6 Contoh Sikap Kesadaran Berbangsa dan Bernegara dalam Keseharian

Diposting pada

Kesadaran Berbangsa dan Bernegara

Pada hakekatnya membangun kesadaran berbangsa dan bernegara kepada setiap generasi menjadi bagian daripada unsur bela negara yang harus senantisa dilakukan. Alasannya hal ini mampu membentuk keteraturan sosial sekaligus kenyamanan bagi setiap arti masyarakat.

Disisi lainnya, terdapat pentingnya kesadaran berbangsa dan bernegara ini juga bisa menjadi bagian daripada jati diri dalam upaya ikut andil dalam mewujudukan kesejahteraan bernegara. Oleh karena itulah banyak wujud implementasi atas sikap ini, meski realitas tersebut diakui atau tidak kita terkadang tidak menyadarinya.

Kesadaran Berbangsa dan Bernegara

Kesadaran berbangsa dan bernegara adalah pengakuan bagi setiap individu dan kelompok untuk memiliki hidup sekaligus terikat bersama dalam kaidah sosial. Khususnya dalam wadah NKRI yang didasari pada kerelaan maupun keikhlasan untuk melakukan bentuk tindakan sosial demi kebaikan bersama.

Contoh Kesadaran Berbangsa dan Bernegara

Adapun untuk contoh perwujutan sikap kesadaran berbangsa dan bernegara. Antara lain;

  1. Disiplin dan bertanggung jawab

Disiplin dan memiliki beragam contoh sikap bertanggung jawab terhadap tugas yang dibebankan bagian daripada contoh bela negara. Perwujutan ini misalnya saja dengan mengutamakan kepentingan umum diatas kepentingan pribadi dengan berangkat ke kantor daripada ikut serta agenda olahraga keluarga.

  1. Saling menghargai dan menghormati

Implementasi atas sikap sadar bela negara ini bisa diwujudkan dengan adanya keinginan serta kemampuan untuk menghargai dan menghormati keanekaragaman suku, agama, ras dan antar golongan. Terutama di Indonesia yang bisa dikatakan sebagai masyarakat multikultural dan masyarakat majemuk.

  1. Kepentingan umum daripada pribadi

Hal lainnya, yang berkaitan dengan kesadaran bela negara ialah dengan mendahulukan kepentingan umum diatas kepentingan pribadi dan golongan. Prihal ini bisa saja berwujud menghadiri rapat bersama dalam menentukan pembangunan desa daripada pergi berlibur bersama keluarga.

  1. Rasa bangga menjadi bagian dari NKRI

Memiliki sikap bangga terhadap bangsa dan negara sendiri menjadi bagian daripada perwujutan sikap sadar berbangsa dan bernegara. Prihal ini tentusaja berhubungan erat dengan bentuk nasionalisme yang setidaknya jikalau ciri nasionalime lebih menekankan pada sifat sedangkan sadar bela negara diwjudkan melalui sikap.

  1. Berjiwa gotong royong

Hidup dengan arti kerukunan dalam masyarakat serta memiliki jiwa gotong royong menjadi bagian daripada faktor pendukung dari adanya kesadaran berbangsa dan bernegara. Prihal ini contonya saja dengan ikut serta dalam membersihkan lingkungan serta saling membantu antar tetangga.

  1. Menjalankan hak dan kewjiban

Definisi nilai dalam kesadaran berbangsa dan bernegara bisa dilakukan dengan menjalankan hak dan kewajiban sesuai peraturan perundangan yang berlaku. Kewajiban disinilah bisa diberikan contoh seperti membayar pajak tepat waktu sedangkan haknya setiap masyarakat diberlakukan sama di depan hukum.

Untuk penggambaran dalam kehiduan seharu-hari. Misalnya saja kita sebagai warga negara memiliki hak dan kewajiban dalam berbagai aspek kehidupan kita. Salah satunya yaitu kita berhak untuk memperoleh pekerjaan dan penghidupan yang layak dan sebagai warga negara yang baik sesuai dengan amanat Pasal 27 Ayat (2) UUD 1945. Disinilah kita juga berkewajiban untuk senantiasa membayar pajak kepada negara. Ketika kita telah menjalankan hak dan kewajiban sesuai peraturan perundangan yang berlaku

Kesimpulan

Dari penjelasan yang diberikan. Dapatlah dikatakan bahwa sebagaimana yang kita tahu bahwa bangsa Indonesia kaya akan sifat kebudayaan dari Sabang sampai Meroke. Selain tampil di negara sendiri, unsur kebudayaan kita juga berkali-kali tampil di luar negeri. Dengan begitu, kita sebagai warga negara tentunya semakin bangga terhadap Indonesia, salah satunya karena kesenian dan kebudayaan bangsa kita mendapatkan apresiasi yang baik di luar negeri.

Perwujutan atas bangga terhadap bangsa dan negara sendiri, merupakan cerminan sikap dan perilaku nilai dasar bela negara yang dikenal dengan kesadaran berbangsa dan bernegara.

Nah, itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan contoh perwujutan sikap atas kesadaran berbangsa dan bernegara dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja bisa memberikan wawasan bagi kalian semuanya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *