Contoh Budaya Timur

Diposting pada

Contoh Budaya Timur

Definisi budaya bisa dikatakan sebagai serangkaian cara hidup masyarakat atau dasar perilaku manusia yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Budaya ini akan selalu berkembang seiring dengan bentuk perubahan sosial yang terjadi di masyarakatnya. Walaupun demikian salah satu jenis budaya yang melakat pada kehidupan manusia ialah budaya timur dan budaya barat.

Adapun budaya timur sendiri dalam perkembangannya kerap kali dipandang rumit walaupun mencirikan sesuatu yang unik dan khas. Komponen budaya timur juga terdiri dari struktur sosial masyarakat meliputi adat istiadat, pakaian, bahasa, rumah adat, serta cara bertahan hidup masyarakatnya.

Budaya Timur (Eastern Culture)

Budaya ketimuran adalah salah satu unsur budaya yang melakat pada Bangsa Indonesia secara umum. Alasannya karena Indonesia sebagai karakteristik negara berkembang memberikan penghargaan lebih kepada orang asing atau yang tidak dikenal sekalipun.

Bahkan dalam kehidupannya sehari-hari memerlihatkan kesopanan kepada sesama, meski kondisi seperti ini seraingkali menjadi kelamahan, alasannya karena dengan sikap ramah dan sopan di manfaatkan oleh negara yang menganut budaya barat untuk menjajah Indonesia. Contoh kasusnya seperti adanya penjajahan yang dilakukan Jepang dan Belanda yang berawal dari perdagangan kemudian karena sikap baik meraka dahulu memanfaatkannya dengan ingin mengusasi dengan cara adu domba.

Contoh Budaya Timur

Adapu untuk beberapa contoh yang melakat pada kebudayaan ketimuran, antara lain;

  1. Pengakutan Angklung Oleh UNESCO

Alat musik tradisional pada masing-masing daerah di Indonesia mengandung kebudayaan dan ciri khas masing-masing daerah berbeda. Angklung salah satunya, sebagai alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Barat ini sempat memukai penonton di Perancis dan Amerika Serikat yang menganut budaya barat.

Bahkan pengakuan angklung sebagai alat musik tradisional telah diakui sebagai warisan Indonesia oleh UNESCO. Sehingga dengan kekuatan adat dan istiadatanya sendiri menunjukan bahwa Indonesia menjadi bagian daripada dengan kebudayaan ketimuran.

  1. Agama

Sistem religi merupakan sistem yang terpadu antara keyakinan dengan praktik keagamanaan dalam budaya timur yang bisanya berkenaan dengan hal-hal suci yang umumnya tidak terjangkau oleh akal sehat. Sistem ini merupakan abstraksi kebudayaan yang secara turun temurun diwariskan oleh leluhur berupa kepercayaan, nilai, dan pandangan hidup.

Sistem religi ini dapat diartikan sebagai bentuk komunikasi keagamaan atau kepercayaan tertentu guna menjaga keseimbangan alam lingkungan sehingga tercapainya keharmonisan dalam masyarakat. Contohnya kepercayaan Sunda Wiwitan pada masyarakat Sunda Wiwitan dikawasan Kenekes, Banten.

  1. Kehidupan yang Kolektif

Masyarakat yang ada dalam sistem kebudayaan timur lebih mementingkan kehidupan yang kolektif atau berkelompok. Yang mada kondisi ini setidaknya lebih mendahuluan kepentingan bersama daripada terpisah sendiri-sendiri.

  1. Penggunaan Makanan

Contoh adanya kebudayaan timur ialah bisa dilihat dalam segi makanan, dimana makanan menjadi bagian daripada kebutuhan primer yang harus dipenuhi. Adapun untuk kebudayaan timur kadangkala tidak mempergunakan makanan siap saji, realitas sosial ini tentusaja berbeda dengan kebudayaan kebaratan yang lebih banyak mempergunakan makanan siap saji.

  1. Sopan Satun

Rasa menghormati kepada sesama menjadi salah satu wujud daripada budaya timur, tertuatama kepada yang lebih tua ataupun yang memiliki peran sosial dan status sosial yang lebih tinggi. Sopan santu diwujudkan dalam norma kesopanan yang melakat pada budaya ketimuran.

  1. Berpakaian yang Tertutup

Kebudayaan timur sangat melakat dengan teknik berpakaian yang tertutup. Hal ini dapat dilihat dalam kehidupan sehari-hari, dimana ketika ada turis asing yang datang di Indonesia utamanya berasal dari Amerika kadangkala pakainnya tertuka, sedangkan untuk di Indonesia hal itu bagian daripada pelanggaran norma sosial.

  1. Adanya Pertunjukan Wayang

Wayang adalah seni pertunjukkan khas Indonesia dalam karakteristik kebudayaan timur. Alasannya karena pertunjukkan wayang umumnya diiringi musik gamelan dan suara merdu seorang pesinden. Kisah yang diceritakan dalam lakon pewayangan biasanya berkisar tentang kisah para punakawan seperti Petruk, Semar, Bagong, dan Gareng.

Atas alasan itulah seni wayang merupakan kesenian yang berasal dari Tanah Jawa dan pada tahun 2003 mendapat pengakuan dari UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia.

Itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada semua pembaca berkenaan dengan berbagai contoh kebudayaan timur yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberi wawasan bagi semua pembaca yang sedang membutuhkannya.

Rating: 5.0/5. From 1 vote.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *