Pengertian Gemeinschaft dan Gesellschaft Serta Contohnya

Diposting pada

CKelompok Sosial Gemeinschaft dan Gesellschaft

Istilah gemeinschaft dan gesellschaft sejatinya merupakan salah satu bentuk kelompok sosial yang ada di masyarakat yang ditinjau dari longgarnya ikatan. Pencipta konsep dalam istilah ini ialah Ferdinand Tonnies sebagai salah satu teori sosiologi dan tokohnya yang termashur. Oleh sebab itulah untuk mengulasnya lebih dalam artikel ini membagikan terkait pengertian beserta contoh gemeinschaft dan gesellschaft.

Gemeinschaft dan Gesellschaft

Ferdinand Tonnies adalah pencipta konsep gemeinschaft dan gesellschaft yang dikembangkan dalam arti kelompok sosial dengan ditinjau berdasarkan tingkat kelonggaran ikatan yang dimiliki oleh setiap individu yang menjadi anggota di dalamnya.

Pengertian Gemeinschaft

Gemeinschaft adalah ciri kelompok sosial yang anggotanya memiliki ikatan yang erat, murni, kuat, alami. Biasanya dasar hubungan yang dimiliki kelompok ini adalah rasa persatuan, rasa cinta, rasa solidaritas yang diperkuat dengan hubungan emosional dan interaksi antar anggotanya.

Kelompok Gemeinschaft bisa disebut juga dengan paguyuban dan dapat dibedakan menjadi 3 kategori yakni;

  1. Ikatan darah (Gemeinschaft of blood)
  2. Kedekatan tempat (Gemeinschaft by place)
  3. Kesamaan keahlian, cara berpikir, dan sejenisnya (Gemeinschaft of mind)

Pengertian Gesellschaft

Gesellschaft bisa dikatakan lawan dari Gemeinschaft, dimana anggotanya memiliki ikatan yang didasarkan atas adanya kerjasama dalam hal tertentu. Kerjasama tersebut biasanya dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masing-masing individu.

Ikatan yang tergolong sebagai miliki gesellschaft cenderung bersifat lemah, tidak berlangsung lama, terdapat pembagian kerja, dan memiliki solidaritas yang rendah.

Contoh Gemeinschaft dan Gesellschaft

Contoh kelompok sosial dari gemeinschaft dan gesellschaft. Antara lain;

Contoh Gemeinschaft

Kelompok Gemeinschaft yang kesemuanya dibedakan menjadi 3 kategori yakni;

  1. Berdasarkan ikatan darah (Gemeinschaft of blood) yang bisa dicontohkan dengan ikatan keluarga
  2. Berdasarkan kedekatan tempat (Gemeinschaft by place) yang bisa dicontohkan seperti kelompok RT/RW yang ada di suatu masyarakat, kelompok ibu-ibu PKK Desa, dan lain sebagainya
  3. Berdasarkan kesamaan keahlian, cara berpikir dan sejenisnya (Gemeinschaft of mind) yang dapat dicontohkan seperti adanya kelompok ikatan pelajar sosiologi dan bidang keilmuan lainnya

Contoh Gesellschaft

Sedangkan, gesellschaft bisa dikatakan lawan dari Gemeinschaft yang dapat dicontohkan dengan adanya IDI (Ikatan Dokter Indonesia) dimana dari IDI yang keanggotannya sangat banyak namun ikatan yang dimiliki hanya sebatas pada ikatan profesi dan tidak memiliki solidaritas yang kuat antar satu dengan yang lainnya.

Perbedaan Gemeinschaft dan Gesellschaft

Dalam upaya memperjelas terkait dengan gemeinschaft dan gesellschaft ini, maka artikel ini mengulas tabel perbedaan keduanya. Antara lain;

No Gemeinschaft Gesellschaft
1 Memiliki solidaritas sosal yang kuat Kurang memiliki solidaritas yang intens
2 Terbentuk dengan sendirinya yang dipengaruhi oleh intensitas sosial Dibentuk berdasarkan kesamaan profesi
3 Terbentuk dengan alamiah Terbentuk karena adanya kepentingan
4 Memiliki hubungan emosinal Tidak memiliki ikatan emosial antar anggotanya

Itulah tadi penjelasan dan pengulasan secara lengkap yang bisa dilakukan kajian terkait dengan pengertian gemeinschaft dan gesellschaft, jenis, perbedaan, serta contohnya yang ada di masyarakat. Semoga melalui materi ini bisa memberikan wawasan dan bahasan mendalam. Trimakasih,

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *