Unsur Bela Negara dan Penjelasannya

Diposting pada

Unsur Bela Negara

Salah satu solusi yang dianggap signifikan untuk pencegahan berbagai contoh konflik sosial di Indonesia adalah program bela negara. Bela negara sendiri adalah program yang didesain sedemikian rupa sehingga bisa diterima oleh seluruh kalangan di Indonesia.

Bela negara merupakan hal penting dalam upaya mempertahankan kedaulatan negara dalam berbagai bidang, keutuhan wilayah, serta keselamatan bangsa. Pengejawentahannya unsur bela negara dalam kehidupan sehari-hari pun dapat menjadi kunci keberadaan ketahanan lingkungan di Indonesia,

Bela Negara

Bela sendiri diatur dalam UUD NKRI Tahun 1945 pasal 27 ayat 3 yang menyatakan bahwa setiap warga negara wajib dan berhak ikut serta dalam bela negara. Selain itu, bela negara juga diatur dalam pasal 30 ayat 1 yang menyatakan bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pertahanan dan keamanan negara. Bela negara berarti menjaga keselamatan bangsa sekaliguas perwujutan atas integrasi nasional.

Biasanya setiap negara memiliki kepentingan nasional masing-masing yang terkadang berbenturan dengan negara lainnya. Hal tersebut membuat semakin kuatnya persaingan dan tidak ada yang menjamin bahwa suatu negara akan selamanya berdiri. Maka dari itu, tugas kita sebagai warga negara adalah membela agar negara tetap utuh berdiri.

Unsur Bela Negara

Adapun unsur-unsur bela negara dan penjelasannya antara lain sebagai berkut:

  1. Cinta Tanah Air

Keasadaran bela negara pada setiap warga negara didasarkan pada kecintaannya kepada tanah air. Cinta tanah air dapat diwujudkan dengan cara mengetahui sejarah negara kita melestarikan budaya, serta menjaga lingkungan dan nama baik bangsa dan negara. Cinta tanah air berarti bangga menjadi bagian dan bertempat tinggal di negaranya.

  1. Kesadaran Berbangsa dan Bernegara

Kesadaran berbangsa dan bernegara merupakan sikap yang sesuai dengan kepribadian bangsa. Hal ini dikaitkan dengan cita-cita bangsanya. Kita dapat mewujudkannya dengan cara mencegah perselisihan antar orang perorangan atau antar kelompok. Selain itu juga menjadi anak bangsa yang berprestasi.

  1. Keyakinan Pancasila sebagai Ideologi

Ideologi merupakan warisan dan hasil perjuangan para pahlawan yang dijadikan sebagai identitas nasional. Pancasila bukan hanya sebagai ikrar yang diucapkan sewaktu upacara bendera. Namun juga diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Pancasila sebagai alat pemersatu keberagaman yang ada di Indonesia yang memiliki keberagaman unsur budaya, agama, etnis, dan lain sebagainya. Nilai-nilai Pancasila ini yang dapat mematahkan setiap ancaman, tantangan, dan hambatan negara.

  1. Rela Berkorban untuk Bangsa dan Negara

Rela berkorban untuk bangsa dan negara adalah bersedia dengan ikhlas dan sepenuh hati memberikan dan melakukan apa yang kita bisa untuk kemajuan, kemakmuran dan kesejahteraan negara kita. Rela berkorban bukan berarti ikut serta dalam berperang melawan musuh layaknya pahlawan yang melawan penjajah. Rela berkorban berarti melakukan apa yang kita bisa dan kita punya diberikan baik tenaga, uang dan waktu.

  1. Memiliki Kemampuan Bela Negara Secara Fisik dan Psikis

Salah satu unsur bela negara yang lain adalah memiliki kemampuan bela negara itu sendiri. Kemampuan bela negara setiap orang berbeda-beda. Seperti yang kita tahu bahwa, masyarakat merupakan komponen pendukung pertahanan dan keamanan negara.

Masyarakat bisa melakukan bela negara sesuai dengan profesi yang ditekunianya dengan bekerja disiplin, ulet dan kerja keras.

Contoh Bela Negara

Sebagai pelengkap atas bahasan yang diberikan. Berikut ini adalah serangkaian bentuk prilaku bela negara yang bisa dilihat dalam berbagai lingkungan sosial kemasyarakatan. Antara lain;

  1. Sekolah

Prilaku yang sesaui dengan pengamalan atas bela negara di Sekolah, misalnya saja dengan rajin belajar agar bisa menjadi manusia yang berguna. Baik baigi bangsa, negara, dan agama. Proses belajaran yang dilakukan dalam lembaga pendidikan ini begitu penting, pasalnya dengan belajar tersebut kita akan mempeoleh pengetahuan yang lebih dan kelak dikemudian hari bisa memberikan kontribusi pada pembangunan Indonesia.

  1. Masyarakat

Pengamalan yang sesuai dengan bela negara di masyarakat ini bisa saja kita lihat takala membeli produk-produk yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Usahakan membeli produk dalam negri, hal ini dilakukan untuk menunjang perekonomian masyarakat, serta mempercepat kemajuan sebuah bangsa.

Disisi lain, dengan membeli produk dalam negri juga merupakan salah satu bentuk nasionalisme yang penting dilakukan oleh setiap orang.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan unsur bela negara, contoh, dan penjelasan lengkapnya. Semoga memberi edukasi bagi kalian semua yang sedang membutuhkannya pada saat ini.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *