Pengertian Assigned Status dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Assigned Status dan Contohnya

Hakikat sosiologi sebagai ilmu pengetahuan dalam kajiannya tidak akan terlepas daripada ulasan terkiat dengan status sosial. Dimana status sosial adalah tingkat nilai sosial yang dianggap dimiliki seseorang. Lebih khusus lagi, status sosial mengacu pada tingkat relatif rasa hormat atau kehormatan, dan juga kompetensi yang diasumsikan, yang diberikan kepada orang, kelompok, dan organisasi dalam suatu masyarakat. Salah satunya diperoleh dengan assigned status.

Assigned status memanglah merupakan status sosial atau kedudukan yang diberikan kepada seseorang karena adanya kepercayaan dari masyarakat untuk mendapatkannya. Contohnya saja seperti halnya Sir Alex Ferguson mantan pelatih MU.

Pengertian Assigned Status

Assigned status adalah jenis status sosial yang didapatkan seseorang dari pemberian atau kepercayaan dari masyarakat sehingga prihal ini menunjukan bahwa individu tersebut memiliki peran sosial tinggi dengan didasarkan pada kemampuan dirinya sendiri atau bisa juga didapatkan sejak dari lahir.

Namun yang pasti, assigned status ditentukan oleh kepemilikan berbagai karakteristik yang secara budaya diyakini menunjukkan superioritas atau inferioritas. Dengan demikian, orang menggunakan hierarki status untuk mengalokasikan sumber daya, posisi kepemimpinan, dan bentuk kekuasaan lainnya

Contoh Assigned Status

Adapun untuk contoh status sosial dalam jenis assigned status di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja;

  1. Seseorang yang mendapatkan gelar kepahlawanan

Orang-orang yang mendapatkan gelar kepahlawanan biasanya adalah mereka yang merupakan veteran atau pahlawan yang telah gugur dalam upaya memperjuangkan bangsa Indonesia. Di Indonesia, gelar kepahlawanan tertinggi adalah pahlawan nasional.

Orang yang mempunyai gelar tersebut dianggap mempunyai kontribusi nyata dan memberikan jasa yang luar biasa, serta bisa diteladani sepanjang masa. Salah satu contoh orang mendapatkan gelar pahlawan nasional adalah Ir. Soekarno.

  1. Seseorang yang mendapatkan gelar pelajar teladan

Pemberian gelar pelajar teladan biasa disematkan oleh guru kepada siswanya yang mempunyai kemampuan sebagai pelajar yang baik, misalnya memiliki prestasi yang gemilang, aktif dalam kegiatan sekolah, aktif dalam melakukan sosialisasi dengan teman sebaya, sehingga pada akhirnya mempunyai bermacam-macam bakat yang membanggakan, dan lain-lain.

  1. Mendapatkan penghargaan kalpataru

Pemberian kalpataru yang dilakukan oleh sistem sosial pemerintahan Indonesia bisanya ditujukan kepada seseorang atau sekelompok orang untuk menghargai jasa mereka dalam melakukan pelestarian lingkungan hidup di wilayah Indonesia.

  1. Mendapatkan penganugerahan

Pemberian penganugerahan ini tersebut ditujukan kepada seseorang atau sekelompok orang sesuai dengan bidang yang ingin dianugerahkan. Contoh assigned status satu ini biasanya mudah ditemukan baik lewat layar televisi maupun secara langsung.

  1. Mendapatkan gelar kebangsawanan

Contoh lain dari assigned status yaitu pemberian gelar kebangsawanan. Misalnya gelar kebangsawanan dari Ratu Inggris kepada Sir Alex Ferguson karena prestasinya dibidang sepakbola ketika menjadi pelatih klub sepakbola asal Inggris yaitu Manchester United (MU).

  1. Penghargaan Riyanto Tokoh Banser NU

Assigned status lainnya yang sangat dekat dengan kehidupan masyarakat ialah apa yang diberikan Gereja Eben Haezer di Mojokerto kepada Riyanto salah satu anggota Barisan Ansor Serbaguna Nahdlatul Ulama yang tewas karena terkena ledakan bom. Pada Tahun 2020 lalu di saat Indonesia menggalami krisis toleransi antar umat beragama.

Prihal ini Riyanto yang bergama Islam mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan umat Kriten yang sedang beribadah. Sehingga akhirnya membuka mata masyarakat untuk saling bantu-membantu dengan tanpa perbedaaan, hingga saat ini Riyanto yang awalnya masyarakat bisanya diberikan gelar Pahlawan oleh Pemkot Mojokerto bahkan hingga dijadikan nama jalan di wilayah Kecamatan Prajuritkulon.

Nah, itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan pengertian assigned status dan contohnya di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja bisa memberikan referensi sekaligus literasi bagi kalian yang membutuhkannya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *