Contoh Sikap Tangung Jawab di Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat

Diposting pada

Contoh Tangung Jawab

Salah satu bentuk sikap sosial adalah bertanggung jawab. Sikap tanggung jawab harus selalu dikalukan dimanapun kita berada. Memiliki sikap tanggung jawab ini berarti menghargai setiap orang dan setiap ketentuan-ketentuan yang berlaku di lingkungan sosial, baik dalam pendidikan, masyarakat, ataupun dalam keluarga.

Hal ini lantaran setiap individu memiliki tanggungjawab dan perannya masingn-masing. Jangan sampai ego dan kepentinngan pribadi menutup dan menghambat rasa tanggung jawab. Setiap orang akan menrima konsekuensi atas apa yang telah dilakukan. Belajar bersikap tanggung jawab dapat dilakukan mulai dari hal-hal kecil.

Tanggung Jawab

Sikap tanggung jawab berarti menghargai dan melakukan segala sesuatu dengan bijak untuk kepentingan bersama. Menurut KBBI tanggung jawab diartikan sebagai kondisi dimana seseorang wajib memikul segala sesuatu dengan tenang dan tetap memberikan sikap yang bertanggung jawab. Tanggung jawab dilakukan dengan kesadaran penuh atas dasar rasa peduli.

Melakukan apa yang menjadi tanggung jawabnya adalah bentuk sikap terpuji dan salah satu arti karakter positif yang harus dimiliki oleh semua orang. Karakter dibentuk sejak kecil. pendididkan karakter yag baik membuat seseorang tumbuh dengan karakter positif dalam diri.

Karakter seperti ini harus terus dijaga agar tidak goyang karena pengaruh lingkungan sekitar. Begitupun dengan sikap tanggung jawab.

Contoh Sikap Tangung Jawab

Adapun untuk beberapa contoh sikap tanggung jawab yang ada dalam lingkungan keluarga, sekolah, dan lingkungan masyarakat. Antara lain sebagai berikut;

Lingkungan Keluarga
Contoh Tangung Jawab di Lingkungan Keluarga
Tangung Jawab di Lingkungan Keluarga

Sikap tanggung jawab yang paling sederhana dilakukan adalaha tanggung jawab di lingkungan keluarga. Lembaga keluarga merupakan lingkungan pertama yang mengajarkan pendidikan karakter. Keluarga kana membekali anak dengan karakter-karakter positif slaah satunya adalah dengan sikap tanggung jawab.

Peran orang tua dan anggota keluarga lainnya menjadi sangat penting untuk membentuk sikap tanggung jawab dalam keluarga. Pendididkan inilah yang nantinya akan membentuk karakter seseorang saat ia keluar dan beradaptasi dengan lingkungan yang masyarakat yang lebih luas.

Contoh tanggung jawab di lungkungan keluarga antara lain:

  1. Menghormati orangtua dan anggoota keluarga yang lebih tua

Menghormati orang yang lebih tua merupakan sikap tanggung jawab yang dilakukan di rumah. Sikap menghormati dapat ditunjukan dengan memperlakukan orang lebih tua dengan baik, tidak membantah omongan orang tua, tidak memerintah orang yang lebih tua, tidak membentak dan masih banyak lagi.

Selain itu, orang yang lebih tua pun harus mampu mengayomi dan menghargai orang yang lebih muda. Tidak memperlakukan semena-mena dan membimbing untuk selalu berbuat baik.

  1. Melaksanakan tugas dalam keluarga

Setiap anggota keluarga memiliki aturan dan peranan yang berbeda-beda. pembagian tugas dalam keluarga umum terjadi. Salah satu bentuk tanggung jawab adalah dengan melaksanakan tugas dengan baik sesuai yang diperintahkan.

Misalnya saja anak pertama memiliki tugas menyetrika pakaian. Tugas tersebut menjadi tanggung jawab sang anak dan harus dilaksanakan.

  1. Menafkahi keluarga bagi kepala keluarga

Member nafkah kepada keluarga adalah kewajiban dan tanggung jawab setiap kepala keluarga yang dalam hal ini adalah seorang ayah. Mencukupi kebutuhan keluarga adalah bentuk tanggung jawab sebagai seorang kepala keluarga.

  1. Mendidik anak

Tanggung jawab yang harus dilaksanakan orang tua adalah mendidik anak-anaknya agar menjadi pribadi yang lebih baik. pendididkan karakter dilakukan sejak anak masih kecil. Orang tua memiliki tanggung jawab untuk membentuk sikap dan karakter anak. Ayah dan ibu harus saling bekerja sama dalam upaya membentuk anak yang berkarakter luhur dan bersikap terpuji.

  1. Menjaga kebersihan rumah

Kebersihan rumah menjadi tanggung jawab semua anggota keluarga. Rumah yang nyaman membuat suasana rumah menjadi harmonis dan tentram. Upaya membersihkan rumah dapat dilakukan setiap hari ataupun melakukan kerja bakti di rumah pada hari libur

  1. Tidak berbohong

Berdikap jujur kepada anggota keluarga adalah bentuk tanggung jawab kepada diri sendiri dan kepada semua naggota keluarga. Berani menerima segala rbentuk esiko dan mengakui berbagai kesalahan dengan terus menerus bersikap jujur.

  1. Mematuhi aturan dalam keluarga

Setiapn keluarga memiliki aturan apa yang boleh dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan oleh setiap anggota keluarga. Semua anggota keluarga bertanggung jawab mematuhi peraturan yang telah disepakati bersama dengan tujuan untuk menciptaklan keluarga yang harmonis.

Lingkungan Sekolah
Tanggung Jawab di Lingkungan Sekolah
Tanggung Jawab di Lingkungan Sekolah

Lingkungan sekolah merupakan sarana pendidikan formal setelah kelaurga. Lembaga pendidikan di sekolah diajarkan oleh tenaga pendidik yang profesional. Tidak hanya pendidikan pengetahuan saja yang diajarakn dalam pendidikan sekolah, tetapi juga pendidikan karakter. Salah satunya adalah sikap tanggung jawab.

Contoh sikap tanggung jawab di lingkungan sekolah antara lain:

  1. Mentaati peraturan sekolah

Sekolah memiliki peraturan untuk mengatur segala urusan siswa, tenaga pengajar, staff sekolah dan semua warga sekolah yang terlibat. Peraturan dibuat dengan tujuan untuk menciptakan suasana belajar yang tertib. Salah satu bentuk tanggung jawab sebagai siswa di sekolah adalah menggunakan seragam sekolah sesuai aturan.

  1. Melaksanakan piket kelas

Sebagai seorang siswa, selain belajar juga harus mampu bekerja sama dalam hal positif dengan temannya. Salah satunya adalah bekerja sama dalam menciptakan ruang kelas yang bersih dan nyaman untuk belajar dengan melakukan kegiatan piket secara rutin sesuai jadwal yang telah ditentukan.

  1. Menghormati guru

Guru merupakan orang tua di sekolah. Oleh karenanya kita harus menghormati guru sebagaimana kita menghormati orang tua di rumah. Mengerjakan Pekerjaan rumah dengan tekun dan belajara dengan rajin adalah salah satu wujud hormat terhadap guru.

Menyapa ketika bertemu guru baik di lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah serta menjelaskan dan memperhatikan ketika guru menerangkan pembelajaran.

  1. Tidak memilih-milih teman

Tanggung jawab di sekolah harus diterapkan kepada siapapun termasuk sikap tanggung jawab tidak membeda bedakan teman. Bergaul dan bermain dengan siapa saja. Tidak memilih-milih teman bahkan menghujat teman. Smeua teman harus diperlakukan sama.

  1. Meminta maaf jika berbuat salah

Setiap orang pernah mengalami kesalahan. Berani meminta maaf ketika kita berbuat salah adalah salah satu bentuk tanggung jawab.

Dalam contoh lingkungan sosial sekolah, sering terjadi kesalah pahaman antar teman. Meminta maaf atau memaafkan teman yang melakukan kesalahan menjadi salah satu wujud penerapan sikap tanggung jawab di lingkungan sekolah.

  1. Mengerjakan tugas sekolah

Tugas sekolah adalah kewajiban siswa yang harus dikerjakan. Tujuan pemberian tugas, agar siswa memperdalam pengetahuan tentang materi yang sedag dipelajari. Tanggung jawab utama seorang siswa adalah belajar. Mengerjakan tugas adalah salah satu upaya agar siswa belajara lebih tekun dan giat.

  1. Tidak mencontek

mencontek adalah tindakan yang harus dihihndari oleh siswa. Seorang siswa harus mampu bertanggung jawab untuk mengerakan soal sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Dengan tidak mencontek saat ulangan menunjukan sikap tanggung jawab untuk menyelesaikan apa yang sudah menjadi tugasnya.

Lingkungan Masyarakat
Contoh Tangung Jawab di Lingkungan Masyarakat
Tangung Jawab di Lingkungan Masyarakat

Lingkungan masyarakat memiliki cakupan sangat luas. Karakteristik masyarakat satu dengan masyarakat lainnya berbeda-beda. oleh karenan kita harus mampu beriskap bijak ketika terjun dalam lingkungan masyarakat.

Rasa tanggungjwab di lingkungan masyarakat menunjukan bahwa seseorang memiliki karakter terpuji dan bijak. Wujud tanggung jawab di lingkungan sekitar dalat dilakukan pada siapa saja dan kapan saja. Lingkungan luar rumah memberikan banyak pengalaman baru. Dengan menerapkan sikap tanggung jawab dalam diri, pengalaman baru dapat bersifat positif.

Contoh tanggung jawab di lingkungan masyarakat, antara lain:

  1. Berani berpendapat di depan umum

Setiap orang memiliki pendapat yang berbeda-beda. Berani menyampaikan pendapat di depan umum adalah sikap tanggung jawab yang harus dimilik. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan agar tidak terjadi kesalahpahaman yang dapat menimbulkan konflik.

  1. Mengikuti kegiatan siskampling

Menjaga kemanan lingkungan menjadi tanggung jawab semua anggota masyarakat. Melakukan ronda malam atau siskampling adaalh bentuk tanggung jawab sebagai seorang warga yang baik untuk menjaga keamanan lingkungan sekitar.

  1. Ikut menjaga kebersihan lingkungan sekitar

Upaya menjaga kebersihan lingkungan dapat dilakukan dengan kegiatan gotong royong. Tanggung jawab sebagai anggota masyarakat harus selalu dilakukan dalam bidang apapun. Menjaga kebersihan lingkungan adalah wujud nyata sikap tanggung jawab warga terhadap lingkungan sekitar.

  1. Saling menghormati

Sikap saling menghormati harus diterapkan kepada semua orang. Tidak hanya kepada orang yang lebih tua, kepada yang lebih muda harus menghormati dan mengayomi serta menasehati apabila tiindakan yang dilakukan bertentanagn atau kurang sesuai dengan norma sosial yang berlaku di masyarakat.  

  1. Membayar iuran kas

Tanggung jawab sebagai warga masyarakat yang baik dalam upaya membangun dan memajukan wilayah sekitar adalah dengan rutin membayar iuran kas. Iuran kas ini nantinya akan dipergunakan untuk kepentingan bersama misalnya dalam memberi santuanan untuk tetangga yang meninggal dunia.  

  1. Datang tepat waktu ketika rapat

Budaya hidup tertib dan teratur adalah salah satu bentuk tanggung jawab terhadap diri sendiri dan tanggung jawab terhadap orang lain di lingkungan sekitar. Ketika dalam lingkunngan masyarakat mengadakna rapat, bentuk tanggung jawab yang dilakakan selain datang menghadiri rapat juga harus menghadiri rapat tepat waktu sesuai jadwal yang ditentukan.

Kesimpulan

Dari berbagai contoh yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa sikap tanggung jawab tidak selalu berkaitan dengan orang lain. Tanggung jawab juga harus dilakukan kepada diri sendiri.

Bersikap tanggung jawab terhadap diri sendiri berarti mampu memahami dan konsisten atas apa yang telah menjadi tanggung jawab terhadap diri. Mampu mengatur diri sendiri untuk berbuat lebih baik dan lebih berguna. Tangungjawab terhadap diri sendiri juga berkaitan degan jenis moral dan akhlak diri.

Itulah tadi artikel yang bisa kami tuliskan pada segenap pembaca berkenaan dengan contoh perwujutan sikap tangung jawab di yang ada di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberi pemahaman bagi kalian yang membutuhkannya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *