Syarat Terbentuknya Kelompok Sosial di Masyarakat dan Contohnya

Diposting pada

Syarat Kelompok Sosial di Indonesia

Kelompok sosial memiliki peranan yang sangat penting dalam proses pergaulan antar masyarakat dan inividu ataupun sebaliknya. Dalam kondisi inipula membuktikan bahwa setiap manusia tidak bisa hidup sendiri, memerlukan orang lain untuk bersosialisasi ataupun melakukan interaksi sosial. Dalam peranannya ada berbagai syarat dalam pembentukan kelompok sosial.

Kelompok Sosial

Kelompok sosial yang terbentuk dalam masyarakat ada yang diselenggarakan secara naluriah akan tetapi adapula yang dilakukan degan cara sengaja. Apabila dilakukan secara sengaja peranan lembaga sosial sangat penting dalam memantau tujuan, harapan, dan implementasi dari keinginan setiap kelompok tersebut.

Pengertian Kelompok sosial

Pengertian kelompok sosial adalah kesatuan individu dalam masyarakat yang melakukan hubunga dan interkasi, hingga akhirnya atas fenomena tersebut menimbulkan presefektif saling tolong menolong, yang berimplementasi pada ketergantungan. Selengkapnya, baca; Pengertian Dinamika Kelompok Sosial, Faktor, dan Aspeknya

Hal ini sesuai dengan ungkapan teori sosilogi dan tokohnya dari Indonesia, yaitu Soerjono Soekamto, yang mengemukakan akan peranan kelompok sosial dalam kehidupan masyarakat, salah satunya untuk berbangsa dan bernegara ialah terciptanya integrasi sosial.

Syarat Terbentuknya Kelompok Sosial

Adapun prasyarat utama atas terbentuk kelompok sosial dalam kehidupan masyarakat, antara lain adalah sebagai berikut;

Kesadaran

Tahapan awal sebagai syarat terbentuknya kelompok sosal dalam masyarakat ialah adanya kesadaran setiap individu untuk menjadi bagian dari kelompok yang bersangkutan, hal inilah menjadi ciri khas bahwa manusia tidak bisa hidup sendiri.

Hubungan Sosial

Syarat selanjutnya dalam terbentuknya kelompok sosial adalah terdapatnya hubungan timbal balik yang dilakukan seseorang kepada orang lain. Proses ini bisa dijalankan apabila syarat interaksi sosial telah terpenuhi, dalam upaya terciptanya hubungan yang harmonis.

Persamaan

Syarat selanjutnya dalam pembentukan kelompok sosial ialah adanya faktor pengikat yang dilakukan seseorang kepada orang lain, sehingga membentuk ketrkaiatan yang sama. Faktor ini misalnya saja adanya kesamaan ideologi, budaya, suku, sejarah, kepentingan, dan bisa juga atas kesamaan nasib.

Memiliki Lembaga

Tahapan selanjutnya dalam proses terbentuknya kelompok sosial dalam masyarakat ialah memiliki struktur sosial yang dilembagakan secara legal serta tidak bertengan dengan hukum yang ada. Setelah terbentuk maka kaidah dan pola perilaku haruslah disamakan satu dengan lainnya.

Tersistem

Syarat dalam pembentukan kelompok sosial dalam masyarakat selanjutnya ialah bersistem yang mengindikasikan akan keselarasan dengan tujuan dan harapan setiap anggota. Sistem ini begitu sangat penting mengingat setiap perubahan sosial senantiasanya bisa diatasi dengan sistem. Selengkapnya, baca; Pengertian Struktur Sosial, Bentuk, Fungsi, dan Prosesnya

Proses

Langkah selanjutnya yang menjadi syarat terbentuknya kelompok sosial ialah berproses, akan setiap manusia satu dengan lainnya. Proses ini memerlukan kurun waktu yang tidak dapat ditakdirkan, hal ini lantaran tergantung pada komitemen setiap anggotanya.

Dari serangkaian penjelasan tentang syarat terbentuknya kelompok sosial di masyarakat tersebut dapatlah dikatakan bahwa terbentuknya insitusi yang sah memerlukan jalan waktu yang panjang, demi mencapai tujuannya yang utamanya adalah nilai koitmen bersama dan kejujuran antar anggotanya.

Contoh Kelompok Sosial di Masyarakat

Adapun beragam contoh tentang kelompok sosial dalam masyarakat, antara lain adalah sebagai berikut;

Keluarga

Contoh yang berkenaan dengan kelompok sosial paling kecil dan inti dalam setiap orang adalah keluarga. Fungsi keluarga ini selain memberikan pendidikan juga pengajaran serta menanamkan nilai-nilai perjuangan kepada setiap anggotanya. Apabila fungsi keluarga ini tidak dijalankan dengan baik atau maksimal maka bukan mustahil keghancuran kelaurga akan senantiasa terjadi, kehancuran ini dalam makna sosiologi dikenal dengan disorganisasi keluarga.

Pemerintahan

Contoh mengenai kelompok sosial dalam masyarakat selanjutnya adalah Partai Politik, hal ini dilakukan dengan alasan Partai merupakan bagian darpada lembaga politik dalam masyarakat, yang berfungsi memberikan pendidikan kepada kadernya agar nantinya mampu mengemban amanah dari rakyat. Atas dasar itulah partai politik di dirikan.

Contohnya saja tentang kelompok sosial Partai Politik ini ialah PKB (Partai Kebangkitan Bangsa) yang dinilai menajdi wadah bagi Organisasi atau Warga Nahdiliyin (NU), mekiskupun di luar NU juga bisa memasukinya, artinya dalam proses ini terjadi keterpaduan antara organsisi keagamaan untuk memperjuangkan di bidang pemerintahan. Selengkapnya, baca; Pengertian Politik Identitas dan Contohnya

Demikianlah penjelasan tentang syarat terbentuknya kelompok sosial di Masyarakat dan contohnya. Semoga melalui tulisan ini bisa memberikan wawasan dan meningkatkan pengetahuan bagi segenap pembaca yang mendalami tentang kelompok sosial. Trimakasih,

Berikan Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *