Fungsi Lembaga Keluarga, Pendidikan, Ekonomi, Politik, dan Agama

Diposting pada

Fungsi Lembaga Keluarga, Pendidikan, Ekonomi, Politik, dan Agama

Manusia dalam suatu arti masyarakat akan senantiasa tumbuh dan berkembang dengan berbagai pengaruh dari berbagai lembaga masyarakat yang ada di lingkungan tempat mereka dibesarkan. Seberapa besar pengaruh lingkungan terhadap individu tergantung pada seberapa besar sikap terbuka yang dimiliki.

Masing-masing lembaga memiliki fungsi berbeda di lingkungan bagi setiap masyarakat. Yang setidaknya dalam lembaga sosial ini terdiri atas lembaga keluarga, pendidikan, ekonomi, politik, dan agama.

Lembaga Sosial

Lembaga sosial dalam objek studi sosiologi adalah institusi yang memberikan naungan bagi setiap kelompok atau individu untuk terus berkembang dalam tindakan, prilaku, dan sikap. Bahkan lembaga sosial ini sendiri dalam peranannya terbagi atas berbagai jenis. Antara Lain;

  1. Lembaga Keluarga
  2. Lembaga Pendidikan
  3. Lembaga Ekonomi
  4. Lembaga Politik
  5. Lembaga Agama

Fungsi Lembaga Keluarga, Pendidikan, Ekonomi, Politik, dan Agama

Secara umum ada berbagai fungsi yang dimiliki oleh berbagai lembaga sosial di masyarakat. Antara lain;

Lembaga Keluarga

Lembaga keluarga adalah kelompok masyarakat terkecil yang memiliki fungsi dasar untuk membentuk manusia sebagai makhluk sosial. Lembaga keluarga terbentuk karena adanya hubungan pernikahan. Dalam lebaga keluarga, masing-masing anggotanya memiliki hubungan erat yang didasari oleh rasa kasih sayang dan rasa tanggungjawab.

Setiap lembaga keluarga memiliki aturan yag berbeda-beda dalam mengatur segala urusan yang berkaitan dengan anggota keluarga. Fungsi keluarga menjadi kompleks ketika semua anggota keluarga mampu bertindak sesuai perannya.

Fungsi lembaga keluarga antara lain:

  1. Biologis (Reproduktif)

Setiap keluarga memiliki keinginan untuk memiliki keturunan. Dalam hal ini keluarga berfungsi untuk memnuhi kebutuhan biologis dengan tujuan untuk memperoleh keturunan. Penerus keluarga akan menjadi pewaris semua aspek dalam keluarga.

  1. Protektif (Perlindungan)

Keluarga memberikan rasa aman bagi semua anggota keluarga demga melindungi dan menjaga baik secara fisik maupun psikologis. Keluarga menjamin keamanan semua anggota keluarga. Fungsi perlindungan ini didasari rasa peduli dan rasa kasih sayang satu sama lain sehingga memiliki hasrat untuk menjamin anggota keluarga dalam keadaan terbaik.

  1. Edukatif

Keluarga sebagai sarana pendidikan yang pertama dan paling utama. Perilaku anggota keluarga mencerminkan pendidikan karakter semua anggota keluarga. Dlaam hal ini, orang tua memiliki tanggungjawab utama dalam mendidik anak menjadi individu yang baik.

  1. Ekonomi

Keluarga menjamin kebutuhan anggota keluarga lainnya. Kebutuhan pokok maupun kebutuhan penunjang harus terpenuhi. Fungsi ekonomi keluarga pada umumnya terdiri dari pencari nafkah, perencanaan kebutuhan rumah tangga, serta pengatur penggunaan kebutuhan rumah tangga.

  1. Sosialisasi

Manusia adalah makhluk sosial yang slalu hidup dengan bantuan oranglain. Keluarga memiliki fungsi untuk menyiapkan anak agar mampu hidup dalam bagian masyarakat yanglebih heterogen dibandingkan dengan lingkungan keluarga.

  1. Religius

Keluarga memiliki kewajiban untuk mengenalkan dan mengajarkan ilmu agama kepada anak-anaknya. Mengajak anggota keluarga untuk hidup sesuai dengan aturan sosial dengan tetpa menjunjung tinggi peraturan agama yang dianut.

  1. Afeksional

Keluarga memberikan rasa kasih sayang dan rasa nyaman kepada anggota keluarga lainnya. Kasih sayang yang diberikan keluarga memberikan kehangatan dalam keluarga. Fungsi afeksional mengurangi bentuk kekerasan fisik maupun mental terhadap anggota keluarga yang lain.

Lembaga Pendidikan

Lembaga pendidikan merupakan tempat seseorang menjalankan proses belajar dan mengajar dengan tujuan untuk memperoleh pengetahuan baru sekaligus membentuk karakter seseorang melalui perilaku dan tingkah laku. Lembaga pendidikan terdiri dari tiga aspek, yaitu lembaga formal (sekolah), lembaga non-formal (lingkungan masyarakat), dan lembaga informal (keluarga).

Pendidikan formal memiliki struktur sosial yang lebih sistematis. Akan tetapi yang pasti ketiganya sama-sama memiliki fungsi untuk memberikan pengajaran pengetahuan umum dan pengajaran moral.

Fungsi lembaga pendidikan antara lain;

  1. Motivasi

Lembaga pendidikan memberikan serangkaian bentuk motivasi dan semangat kepada anak didik untuk mewujudkan apa yang diinginkan. Perkembangan dan kemajuan anak tidak lepas dari motivasi dan dukungan dari lingkungan sekitar.

  1. Budaya

Lembaga pendidikan memiliki fungsi penting untuk memperkenalkan kepada anak budaya-budaya bangsa. Keanekaragaman unsur budaya bangsa harus dikenalkan dan dilestarikan oleh para generasi bangsa agar tetap diakui keberadanya.

  1. Pengendalian Sosial

Tidak semua orang mampu bersikap dan bertindak seusai dengan apa yang diharapkan masyarakat. Lembaga pendidikan memiliki kewajiban untuk mengajarkan nilai sosial terkait moral dan cara bersikap yang baik sehinga terwujud masyarakat yang luhur.

  1. Sosialisasi

Selain keluarga, lembaga pendidikan sejatinya memiliki fungsi untuk menyiapkan anak agar mampu hidup dalam lingkungan maysrakat yang heterogen. Menerima semua perbedaan, mengajarkan toleransi dan sikap tolong menolong.

  1. Pengembangan

Setiap anak pada dasarnya akan senantiasa memiliki bakat dan potensi diri untuk dikembangkan. Lembaga pendidikan sendiri menjadi sarana dan wadah untuk menggali, menemukan, dan mengembangkan sebuah bakat untuk anak.

  1. Pelatihan

Lembaga pendidikan memiliki cara tersendiri untuk melatih anak-anak sesuai bakat dan minat. Pelatihan ini akan mengajarkan anak untuk selalu berusaha dan bekerja keras sehingga bisa memperoleh impian dan cita-cita yang diinginkan.

Lembaga Ekonomi

Lembaga ekonomi adalah lembaga yang berperan untuk menjaga dan mengatur berbagai jenis sistem ekonomi masyarakat. Lembaga ekonomi berhubungan dengan proses produksi, distribusi, dan pelayanan. Adanya lembaga ekonomi membantu kebutuhan ekonomi dalam rangka mewujudkan hidup yang sejahtera.

Lembaga ekonomi terdiri dari berbagai sektor yang masing-masing memiliki bidang kegiatan masing-masing, antara lain sektor agraris, sektor industri, dan sektor perdagangan. Adanya lembaga ekonomi diharapkan mampu mengatur segala urusan ekonomi dalam masyarakat.

Fungsi lembaga ekonomi antara lain;

  1. Pedoman Mendapatkan Bahan Pangan

Lembaga ekonomi memberikan pedoman dan pengarahan berkaitan dengan bahan pangan. Pemerolehan bahan pangan yang berkualitas dengan kuantitas yang cukup menjadi salah satu aspek yang ditekankan oleh lembaga ekonomi untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat.

  1. Memberikan Pedoman dalam Sistem Barter

Sistem barter atau pertukaran dalam kegiatan ekonomi akan selalu terjadi dalam dunia perdagangan. Adanya lembaga ekonomi, sistem barter menjadi teratur dan terarahkan dengan baik, hal ini lantaran adanya keteraturan yang jelas.

  1. Penentu Harga

Lembaga ekonomi memiliki tugas untuk menentukan harga-harga kebutuhan ekonomi. Pemerataan ini bertujuan agar tidak ada pihak yang merasa dirugikan dan tidak ada pihak yang merasa lebih diuntungkan semuanya terasa adil.

  1. Memberikan Pedoman Tenaga Kerja

Lembaga ekonomi berfungsi untuk memberikan pedoman baik dalam bidang perekrutan, penggunaan, maupun pemutusan hubungan tenaga kerja. dengan adanay lembaga ekonomi, diharapkan semua masyarakat memiliki sistem ekonomi ynag stabil.

Lembaga Politik

Definisi lembaga politik sejatinya akan senantiasa menjalankan operasional pemerintahan, mulai dari pelaksanaan kekuasaan dan wewenang yang berkaitan dengan kepentingan rakyat. Tujuan pembentukan lembaga politik untuk menciptakan keteraturan dan ketertiban dalam kehidupan bermasyarakat.

Fungsi lembaga politik antara lain:

  1. Memaksa Masyarakat

Lembaga politik bertugas memaksa masyakat auntuk bertindak sesuai dengan norma dan aturan yang berlaku. Produk dari lembaga ini berupa lembaga konstitusi, lembaga pelaksana undang-undang, dan lembaga yang mengadili pelangggaran undang-undang.

  1. Mengarahkan Masyarakat

Lembaga politik berfungsi mengarahkan masyarakat dalam rangka menentukan wakil rakyat. Partisipasi aktiv dari masyarakat sangat penting demi kelangsungan suatu wilayah. Bentuk pengarahan yang dilakukan oleh lembaga politik berupa sosialisi politik dan pendidikan politik.

  1. Melindungi Masyarakat

Menjamin keamanan masyarakat menjadi tugas lembag politik. Dalam hal ini, lembaga politik membuat peraturan yang berkaitan dengan hak-hak dan kewajiban manusia sebagai makhluk sosial, serta membuat peraturan berkaitan dengan hukuman yang harus diterima akibat sikap menyimpang yang melanggar peraturan.

  1. Sebagai Mediator

Lembaga politik sebagai berfungsi mediator bagi masyarakat untuk menyelesaikan permasalahan antar pihak. Hal ini lantaran dalam lembaga politik dianggap sebagai lembaga yang adil dan transparan dalam memecahkan suatu permasalahan.

  1. Penyaluran Aspirasi Masyarakat

Lembaga politik menjadi wadah bagi rakat untuk menyampaikan berbagai aspirasi yang akan di wujudukan dalam masyarakat. Dengan kata lain, lembaga politik menjadi wakil dari rakyat dalam dunia politik sebagai penyampai aspirasi.

  1. Membuat Kebijakan

Untuk mengatur berbagai sisi kehidupan politik masyarakat, lembaga politik sejatinya akan membuat kebijakan umum yang harus dipatuhi oleh seluruh warga negara. Pembuatan kebijakan harus tetap memperhatikan aspirasi dari masyarakat.

  1. Menerapkan Kebijakan

Selain sebagai pembuat berbagai bentuk kebijakan karena lembaga politik juga memiliki fungsi sebagai pelaksana kebijakan dengan tujuan agar kebijakan dapat optimal dalam pelaksanaannya yang semua itu tentusaja memiliki dampak bagi bagi masyarakat.

  1. Mengatur Proses Politik

Proses politik perlu adanya pengaturan agar tercipta situasi damai. Contohnya dalam hal ini adalah mengatur partai politik seperti proses kaderisasi, semua ini menjadi salah satu fungsi yang menjadi kebermanfaatan dalam lembaga politik.

Lembaga Agama

Lembaga agama diartikan sebagai lembaga yang mengatur hubungan manusia dengan manusia lain dan hubungan manusia dengan tuhan. Lembaga agama menjadi pengendali, pendorong, serta penggerak perilaku individu dalam bertingkah laku.

Beberapa fungsi lembaga agama antara lain:

  1. Edukatif

Lembaga agama memiliki fungsi untuk mengedukasi atau memberikan pendidikan bagi masyarakat tentang kehidupan beragama yang harus dijalani. Salah satunya adalah memberikan pendidikan moral bagi para pemeluknya mengenai hal baik dan buruk.

  1. Penyelamat

Adanya lembaga agama memberikan keyakinan kepada masyarakat akan keselamatan hidup di dunia maupun pada kehidupan selanjutnya. Keyakinan ini berupa segala aturan dan perintah yang harus dijalankan sebagai umat beragama.

  1. Pengawas Sosial

Lembaga agama berfungsi untuk mewujudkan keteraturan dalam kehidupan bermasyarakat sesuai dengan perilaku yang dilarang dan diperbolehkan. Dalam hal ini lembaga agama menjadi salah satu lembaga yang berfungsi sebagai pengawas sosial.

  1. Persaudaraan

Lembaga agama juga memiliki fungsi untuk mendamaikan semua umat bergama agar bersatu padu dalam kerukunan. Realitas dalam meyakinakan ini bisa dijalankan dengan memberi anggapan bahwa semua umat agama adalah saudara. Tidak ada perbedaan satu dengan lainnya.

  1. Pengatur

Fungsi pengatur berarti lembaga agama menjadi pengatur segala perilaku manusia dalam kehidupan bermasyarakat yang semua kerodor dan norma sosial tersebut haruspula disesuaikan dnegna aturan yang berasal dari Tuhan Yang Maha Esa.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan ragam fungsi yang ada dalam lembaga keluarga, pendidikan, ekonomi, politik, dan agama. Semoga bisa memberikan edukasi bagi kalian yang membutuhkannya.

Rating: 5.0/5. From 1 vote.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *