Pengertian Budaya Barat, Ciri, dan Contohnya

Diposting pada

Budaya Barat Adalah

Kebudayaan adalah salah satu yang bentuk tindakan sosial tidak bisa terlepas dari kehidupan sehari-hari. Kebudayaan selalu ada di lingkungan masyarakat. Bahkan terdapat budaya yang baik dan yang buruk, ada pula budaya berdasarkan kelompok tertentu atau bahkan budaya pada negara bagian tertentu.

Secara jenisnya sendiri kita sering dengar tentang budaya barat dan timur. Dua unsur kebudayaan tersebut terdapat perbedaan yang sangat terlihat. Oleh karena demikianlah artikel ini membahas budaya barat secara lengkap.

Budaya Barat

Budaya adalah suatu cara yang terus berkembang dan diakui oleh masyarakat yang akan diwariskan dari generasi ke generasi, masyarakat akan selalu melakukannya. Sebuah budaya terbentuk dari banyak hal mulai dari sistem agama hingga hal hal yang berkaitan dengan hal-hal yang mendasar dalam sebuah kehidupan.

Budaya barat banyak dikaitkan dengan budaya yang ada di Eropa. Padahal tidak semua budaya di eropa seperti budaya barat yang kita kenal. Budaya barat memiliki artian yang luas yang menyangkut beberapa aspek. Aspek yang dapat dinilai untuk mengkategorikan budaya barat ialah norma sosial, nilai etika, adat istiadat, sistem politik, teknologi yang digunakan, agama yang dianut, dan lain-lain.

Pengertian Budaya Barat

Budaya barat adalah budaya yang banyak berasal dari negara yang ada di benua Eropa dan Amerika. Budaya yan dimaksud dapat dilihat dari beberapa aspek yaitu gaya hidup, trend, sopan santun, pendidikan, tingkat percaya diri, ketertiban, kedisiplinan, kegiatan perayaan, kedudukan dalam keluarga, dan lain-lain.

Budaya ini sering identik dengan kebebasan dalam proses pergaulan. Nilai-nilai yang dianut dalam kehidupan sehari-hari juga berbeda dengan budaya timur. Banyak hal yang kurang bisa diterima di daerah timur.

Mereka yang terbiasa hidup dengan budaya barat maka akan cenderung tidak peduli dengan lingkungan sosial sekitar. Mereka akan mementingkan diri sendiri dari pada orang lain. Kepentingan pribadi merupakan prioritas utama dalam segala hal.

Globalisasi memiliki dampak yang cukup besar untuk persebaran kebudayaan ini banyak pihak yang menyebarkan budaya dengan cara yang tidak disadari. Misalnya dalam hal ini dengan menciptakan gaya rambut masa kini, model pakaian, pandangan hidup, dan lain-lain yang dapat diterima oleh logika.

Pengertian Budaya Barat Menurut Para Ahli

Berikut merupakan beberapa definisi tentang budaya barat menurut para ahli,

  1. Menurut KBBI, Budaya barat adalah segala hal yang berkaitan dengan cara hidup, cara berpikir, dan pandangan hidup masyarakat di bumi bagian barat atau belahan dunia bagian barat (Eropa dan Amerika). Berdasarkan hal-hal yang telah disebutkan menjadi sebuah kebiasaan yang dilakukan di masyarakat.
  2. Tylor, Pengertian kebudayaan barat merupakan segala hal yang menyeluruh dan kompleks, yang di dalamnya terkandung pengetahuan, kesenian, hukum, moral, adat istiadat, kepercayaan, dan kemampuan-kemampuan lain. Berdasarkan apa yang dimiliki suatu daerah akan digunakan oleh seluruh arti masyarakat.

Ciri Budaya Barat

Berikut merupakan karakteristik yang ada dalam kebudaya barat, antara lain;

  1. Menjunjung hak asasi manusia

Budaya barat akan mengedepankan hak individu dari pada kepentingan umum. Keinginan individu dalam menentukan hidupnya merupakan hal yang sangat utama, tidak ada yang bisa menentukan kehidupan seseorang. Seseorang akan menentukan jalannya sendiri.

  1. Setiap orang memiliki kebebasan

Kebebasan yang dimaksud ialah memilih jalan hidupnya. Aktivitas yang dilakukan juga tidak dipedulikan orang lain. Segala kegiatan yang tidak merugikan orang lain tidak aka diperhatikan oleh orang disekitar. Masyarakat cenderung tidak peduli dengan urusan orang lain.

  1. Menekankan pada logika

Apabila terjadi contoh permasalahan sosial tidak akan menyelesaikan dengan perasaan melainkan dengan logika. Begitu pula ketika menyikapi sebuah keadaan maka akan lebih menekankan pada logika. Segala hal akan dipertimbangakan dengan logika sehingga tidak ada sesuatu yang tidak masuk akal dan terasa aneh.

  1. Aktif dan analitis

Masyarakat cenderung lebih teliti dan aktif dalam menjalankan segala kehidupan sehari-hari. Mereka akan mengamati segala hal dan mampu menanggapi secara aktif dan dengan analisis yang jelas. Ketika ingin melakukan sesuatu maka akan memikirkannya dengan analisis yang paling tepat.

  1. Kepercayaan tidak berkaitan dengan kehidupan sehari-hari

Mereka yang menganut budaya barat agama bukan sebuah pedoman hidup melainkan kepercayaan. Terdapat anggapan bahwa antara kepercayaan dan pedoman hidup sesuatu yang berbeda dan tidak bisa disatukan.

Ketika ingin melakukan kegiatan sehari-hari maka akan menggunakan logika yang rasional dan dapat diterima oleh banyak kalangan. Kepercayaan hanya kepentingan individu yang tidak perlu ditunjukkan kepada orang lain. Bahkan kadang melanggar perintah agama demi rasionalitas tertentu.

  1. Menciptakan Trand Fashion

Negara barat banyak menjadi sorotan untuk menentukan trand fashion dalam kurun waktu tertentu. Baik gaya rambut, pakaian, tas, sepatu, dan lain-lain. Kemampuan negara barat menghasilkan produk yang berkualitas sehingga banyak trand fashion yang dikagumi oleh masyarakat.

  1. Berpikir objektif

Segala tindakan akan lebih objektif dan tidak memihak. Karena tidak memiliki rasa saling peduli maka ketika terdapat permasalahan akan lebih objektif dan tidak memihak pihak manapun. Hal ini akan membuat sebuah keputusan yang paling tepat.

Contoh Budaya Barat

Terdapat beberapa contoh yang mungkin dilakukan oleh masyarakat yang menerapkan budaya barat antara lain,

  1. Gaya berpakaian

Masyarakat yang mengaut budaya barat cenderung lebih suka menggunakan pakaian yang terbuka atau mengeskpos bagian tertentu dari tubuh. Misal lebih suka menggunakan pakaian yang minim dan serba ketat sebagai bentuk ekspresi diri.

Gaya berpakaian ini sudah lazim digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Mereka merasa nyaman dengan menggunakan pakaian seperti itu dan merasa lebih simpel. Ketika datang ke acara pesta maka akan memilih menggunakan pakaian yang glamor baik laki-laki atau perempuan.

  1. Gaya hidup

Suka melakukan kegiatan yang berfoya-foya. Memang budaya kerja mereka cepat dan banyak tuntutan tidak bisa santai-santai atau pelan-pelan dalam melakukan segala hal. Ketika akhir pekan mereka akan bersenang-senang untuk melepaskan kepenatan dengan cara yang berbau kebebasan.

Kegiatan yang dilakukan belanja ke mall, jalan-jalan, menghabiskan malam di diskoti, atau tempat hiburan lainnya. Mereka juga biasa mengkonsumsi alkohol dan zat adiktif lainnya apabila mereka merasa membutuhkan. Meminum alkohol merupakan hal yang biasa dan rata-rata masyarakat melakukan hal tersebut.

  1. Banyak masyarakat yang menganut paham tertentu

Paham yang dimaksud bukan berkaitan dengan contoh norma agama atau kepercayaan melainkan gaya hidup seseorang. Paham yang biasa dianut oleh masyarakat yang menerapkan budaya barat adalah aliran kapitalis, hedonisme, dan sekularisme.

Kapitalis adalah pilihan bagi mereka yang memiliki keinginan untuk mendapatkan kekayaan dalam jumlah yang berlimpah, sehingga segala hal yang dilakukan untuk uang.

Hedonisme adalah mereka yang memiliki gaya hidup dengan kemewahan dan menghambur-hamburkan uang untuk kegiatan yang kurang bermanfaat, hanya untuk kepuasan sesaat. Paham sekularisme adalah memisahkana antara kepercayaan atau agama dengan pemerintahan suatu negera.

  1. Makanan

Masyarakat tidak membiasakan diri untuk membuat makanan sendiri, lebih sering mengkonsumsi makanan yang cepat saji.

Makanan cepat saji merupakan hal yang biasa dinikmati dan dianggap lebih praktis. Budaya kerja yang cepat membuat masyakat cenderung menginginkan sesuatu yang instan. Ketika terdapat alternatif yang lebih cepat maka akan memilih cara yang cepat tersebut.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa budaya barat ini pada hakekatnya sudah lama ada dan banyak orang yang menyukai karena merasa memiliki kebebasan dalam menentukan langkah hidupnya. Kebudayaan barat kini telah meluas hingga daerah timur, bahkan Indonesia sudah mulai terbawa seni budaya ini.

Budaya barat memang memiliki cakupan yang luas dan dikenalkan ke daerah timur. Budaya ini dapat menyebar keseluruh daerah dibagian barat juga karena adanya kolonial dari daerah Eropa. Berdasarkan peristiwa tersebut budaya barat dikenal di daerah yang pernah disinggahi oleh mereka.

Budaya barat pada dasarnya merupakan sebuah budaya yang klasik dan berkaitan dengan Yunani-Romawi dibeberapa bidang. Cara berpikir, kepercayaan yang dianut, musik, gaya berpakaian, etika, tradisi, cerita rakyat, dan lain-lain.

Bidang yang ada dalam kebudayaan barat saat ini telah berkembang dengan seiring perkembangan zaman. Apalagi dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat kadang orang tidak dapat menduga apa yang akan terjadi. Semua peristiwa akan terjadi begitu cepat kadang orang-orang dipaksa untuk mengikuti perkembangan tersebut.

Budaya barat sudah berkembang mulai dari yang dulu hingga sekarang, sudah banyak pengaruh dari budaya lain. Di masa saat ini akan terbentuk budaya yang di pengaruhi oleh perkembangan dalam bidang apapun yang bersifat menglobal.

Nah, itulah saja artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan pengertian budaya barat menurut para ahli, ciri, dan contohnya yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bisa memberi edukasi bagi kalian yang membutuhkannya.

Kesimpulan
  • Suparno. Budaya Barat VS Budaya Timur. Blog UNNES. Di akses melalui http://.blog.unnes.ac.id/suparno/2015/11/12/budaya-timur-vs-budaya-barat/
  • https://kbbi.web.id/budaya
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Budaya_Barat
No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *