Contoh Penyimpangan Primer dan Sekunder

Diposting pada

Penyimpangan Primer dan Sekunder

Berbagai bentuk sosialisasi adalah serangkain cara yang digunakan seseorang untuk mengenali lingkungan sosial di masyarakat. Proses mengenal lingkungan bukan hanya secara fisik namun juga segala aspek yang ada di lingkungan tersebut. Aspek tersebut meliputi nilai sosial, norma, unsur budaya, dan lain-lain.

Proses sosialisasi dalam kehidupan manusia kadang dapat berjalan lancar dan mampu menerapkan dalam kehidupan sehari-hari, namun ada juga sosialisasi yang tidak berhasil. Sosialisasi ini apabila tidak berhasil dapat menimbulkan penyimpangan baik secara primer dan sekunder, bahkan akibatnya akan menimbulkan masalah sosial bila tidak diatas.

Penyimpangan Primer dan Sekunder

Sebuah sikap yang tidak sesuai dengan nilai dan norma sosial yang berlaku dapat dikatakan sebagai penyimpangan. Penyimpangan sosial dapat terjadi sementara (skunder) atau permanen (primer). Penjelasan terkait arti penyimpangan ini sebagai berikut;

Penyimpangan Primer

Penyimpangan primer adalah prilaku yang menyimpan dan terjadi dalam waktu yang sementara, orang yang melakukan penyimpangan masih ada kemungkinan melakukan perubahan sikap dan tidak lagi melakukan penyimpangan. Penyimpangan primer ini bukan penyimpangan yang merugikan banyak orang dan masih diterima.

Penyimpangan Sekunder

Penyimpangan skunder adalah tindakan penyimpangan yang lebih condong pada tindakan kriminalitas. Penyimpangan skunder sudah tidak lagi dapat diterima oleh masyarakat. Sehingga resiko atas penyimpangan ini juga sangat besar, bahkan membahayakan orang lain yang ada di lingkungan kita..

Contoh Penyimpangan Primer dan Penyimpangan Sekunder

Penyimpangan primer dan skunder yang dilakukan akan berkaitan dengan hukum yang berlaku di masyarakat, meski disadari ataupun tidak. Berikut contoh-contohnya;

  1. Contoh Penyimpangan Primer
Contoh Penyimpangan Primer
Contoh Penyimpangan Primer

Misalnya saja;

  1. Menerobos lampu lalu lintas

Orang yang terburu buru menuju tempat tujuannya kadang kurang memperhatikan lampu lalu lintas sehingga ia menerobos lampu lalu lintas tersebut. Kadang juga unsur kesengajaan orang yang tidak sabar menuggu sehingga ia menerobos lampu lalu lintas.

Apabila tidak di lakukan berkali-kali hal ini tidak menjadi masalah, tetapi jika terus menerus dikhawatirkan akan terjadi kecelakaan.

  1. Mabuk saat pesta

Ketika terdapat perayaan yang mengundang banyak orang kadang disediakan minuman alkohol. Beberapa orang dapat memaklumi hal ini namun disis lain apabila sudah kecanduan maka hal ini menjadi penyimpangan yang serius. Dikhawatirkan malah menjadi sampah masyarakat yang melakukan segala tindakan yang tidak penting.

  1. Mencoret tembok

Salah satu yang kadang membuat masyarakat merasa terganggu dengan berbagai jenis coretan tembok yang ada di sekitar rumah.

Coretan tersebut membuat orang-orang merasa teraganggu. Biasanya masyarakat akan mengingatkan pelaku agar tidak lagi mencoret tembok. Orang yang melakukan penyimpangan akan memilih tempat lain atau tidak lagi melakukan coret mencoret.

  1. Balapan liar

Remaja kadang memiliki rasa penasaran yang tinggi. Rasa penasaran tersebut membuat seorang remaja banyak melakukan tindakan yang membuat bahagia dan mengoobali segala rasa penasaran. Ketika telah memasuki usia tertentu maka anak tersebut akan berhenti balapan liar dan akan fokus pada kegiatan lain yang lebih disenangi atau sesuai dengan tujuan masing-masing individu..

  1. Makan dengan tangan kiri

Budaya di Indonesia ketika makan menggunakan tangan kanan. Kadang ada orang yang tidak terbiasa makan menggunakan tangan kanan, hal ini bukan merupakan pelanggaran yang besar sehingga bisa dimaklumi oleh masing-masing individu.

  1. Makan dan minum berdiri

Adab yang baik makan dan minum dengan duduk. Kadang pada kondisi tertentu orang terpaksa harus makan dan minum dengan berdiri. Penyimpangan ini bukan permasalahan besar dan tidak merugikan banyak orang yang ada di sekitarnya.

  1. Perempuan tomboy

Perempuan berdasarkan budaya yang ada di Indonesia seharusnya berpakaian layaknya perempuan. Kadang terdapat perempuan yang lebih nyaman menggunakan pakaian yang mirip laki-laki. Hal ini bukan permasalahan besar karena hanya pakaian saja. Ketika penyimpangan sudah berkaitan dengan pergaulan akan masuk dalam permasalahan yang serius.

  1. Contoh Penyimpangan Sekunder
Contoh Penyimpangan Sekunder
Contoh Penyimpangan Sekunder

Diantaranya;

  1. Penyelahgunaan Narkoba

Zat yang terkandung dalam narkoba memang memiliki kandungan tersendiri yang membuat seseorang ketagihan apabila telah menggunakan zat tersebut. Ketika seseorang telah menggunakan zat adiktif ini akan termasuk dalam penyimpangan sekunder.

Ketika tidak menggunakan zt ini akan ketagihan dan melakukan segala cara untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Bahkan banyak orang yang menghalalkan segala cara untuk dapat mengkonsumsi barang tersebut.

  1. Perkelahian Pelajar

Banyak hal yang memicu tawuran antar pelajar. Permasalahan secara personal kadang dapat menyebabkan tawuran dengan jumlah masa yang besar. Tawuran antar pelajar banyak terjadi di llingkungan perkotaan yang banyak terbentuk geng antar sekolah. Banyak hal yang dapat merugikan diri sendiri dan orang yang terlibat dalam tawuran pelajar ini.

  1. Korupsi

Tindakan korupsi adalah  salah satu tindakan yang merugikan banyak orang kerugian tidak hanya dirasakan oleh seorang pribadi tetapi berkaitan dengan kepentingan orang banyak. Korupsi merupakan penyimpangan yang serius dan tidak mudah untuk dicari bukti-bukti akan kesalahan yang dilakukan.

  1. Pembunuhan

Tindakan kriminalitas yang jelas merugikan orang lain. Kerugian ini berupa nyawa sehingga tidak mungkin tergantikan dengan apapun. Orang yang melakukan pelanggaran ini harus menerima hukum sesuai dengan hukum yang berlaku. Penyimpangan ini termasuk dalam penyimpangan yang serius.

  1. Perjudian

Berjudi merupakan hal yang kadang membuat seseorang lupa kewajiban yang harus dijalankan. Perjudian kadang memang mengiurkan namun resiko yang harus ditanggung besar. Kita tahu berdasarkan undang-undang yang berlaku perjudian dilarang dilakukan di Indonesia. Apabila melanggar akan menganggung hukumnan sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

  1. Pencurian

Pencurian jelas merugikan orang lain, kerugian yang tanggung kadang bukan hanya material tetapi juga mental karena mendapat ancaman dari pelaku. Ketika sudah terjadi pencurian maka perlu ditindaklanjuti dengan menjalankan hukum yang berlaku. Hukuman yang harus dijalani juga sudah dijelaskan dalam undang-undang yang berlaku.

  1. Perampokan

Tindakan kriminalitas yang dilakukan secara langsung didepan korbannya. Sasaran yang diambil dari kasus ini tentu saja harta. Selain harta sasaran lain yang biasanya digunakan untuk tawanan adalah nyawa. Banyak nyawa menjadi korban karena melawan ketika melakukan perampokan.

  1. Hubungan seksual

Hubungan seksual yang dilakukan diluar nikah berdasarkan aturan agama dan budaya yang ada di Indonesia merupakan sebuah kesalahan. Kesalahan ini termasuk kesalahan besar yang tidak dapat dimaafkan dengan mudah. Nilai moral juga dilanggar hanya untik kesenangan sementara.

  1. Tindakan asusila

Banyak terjadi pelecehan yang harus diterima baik laki-laki atau perempuan. Kebanyakkan memang perempuan yang menjadi sasaran. Hal ini tidak dapat di toleransi karena memang merugikan pihak-pihak yang terkait.

  1. Tawuran antar pelajar

Salah satu cara menunjukkan jati diri pada usia remaja kadang memilih cara yang aneh. Salah satu cara yang dilakukan dengan menantang sekolah lain untuk melakukan tawuran dengan permasalahan yang sepele. Hal ini harus segera diatasi agar tidak muncul lagi tindakan atau tawuran yang lebih besar kadang sampai merusak fasilitas umum.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa seseorang dapat melakukan penyimpangan dimana pun dan kapan pun. Dimana penyimpangan juga bukan hanya dilakukan oleh individu, namun kadang juga dilakukan oleh kelompok masyarakat. Oleh karena itulah segala bentuk penyimpangan dapat dilakukan secara sadar atau tidak sadar.

Disisi lain, untuk jenis penyimpangan terbagi menjadi dua, yakni primer dan sekunder kesemuanya merupakan penyimpangan berdasarkan tindakan yang dilakukan oleh seseorang, sehingga dapat dilihat dari jenis penyimpangan, intensitas dalam melakukan penyimpangan, dan lain-lain. Oleh karena itulah penyimpangan yang dilakukan oleh seseorang atau bahkan kelompok tertentu kadang dapat merugikan orang lain. Penyimpangan yang bersifat sementara merupakan penyimpangan primer dan dampaknya tidak terlalu besar.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada semua pembaca berkaitan dengan ragam contoh penyimpangan primer dan penyimpangan sekunder yang ada di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberikan wawasan bagi kalian.

Rating: 4.4/5. From 8 votes.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *