Dampak Penyimpangan Sosial bagi Pelaku, Keluarga, dan Masyarakat

Diposting pada

Dampak Penyimpangan Sosial

Penyimpangan sosial menjadi salah satu bahasan terpenting dalam objek kajian sosiologi. Alasannya karena terjadinya penyimpangan sosial ini menimbulkan akibat yang kurang baik pada keteraturan sosial yang sudah dilanggengkan masyarakat.

Disisi lain, penyimpangan sosial yang dilakukan membenturkan norma sosial dan nilai sosial yang akhirnya menjadi kebiasaan tidak etis sehingga setiap pelakunya bukan hanya merugikan bagi individu atau keluarga, tetapi juga lingkungan sosial bermasyarakat.

Penyimpangan Sosial

Penyimpangan sosial adalah salah satu hal yang perlu diatasi dengan cara yang tepat. Alasannya karena penyimpangan sosial dapat terjadi ketika dalam keadaan sadar melakukan kesalahan atau tidak sadar, dimana khususnya orang yang sadar melakukan kesalahan apabila diketahui orang lain akan merasa malu atau takut. Hal ini akan berbeda dengan orang yang tidak sadar melakukan kesalahan, apabila diingatkan biasanya mengelak atas kesalahan yang dilakukan.

Yang pasti, upaya dalam menatasinya perlu adanya usaha yang dilakukan dapat berupa pengendalian sosial baik berupa teguruan ataupun memberikan pemahaman (pendidikan).

Dampak Penyimpangan Sosial

Masyarakat yang tidak memahami nilai dan norma yang ada di lingkungan sosial pada hakekatnya memliki peluang melakukan sebuah bentuk penyimpangan sosial. Penyimpangan biasanya membuat orang lain merasa terganggu dengan tindakan yang kita lakukan. Sehingga hal ini memberikan beberapa akibat yang kurang baik.

  1. Bagi Pelaku

Yakni;

  1. Memberikan pandangan yang buruk pada individu

Pandangan yang timbul merupakan akibat yang paling dirasakan oleh pelaku tindakan penyimpangan. Sanksi ini berasal dari lingkungan sekitar yang biasa disebut dengan sanksi sosial. Sanksi sosial akan terasa sangat berat bagi seorang individu.

Contoh Dampak Penyimpangan Sosial bagi Pelaku

Adapun untuk contoh penyimpangan sosial bagi pelakunya ini sendiri misalnya saja dengan tidak diberikan status sosial dan peran sosial saat terjadinya agenda-agenda tertentu. Dalam hal ini, misalnya perayaan HUT Kemerdekaan.

Karena si pelaku seringkali meminum-minuman keras maka setiap masyarakat tidak mempercayakannya dalam kegiatan tertentu.

  1. Bagi Keluarga

Yaitu;

  1. Menjadi bagi keluarga

Keluarga adalah lingkungan sosial yang paling dekat dengan seorang individu. Apabila seorang individu melakukan penyimpangan sosial keluarga merupakan orang pertama yang akan dikaitkan dengan penyimpangan yang telah dilakukan. Bahkan keluarga akan ikut menanggung kesalahan seorang individu.

  1. Mencoreng Nama Baik Keluarga

Dalam hal ini terlihat nyata ketika adanya seorang anak dari keluarga yang terpandang memiliki kesalahan besar maka masyarakat bukan hanya menghakimi si pelakunya tetapi juga langsung tertu pada keluarga besarnya sehingga keluarga tersebut dikenal kurang baik.

Contoh Dampak Penyimpangan Sosial bagi Keluarga

Realitas sosial dalam dlihat pada pelaku yang menyelewingkan uang rakyat (korupsi) jikalau tindakan tersebut sampai ditangkap oleh KPK bukan hanya memberikan akibat kurang baik bagi individu yang bersangkutan, tetapi lebeling masyrakat untuk keluarga, anak, bahkan orangtua dari pelaku dinilai gagal dalam memberikan pendidikan.

  1. Bagi Masyarakat

Antara lain;

  1. Menganggu ketertiban

Ketika terjadi penyimpangan sosial di lingkungan sosial maka akan menganggu orang lain. gangguan yang paling dirasakan adalah ketertiban yang ada di lingkungan. Hal ini bisa terjadi dimana pun. Lingkungan rumah, sekolah, kantor, dan lain-lain.

  1. Merusak tatanan

Sebuah daerah terbentuk disertai dengan pranata sosial yang telah ditetapkan. Pranata sosial akan membuat keteraturan di suau daerah. Ketika terjadi penyimpangan maka akan merusak tatanan yang telah dibentuk oleh lingkungan tersebut.

  1. Mengundang beban di lingkungan

Permasalahan yang ditimbulkan oleh seseorang kadang memberikan dampak pada lingkungan. Dampak ini akan mejadi beban bagi masyarakat yang tinggal di daerah tersebut. Beban ini berkaitan dengan nilai moral yang harus ditanggung oleh seseorang.

Contoh Dampak Penyimpangan Sosial bagi Masyarakat
  1. Penyimpangan kecil di lingkungan ialah orang yang tidak mau ikut kerja bakti, padahal mendapat undangan dari ketua RT untuk melakukan kerja bakti.
  2. Penyimpangan yang biasa dilakukan oleh kalangan remaja berkaitan dengan pergaulan, balapan liar, mabuk, penyalahgunaan obat terlarang, dan lain-lain. Penyimpangan yang dilakukan oleh seorang pelajar ialah tidak mengerjakan PR, bolos mata pelajaran, dan lain-lain.

Itulah tadi artikel yang bisa kami berikan pada semua pembaca berkenaan dengan berbagai akibat adanya penyimpangan sosial bagi pelaku, keluarga, dan masyarakat. Semoga saja mampu memberikan wawasan bagi semua kalangan yang membutuhkannya.

Rating: 5.0/5. From 1 vote.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *