Bentuk Penyimpangan Sosial dan Contohnya di Masyarakat

Diposting pada

Pengertian Penyimpangan Sosial, Bentuk Penyimpangan Sosial, Contoh Penyimpangan Sosial

Penyimpangan sosial seringkali terjadi dalam kehidupan masyarakat, baik secara kelompok maupun dilakukan dengan individu. Penyimpangan ini sendiri menjadi bagian daripada penyebab timbulnya masalah sosial yang harus segera diatasi lebih agar tidak merusak keteraturan sosial yang sudah diciptakan dalam sistem sosial bermasyarakat.

Disisi lain, Perilaku menyimpang secara sosial dapat dibedakan dalam berbagai jenis. Yakni seperti penyimpangan primer, sekunder, individu, maupun kelompok.

Penyimpangan Sosial

Penyimpangan sosial adalah adalah hasil dari bentuk perubahan sosial dalam masyarakat yang tidak selamanya sesuai dengan hal diinginkan sehingga kondisi ini mendorong perilaku yang oleh sejumlah besar orang yang kemudian dianggap sebagai hal tercela dan di luar batas toleransi dalam kehidupan yang ada.

Dilain sisi, perilaku menyimpangmenjadi salah satu cara untuk dapat menyesuaikan sifat kebudayaan dengan perubahan sosial. Hal ini mengindikasikan bahwa tidak ada masyarakat di duia ini yang mampu bertahan dalam kondisi statis untuk jangka waktu lama. Masyarakat yang terisolasi sekalipun akan mengalami perubahan.

Bentuk Penyimpangan Sosial

Bentuk Penyimpangan Sosial

Penyimpangan sosial yang dianggap sebagai perilaku tidak wajar dalam masyarakat, dapat dikelompokan dalam berbagai macam. Antara lain;

  1. Penyimpangan Individu

Jenis penyimpangan sosial ini adalah penyimpangan yang dilakukan secara individu. Dan tentusaja hanya akan berdampak pada jangkauan yang relatif kecil. Prilaku menyimpang ini bisa berlaku dalam waktu yang relatif lama. Karena sifat dan hekekat prilaku ini sendiri telah tersusun rapih dalam kepribadiannya.

Contoh Penyimpangan Individu

Contoh prilaku menyimpang secara individu adalah kelainan seks. Kelainan seks dengan mencintai sesama jenis, misalnya laki-laki mencintai laki-laki yang dkenal dengan (homo) atau perempuan mencintai sesama permpuan yang dikenal dengan (lesbi).

Kedua prilaku ini dianggap bagian dari penyimpangan sosial secara individu. Yang mungkin hanya berlaku di beberapa negara termasuk Indonesia, lantaran d beberapa negara sudah di legalkan. Tetapi yang menjadi catatan prilaku penyiimpangan homo dan lesbi tidak bisa dibenarakan sedikitpun.

  1. Penyimpangan Kelompok

Prilaku penyimpangan ini bisa berdampak luas dalam kehidupan masyarakat. Lantaran biasanya penyimpangan secara kelompok dilakukan dengan melanggar norma sosial dan aturan umum yang ada di dalam kehidupan masyarat.

Contoh Penyimpangan Kelompok

Prilku menyimpang yang dilakukan secara kelompok contohnya saja seperti adanya tindakan perampokan. Dimana perampokan bisanya dilakukan dalam berbagai jumlah orang tertentu, selain merugikan merampok adalah bagian daripada tindakan dalam arti kriminalitas.

  1. Penyimpangan Primer

Penyimpangan primer adalah prilaku yang tidak sesuai denga kehidupan masyarakat sehingga dalam hal ini terjadi dalam kehidupan masyarakat yang telah diakui keberadaan, dan hanya mendapatkan peringatan yang tidak keras. Penyimpangan jenis ini dianggap masih dalam koredor yang wajar, sehingga masyarakat merasa telah menjadi bagian daripada unsur budaya.

Contoh Penyimpangan Primer

Pelanggaran lalu lintas seringkali kita temui dalam kehidupan masyarakat keseharian yang dijalankan dan bentuk tindakan sosial yang dilakukan pada saat melanggar adalah bagian daripada penyimpangan primer karena keberadannya kadangkala masih di toleransi.

  1. Penyimpangan Sekunder

Jenis trakhir, dari penyimpangan sosial adalah penyimpangan skunder. Yang diartikan sebagai penyimpangan masyarakat bersifat tidak dapat di tolerasi. Keberadaan penyimpangan skunder ini memiliki karakteritik melanggar kriminalitas, dan layak mendapatkan hukuman.

Karakteritik perilaku menympang ini seringkali dikaitan dengan tindakan yang melanggar kriminalitas. Hingga akhirnya dinggap sangat berbahaya dalam keberlangsungan hidup manusia. Contohnya yang dapat dikatakan sebagai bagian daripada penympangan sosial adalah sindikat perdagangan narkoba atau teroris yang dilakukan dengan sistem yang matang dan bisa berkibat fatal dalam kehidupan manusia.

Contoh Penyimpangan Sekunder

Antara lain;

  1. Minuman Keras, Beredarnya minuman keras yang ada dalam kehidupan masyarakat dapat mengakibatkan rusaknya moral para generasi muda (remaja), khususnya bagi remaja yang mau untuk mengonsumsinya. Penyimpangan jenis ini dapat kajian sosiologi disebut dengan penyimpangan sekunder yang sifatnya sudah tidak dapat ditolerasi.
  2. Penggunaan Narkoba, Penggunaan obat-obat telarang merukan salah satu contoh penyimpangan sosial dalam masyarakat. Penggunaan obat ini misalnya saja tentang memakai narkoba yang dipergunakan untuk memberikan sensasi kenimatan. Tindakan seperti ini adalah bagian penyimpangan sosial, yang tergolong dalam sekunder.

Contoh Penyimpangan Sosial

Disisi lain, untuk contoh penyimpangan sosial yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja;

  1. Pencurian

Pencurian adalah salah satu jenis penyimpangan sosial. Dengan menggabil hak orang lain tanpa izin bisa mengakibatkan timbulnya kerusakan dan interaksi dalam masyarakat. Keadaan ini bukan hanya dianggap merugikan akan tetapi juga dianggap sebagai bagian daripada kriminalitas.

Kesimpulan

Dari penjelasan terkait dengan jenis penyimpangan sosial yang telah disebutkan, dapatlah dikatakan bahwa kesuluruh penyimpangan sosial adalah bagian proses perubahan sosial dalam masyarakat. Sehingga tindakan ini lebih dikenal lekat dengan sifat adaptif.

Sifat adaftif dalam penyimpangan sosial adalah salah satu cara untuk menyesuaikan kebudayaan dengan perubahan sosial yang dianggap sebagai kepatian dalam hidup.

Demikianlah penjelasan tentang bentuk penyimpangan sosial dan contohnya yang ada di dalam kehidupan masyarakat. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan dan pengetahuan bagi pembaca yang sedang membutukannya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *