Pengertian Budaya Timur, Ciri, dan Contohnya

Diposting pada

Budaya Timur Adalah

Berbagi unsur budaya pada hakekatnya memiliki keunikan tersendiri setiap daerahnya, dengan segala siri khas daerah masing-masing yang menggambarkan keadaan suatu daerah. Budaya barat dan timur memang memiliki perbedaan yang sangat terlihat.

Terutama ketika kita melihat cara berpikir dan gaya hidup orang timur dan barat yang kesemuanya dalam bentuk tindakan sosial tidak bisa disamakan.

Budaya Timur

Budaya adalah sesuatu yang memiliki makna dan fungsi tersendiri. Kita dapat mengartikan bahwa budaya merupakan sesuatu yang berkembang di masyarakat, dimana hal tersebut dimiliki oleh setia ciri kelompok sosial yang telah diwariskan dari generasi ke generasi.

Budaya merupakan salah satu ciri khas suatu daerah. Setiap daerah memiliki kebudayaan yang sama. Tetapi ketika dibagi menjadi dua bagian yaitu belahan bumi timur dan barat memiliki kebudayaan yang sangat berbeda dari berbagai aspek.

Kebudayaan barat cenderung mengedepankan gaya hidup yang bebas dan mengedepankan kepentingan pribadi. Segala hal yang berkaitan dengan pribadi seseorang akan menjadi prioritas utama.

Pengertian Budaya Timur

Budaya timur adalah budaya yang berkembang di daerah Asia seperti negara-negara di Asia tenggara salah satunya adalah Indonesia. Budaya timur lebih condong pada wujud budaya yang mengutamakan norma kesopanan dengan aturan tertentu.

Budaya timur tekenal dengan ramah tamah dan melakukan sesuatu dengan lebih santai. Sebagian besar masyarakat tidak memiliki ambisi yang sangat besar untuk memperoleh sesuatu khusunya kekayaan. Hal ini membuat masyarakat lebih santai dan menikmati apa yang dilakukan.

Kebudayaan timur pada dasarnya di pengaruhi oleh agama Hindu dan Budha. Dua agama ini mendominasi segala hal yang berkaitan dengan kebudayaa. Agama ini telah mendarah daging di masyarakat sehingga tidak mungkin di hilangkan. Hanya saja kadang terdapat akulturasi budaya atau asimilasi budaya.

Pengertian Budaya Timur Menurut Para Ahli

Kebudayaan memang memiliki sudat pandang yang banyak dengan segala definisi pada masing-masing bagian. Berikut merupakan beberapa pendapat tentang budaya timur,

  1. Soelaeman

Budaya timur adalah seni kebudayaan yang banyak bersumber dari agama yang dominan di dunia timur. Budaya timur lebih mengedepankan intuisi dari pada akalanya. Dalam menjalani kehidupan masyarakat akan menghayati segala hal yang ada di dalamnya dan menikmati segala eksistensi yang ada. Tidak memiliki ambisi untuk menguasai dunia.

  1. Kamus Besar Bahasa Indonesia

Kebudayaan timur adalah segala sesuatau yang berkaitan dengan kegiatan dan penciptaan akal manusia yang menyangkut banyak hal antara lain, cara hidup, cara berpikir, pandangan akan keberlangsungan hidup untuk kawasan belaham bumi bagian timur atau benua Asia.

Ciri Budaya Timur

Berikut merupakan karakteristik yang ada dalam budaya timur di lingkungan sosial yang kita temukan. Antara lain;

  1. Sederhana

Budaya timur terkenal dengan kesederhanaan yang dimiliki masyarakatnya. Kesederhanaan tersebut dapat dilihat dari banyak hal dari kegiatan masyarakat. Hal ini berkaitan dengan gaya hidup, gaya berpakaian, dan lain-lain.

Apabila kita lihat saat ini mungkin sudah agak berbeda. Saat ini sudah banyak pengaruh dari kebudayaan lain. Banyak masayarakat yang mulai mengikuti trand kedubayaan barat. Hal ini akan sedikt merubah kebiasaan yang sudah ada.

  1. Mengendalikan diri

Berusaha mengendalikan diri sendiri, hal ini dilakukan agar tidak membuat orang lain merasa terganggu dengan hal-hal yang dilakukan. Pengendalian diri juga sangat berkaitan dengan banyak hal yang ada di kehidupan sehari-hari.

  1. Taat pada norma yang ada

Norma sosial yang ada di masyarakat akan ditaati dan dilaksanakan. Pelanggaran terhadap norma yang ada akan mendapatkan sanksi sosial yang membuat seseorang kadang merasa tertekan. Hal ini banyak terjadi di lingkungan kita, bahwa norma merupakan hal yang sangat penting dan dijunjung tinggi.

  1. Memegang teguh agama

Agama sebagai pedoman hidup masyarakat. Hal ini sudah menjadi kebiasaan masyarakat untuk tetap berpedoman pada agama yang dianut. Keiginan yang kuat ini akan tercermin dalam sikap masyarakat yang mengedepankan kepentingan agama.

  1. Cenderung menghindar dari masalah

Ketika terdapat permasalahan tidak diselesaikan dengan cara yang keras, melainkan mencari cara lain yang dapat memberikan kebaikan untuk kedua belah pihak. Kita sebagai orang awam akan berpikir bahwa cara tersebut terkesan menghindari permasalahan dan berbelit-belit.

Penyelesaian masalah dengan cara ini juga membutuhkan waktu yang lebih lama. Banyak hal yang membuat permasalahan akan terasa lebih rumit. Berbeda dengan budaya barat, masyarakatya akan lebih tegas dan memilih jalan yang lebih cepat walaupun membuat orang lain terluka atau kecewa.

  1. Hidup dalam kebersamaan

Masyarakat dalam menjalani kehidupan sehari-hari tidak untuk kepentingan pribadi melainkan hidup saling bergandengan dengan lingkungan. Banyak hal yang dapat dilakukan bersama-sama, sehingga masyarakat terlihat lebih rukun.

Definisi kerukunan tersebut membuat masyarakat merasa nyaman dan tidak kesepian dalam melakukan suatu kegiatan. Banyak kegiatan yang mengutamakan kebersamaan, terutama di lingkungan pedesaan. Masyarakat juga menyukai hal-hal yang ditunjukkan untuk kepentingan bersama.

  1. Hidup berdasarkan kepercayaan

Segala hal yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan tuntunan agama. Baik kegiatan sosial, budaya, dan kehidupan sehari-hari selalu menyesuaikan dengan aturan agama yang dianut.

Masyarakat akan lebih mengutamakan segala hal yang berkaitan dengan agama. Semua tindakan berdasarkan agama. Masyarakat memiliki anggapan agama merupakan hal yang paling benar dan harus dilakukan sebagai kewajiban.

  1. Mengedepankan perasaan

Ketika melakukan tindakan apapun tidak hanya menggunakan logika tetapi juga rasa. Rasa yang dimaksud dapat berupa empati, simpati, dan lain-lain. Semua rasa itu hanya timbul di lingkungan masyarakat yang menganut budaya timur.

Orang yang menganut budaya baray akan cenderung cuek, kecuali kepada orang yang dikenal. Ketika terjadi sesuatu pada lingkungan sekitar kadang tidak merasa peduli. Tingkat kepeduliannya sangat rendah.

  1. Mengedepankan kebersamaan

Kebersamaan merupakan hal yang pokok. Memiliki rasa kesatuan dan persatuan yang kuat untuk menjalankan hidup. Rasa kesatuan dan persatuan yang selalu di pupuk sehingga akan selalu terjaga.

Kebersamaan yang dirasakan setiap individu diharapkan dapat membuat seseorang nyaman. Selalu mementingkan kepentingan bersama daripada kepentingan pribadi di saat situasi dan kondisi tertentu. Hal ini membuat masyarakat timur terlihat lebih kompak.

Contoh Budaya Timur

Berikut merupakan beberapa contoh budaya timur yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Antara lain;

  1. Kesopanan

Terdapat norma kesopanan yang mengatur anggota masyarakat dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Norma kesopanan akan terus ada dalam diri seseorang ketika menganut budaya timur.

Contoh norma kesopanan menyangkut banyak hal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Norma kesopanan ini menyangkut banyak hal yang berkaitan dengan cara berbicara, bersikap, berpakaian, makan, dan aturan-aturan lainnya yang ada di masyarakat.

  1. Gotong royong

Masyarakat yang menyukai hidup bersama-sama membuat rasa saling tolong menolong dalam bentuk gotong royong masih banyak di belahan dunia bagian timur. Hal ini yang tentusaja membuat rasa persaudaraan masih terasa.

Memang saat ini tidak semua masyarakat masih menerapkan ini karena sudah terpengaruh oleh budaya barat. Masyarakat yang masih menerapkan ini biasanya mereka yang berada di desa atau di perumahan yang biasa.

  1. Cara berpakaian

Masyarakat di daerah belahan bumi timur cenderung menggunakan pakaian yang lebih tertutup dibanding masyarakat barat. Hal yang paling terlihat ialah pakaian tidak terlalu terbuka dan banyak yang memilih menggunakan pakaian adat.

Zaman sekarang memang sudah terdapat bergeseran sudah banyak masyarakat yang meniru cara berpakaian orang barat. Hal ini termasuk dampak dari globalisasi yang ada diseluruh dunia. Kita tahu bangsa barat merupakan penguasa pasar.

  1. Ramah tamah

Masyarakat yang terkenal dengan ramah tamah dengan segala kenyamanan yang diberikan kepada orang sekitar. Rasa ramah tamah ini pasti akan dirasakan oleh orang luar negeri yang baru datang ke daerah timur. Hal ini juga disebabkan budaya yang ada di timur harus menghormati orang lain. Mereka akan bertegur sapa setiap bertemu seseorang dimanapun. Berusaha berbuat baik kepada sesama manusia.

Kesimpulan

Dari beberapa contoh budaya timur ini dapat memberikan gambaran tentang budaya timur itu sendiri. Semoga dapat menambah pemahaman tentang budaya kita dan tetap menjaganya walaupun sudah ada globalisasi, kita harus tetap menjaga eksistensi budaya kita.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan pengertian budaya timur menurut para ahli, ciri, dan contohnya yang mudah ditemukan di Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberi edukasi.

Daftar Sumber Tulisan
  • Soelaeman, M, M. 1987. Ilmu Budaya Dasar Suatu Pengantar. Bandung: PT. Refika Aditama.
Rating: 5.0/5. From 1 vote.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *