahan menjadi salah satu objek pokok dalam pembuatan berbagai keperluan karya tulis. Baik skripsi, makalah, karya tulis, laporan penelitian, ataupun pengajuan izin dalam sebuah penelitian dan usaha. Seseorang yang memperlukan lembar pengesahan biasanya dikarenakan ada syarat-syarat tertentu serta kewajiban yang terkadaung dan pedoman pengajuannya. Oleh karena itulah pada artikel ini akan membagikan tentang contoh lembar pengesahan.

Lembar Pengesahan

Lembar pengesahan adalah bagian di luar karya tulis yang ditunjukan untuk memberikan penjelasan antara rekomendasi dan tulisan/karya yang di buat. Dalam proses pembuatan lembar pengesahan haruslah mencantumkan nama pihak di luar pembuat seperi guru, tokoh masyarakat adapun dosen.

Lembar Pengesahan Menurut Para Ahli

Adapun definisi lembar pengesahan menurut para ahli, antara lain:

  1. Collins Dictionary, Lembar pengesahan adalah pernyataan atau tindakan yang menunjukkan bahwa Anda mendukung atau menyetujui sesuatu atau seseorang.
  2. Investopedia, Lembar pengesahan adalah istilah yang memiliki berbagai definisi tergantung pada konteks penggunaannya. Misalnya, tanda tangan yang mengesahkan pengalihan hukum atas instrumen yang dapat dinegosiasikan antar pihak adalah persetujuan. Pengesahan dapat dibuat atau kontrak seperti polis asuransi jiwa atau SIM. dapat juga pernyataan dukungan publik untuk seseorang, produk, atau layanan.
  3. Wikipedia, Lembar pengesahan dapat merujuk pada:
  4. Testimonial, pernyataan tertulis atau lisan yang mempromosikan atau mengiklankan suatu produk
  5. Dukungan politik, secara terbuka menyatakan dukungan untuk seorang kandidat
  6. Formulir yang ditambahkan ke polis asuransi, untuk memodifikasi ketentuannya
  7. Tanda tangan pada instrumen yang dapat dinegosiasikan, seperti cek
  8. Pengesahan kosong, tanda tangan yang diberikan tanpa menunjukkan penerima pembayaran instrument
  9. Catatan yang ditambahkan ke SIM, seringkali untuk mencatat pelanggaran lalu lintas

Contoh Lembar Pengesahan

Berikut inilah beberapa kumpulan mengenai contoh-contoh yang bisa dipergunakan dalam pembuatan lembar pengesahan dalam pembuatan Karya Tulis, baik Karya Ilmiah, Makalah Kelompok, Skripsi, Penelitian, Proposal PKL, Proposal Usaha, dan lain sebaginya;

  1. Lembar Pengesahan Karya Tulis Ilmiah

  1. Lembar Pengesahan Penelitian

  1. Lembar Pengesahan Skripsi

  1. Lembar Pengesahan Laporan Kegiatan

  1. Lembar Pengesahan Laporan Makalah

  1. Lembar Pengesahan Usaha

Adapun dari berbagai contoh penulisan dalam lembar pengasahan diatas, dapatlah dikatkan bahwa sejatinya penyusunnya memiliki sitematika/format. Untuk format dalam pembuatan lembar pengesahan ini antara lain sebagai berikut;

Format Lembar Pengesahan

Antara lain;

  1. Tulisan Lembar Pengesahan di Bold

Bagian awal dalam menunjukan lembar pengesahan dimuat tentang tulisan yang di blod atau tulisan yang bergaris tebal. Dalam bentuk ini proses yang dilakun sangatlah mudah, jika menggunakan Ms Word maka tinggal tekan tombol CRL+B.

  1. Nama Pembuat Karya

Tahapan selanjutnya dalam pembuatan lembar pengesahan mencantumkan tentang nama pembuat karya. Dengan singkatnya nama kamu berada di bagian ini, dengan indentitas pribadi, misalnya identitas nomor kartu mahasiswa atau kartu pelajar.

Bahkan dalam bagian ini haruspula menyebutkan alamat rumah, email, nomor HP, dan juga menyebutkan jenis kelamin.

  1. Nama Perekomendasi dalam Lembar Pengesahan

Bagian selanjutnya yang harus ada dalam format penulisan lembar pengesahan ialah mencantumkan tentang nama perekomendasi. Yakni, dosen, guru, atau tokoh masyarakat. Hal ini mutlak harslah ada mengingat karya tulis ditunjukan sebagi pedoaman yang formal.

  1. Waktu

Pembuatan dalam lembar pengesahan selanjutnya ialah menujukan waktu yang bisa berupa tanggal, tahun, atau jangka waktu pembuatan karya tulis tersebut. Dalam format ini sendiri bisa memulainya dengan mencantumkan tanggal, lalu bulan, dan trakhir ialah mencantumkan tahun pebuatan.

  1. Alokasi Dana

Khusus dalam pembuatan lembar pengesahan untuk alokasi dana menyesuikan dengan jenis proposal yang dajukan. Apabil proposal tersebut tergolong dalam bantuan wirausaha maka syarat wajib menyertakan bagian alokasi dana dibutuhkan, hal ini untuk menunjang terjadinya proses ketransprasi.

  1. Pengesahan

Akhir proses pembuatan lembar pengesahan ialah mencantumkan pengesahan kedua belah pihak, yakni pembuat dan perekomendasi. Pengesahan ini bisa dilakukan dengan memberikan kolom tanda tangan, agar lebih kuat tak ada salahnya juga memberikan materai.

Dari format mengenai lembar pengesahan di atas, penting bagi artikel ini untuk memberikan beberapa manfaat yang di dapatkan dari adanya pembuatan lembar pengesahan, yang mana manfaat ini sendiri salah satunya soal legalitas yang terjamin keberadaannya. Ada beberapa manfaat yang lain, antara lain;

  1. Memberikan Pemberitahuan Bagi Banyak Kalangan

Institusi pendidikan wajib mengetahui tentang apasaja yang dilakukan oleh anggotanya. Seperti siswa ataupun mahasiswa dalam berbagai kegiatan haruslah atas persetuan dari banyak kalngangan. Dengan adanya lembar pengesahan ini secara langsung pemeritahuan tersebut tersampaikan.

Demikianlah tulisan dan penjelasan mengenai contoh dan cara membuat lembar pengesahan yang baik. Semoga dengan adanya tulisan ini dapat memberikan salah satu rekomendasi mengenai adanya pedoman dalam pembuatan lembar pengesahan. Trimakasih,

No votes yet.
Please wait...
Voting is currently disabled, data maintenance in progress.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *