Contoh Perilaku Bela Negara dalam Kehidupan Sehari-hari

Diposting pada

Contoh Prilaku Bela Negara

Bela negara menjadi bahasan penting bagi setiap negara di dunia, termasuk Indonesia yang notabene sampai saat ini masih menjadi karakteristik negara berkembang. Bela negara ini sejatinya sangat dekat dengan bentuk nasionalisme yang bisa dilakukan secara fisik ataupun non fisik.

Pergolatan dan persaingan dunia yang semakin di dorong dengan kemajuan teknologi tentusaja membuat seseorang harus bisa memahami segala unsur bela negara yang kemudian di amalkan dalam kehidupan keseraian. Baik di sekolah, keluarga, dan lingkungan masyarakat.

Bela Negara

Bela negara adalah perwujuatan sikap untuk berada dalam barisan terdepan dalam mempertahakan identitas nasional dan integrasi nasional. Pengejawantahakan prilaku ini menjadi sangat penting dalam upaya mempertanakan setiap negara dalam eksistensinya di dalam dan luar negri.

Meski tidak mudah, setidaknya dalam kehidupan sehari-hari semagai arti masyarakat Indonesia harus mengamalkan perwujuatan atas bela negara. Baik dalam bidang politik, arti budaya, hukum, ekonomi, dan lain sebagainya.

Contoh Bela Negara

Adapun contoh perilaku yang menunjukkan cinta tanah air dalam bela negara adalah sebagai berikut:

  1. Mempelajari sejarah perjuangan pahlawan

Salah satu perwujudan cinta tanah air adalah mengetahui perjuangan pahlawan dalam meraih kemerdekaan. Tujuannya adalah agar setiap warga negara juga ikut merasakan perjuangan dan mempertahankan kemerdekaan. Selain itu, diharapkan setiap warga negara mengamalkan nilai sosial dan norma sosial yang diberikan para pahlawan.

  1. Mempelajari budaya daerah

Budaya daerah adalah akar dari budaya nasional. Mempelajari budaya daerah adalah salah satu cara untuk melestarikan budaya nasional. Banyaknya budaya asing yang masuk ke negara kita mengancam lunturnya budaya asli.

Untuk menjaganya, maka setiap warga negara alangkah lebih baik tetap mempelajari, melestarikan dan mengenalkan budaya kita kepada negara lain.

  1. Menjaga dan melestarikan lingkungan

Cinta tanah air berarti menjaga tempat kelahiran dari kerusakan. Wilayah adalah salah satu unsur negara. Maka dari itu, lingkungan sosial harus tetap dijaga kelestariannya agar warga negara yang tinggal di dalamnya dapat melangsungkan kehidupannya dengan aman dan nyaman.

  1. Memperkanalkan wisata lokal kepada dunia

Banyak wisata lokal yang belum dikenal dan dikunjungi oleh wisatawan. Masyarakat lebih memilih berwisata ke luar negeri. Padahal dengan mengunjungi tempat wisata dalam negeri akan meningkatkan pendapatan daerah maupun nasional. Banyaknya tempat wisata bahkan juga dapat menarik wisatawan luar negeri.

  1. Menggunakan produk dalam negeri

Menggunakan produk dalam negeri akan meningkatkan penghasilan para pengrajin atau produsen dalam negeri. Impactnya adalah pendapatan perkapita negara akan meningkat. Selain itu, juga akan mengurangi berbagai jenis pengangguran yang ada di suatu negara.

Kesadaran Bela Negara

Adapun disisi lain. Untuk contoh perilaku yang menunjukkan kesadaran berbangsa dan bernegara dalam bela negara adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan keterampilan dan bakat yang dimiliki

Setiap orang mempunyai bakat masing-masing. Hanya saja perlu diasah agar dapat meningkatkan kemampuannya. Keterampilan yang diasah juga memudahkan untuk menekuni pekerjaan sesuai dengan bidang yang diminatinya. Hal ini juga akan mengurangi penambahan penggangguran di dalam negeri.

  1. Membayar pajak tepat waktu

Salah satu wujud kesadaran berbangsa adalah membayar pajak tepat waktu. Pajak digunakan untuk membiayai kebutuhan belanja negara dan kebutuan warga negara. Jadi seharusnya pajak akan kembali kepada rakyat itu sendiri. Hal yang tidak boleh dilakukan adalah menunda membayar pajak atau memanipulasi pajak.

  1. Mengikuti upacara bendera dengan khidmat

Mengikuti upacara bendera dengan khidmat adalah wujud kesadaran berbangsa dan bernegara. Banyak generasi penerus bangsa yang tidak mengikuti upacara bendera dengan khidmat. Padahal, upacara memiliki banyak makna yakni menghormati jasa pahlawan, meningkatkan kedisiplinan dan rasa cinta terhadap negara.

  1. Menghindari golput ketika pemilu berlangsung

Banyak masyarakat yang golput, tidak mencoblos sewaktu pemilu, bahkan tidak menyempatkan diri untuk dating ke TPS dengan berbagai alasan. Seperti tidak percaya kepada calon pemimpin yang akan dipilih, tidak mendapatkan imbalan dalam arti pemilu dan lain sebagainya. Sangat disayangkan karena masa depan bangsa ada di tangan para pemilih pemimpin.

  1. Menghindari konflik

Menghindari konfik merupakan salah satu perwujudan sadar berbangsa dan bernegara. Pecahnya suatu negara diawali dari pecahnya masyarakat dan tidak adanya persatuan di dalamnya. Sehingga akan mudah dicampuri dan dikuasai oleh negara lain.

Bela Negara dalam Pancasila

Adapun contoh perilaku yang menunjukkan keyakinan terhadap Pancasila sebagai ideologi dalam bela negara adalah sebagai berikut:

  1. Percaya kepada keberadaan Tuhan

Sila pertama Pancasila adalah ketuhanan. Artinya, Indonesia meyakini bahwa Tuhan ada. Kemerdekaan, keberhasilan dan keberlangsungan suatu negara juga merupakan berkah dari Tuhan Yang Maha Esa. Maka dari itu, sebagai warga negara yang baik, kita juga harus mengimani Tuhan dengan menjalankan perintahnya dan menjauhi laranganNya.

  1. Monolong orang yang kesusahan

Sila kedua Pancasila adalah kemanusiaan. Bisa diwujudkan dengan membantu tetangga, teman atau saudara yang sedang membutuhkan bantuan. Tanggung jawab kita sebagai manusia adalah saling tolong menolong. Tidak etis ketika terdapat masyarakat yang menikmati kesenangan, namun banyak saudara yang masih merasakan kesusahan.

  1. Toleransi terhadap perbedaan suku, agama, ras, dan antar golongan

Salah satu hal yang menimbulkan perpecahan adalah kurangnya toleransi antar masyarakat yang beragam. Maka dari itu, kita tidak boleh membeda-bedakan teman, rekan kerja, tetangga, dan lain sebagainya hanya karena mereka berbeda suku, ras, agama, dan golongan.

  1. Mengutamakan musyawarah untuk menyelesaikan permasalahan

Musyawarah adalah salah satu pengalaman sila ke empat Pancasila. Musyawarah berarti medengarkan pendapat orang, di sana juga terdapat nilai keadilan di mana keputusan dan kebijakan yang diambil tidak memihak. Musyawarah juga harus diterapkan dalam kehidupan bernegara oleh para pejabat pemerintahan.

  1. Bersikap adil kepada diri sendiri dan orang lain

Bersikap adil terhadap diri sendiri seperti menjaga kesehatan. Kalau bersikap adil terhadap orang lain seperti tidak membedakan teman, membantu semua orang yang kesusahan tanpa melihat status, dan tidak memaksakan kehendak kita kepada mereka.

Rela Berkorban dalam Bela Negara

Adapun contoh perilaku yang menunjukkan rela berkoban untuk bangsa dan negara adalah sebagai berikut:

  1. Mengikuti organisasi-organisasi kemanusiaan

Mengikuti organisasi kemanusiaan adalah salah satu wujud rela berkorban untuk bangsa dan negara. Banyak organisasi sosial kemanusiaan seperti peduli bencana, organisasi perlindungan perempuan, organisasi perlindungan anak, yatim dan sebagainya. Organisasi-organisasi ini lah yang membantu pemerintah dalam memberantas banyaknya keterbatasan.

  1. Membuka peluang kerja

Menyediakan peluang kerja merupakan langkah untuk membantu masyarakat yang tidak mempunyai pekerjaan, dengan begitu akan mengurangi pengangguran dan beban pemerintah. Seperti mendirikan UMKM, perusahaan produksi dan sebagainya yang merekrut banyak tenaga kerja.

  1. Berprestasi untuk mengharumkan bangsa dan negara

Memiliki prestasi akademik dan prestasi non akademis akan sangat membanggakan bagi negara. Apalagi ketika dunia tahu prestasi yang dimiliki oleh anak bangsa. Hal ini juga perlu mendapat dukungan dari pemerintah. Untuk tugas kita adalah meningkatkan kemampuan yang dimiliki.

  1. Berpartisipasi menjadi sukarelawan dalam kegiatan pemerintah

Banyak kegiatan-kegiatan pemerintah yang memerlukan bantuan masyarakat secara langsung. Menjadi volunteer kegiatan yang diadakan pemerintah akan membantu keberjalanan acara yang biasanya ditujukan oleh masyarakat secara umum. Selain itu, juga bisa mengontrol agenda pemerintah.

  1. Mengangkat potensi daerah tempat tinggal

Setiap masyarakat bertanggung jawab atas kemajuan daerahnya. Melalui perkumpulan pemuda atau perkumpulan lain di daerahnya diharapkan bersama-sama untuk menggali potensi daerah yang dimiliki. Misalnya potensi sumber daya alam, potensi sumber daya manusia, potensi wisata, ekonomi dan sebagainya.

Kemampuan Bela Negara

Adapun contoh perilaku yang menunjukkan kemampuan bela negara adalah sebagai berikut:

  1. Guru mendidik siswanya dengan tulus

Sebagai guru yang melaksanakan bela negara adalah mendidik siswanya dengan penuh perhatian, bukan hanya mengajar namun mendidik mereka menjadi manusia yang baik. Harapan bangsa ada pada generasi muda yang memiliki karakter dan akhlak baik.

  1. Pedagang bekerja keras meningkatkan kualitas pasarnya

Pedagang juga bisa menerapkan bela negara dengan meningkatkan kualitas pasarnya, menjaga produknya. Kalau bisa membawa produknya ke pasar dunia dan yang paling penting adalah bisa mengurangi jumlah pengangguran di dalam negara.

  1. Industri film mengangkat nilai-nilai ke-Indonesiaan

Bukan hanya perorangan, industry pun juga bisa turut terlibat dalam bela negara. Seperti mengangkat film bertemakan nasionalisme atau nilai-nilai ke-Indonesiaan yang lain agar meningkatkan perasaan cinta tanah air para penonton film.

  1. Buruh bekerja dengan jujur dan ulet

Seorang buruh pun juga bisa membela negara dengan pekerjaan yang ditekuninya. Ketika mereka bekerja dengan tekun, ulet, maka akan meningkatkan kualitas perusahaan atau tempat dia bekerja. Dengan bekerja pun sudah mengurangi angka pengangguran dan tanggungan negara.

  1. Pelajar belajar dengan giat

Para generasi muda harus belajar dengan rajin dan giat guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Jangan sampai negara kita tertinggal oleh negara lain. Di era milenial ini dituntut untuk meningkatkan kualitas SDM untuk bersaing dengan negara lain. Bukan hanya hal akademik, namun juga keterampilan lain.

Nah, itulah tadi setidaknya artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan contoh bela negara yang bisa kita lakukan perwujutannya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberi referensi untuk semua kalangan.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *