Dampak Positif Sikap Etnosentrisme di Masyarakat

Diposting pada
Rate this post

Dampak Positif Etnosentrisme

Unsur budaya yang telah melekat dalam diri masyarakat akan menjadi sebuah ciri khas daerah tertentu. Ciri khas ini diperoleh dari segala kebiasaan yang ada di lingkungan sosial sekitar. Seseorang yang telah menghayati budayanya maka akan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Penerapan ini dalam objek kajian sosiologi, khususnya kebudayaan dan peradaban dikenal dengan etnosentrisme. Dimana etnosentrisme memiliki dampak positif dan negatif, yang akhirnya dapat memicu berbagai contoh permasalahan sosial. Apabila seseorang berada di lingkungan yang mayoritas memiliki kebudayaan yang berbeda dan budaya yang biasa dilakukan bertentangan dengan budaya yang ada, maka jelas akan terjadi konflik sosial.

Etnosentrisme

Definisi etnosentrisme terlahir dari adanya sikap manusia yang kadang kurang mampu memposisikan diri  dengan cara yang tepat. Rasa bangga terhadap budaya merupakan keharusan bagi individu, namun bukan berarti sifat kebudayaan lain itu buruk.

Ketika memiliki anggapan bahwa budaya yang dimiliki merupakan budaya yang terbaik maka orang ini termasuk etnosentrisme.

Dampak Positif Etnosentrisme

Segala jenis fanatik seperti halnya etnosentrisme yang akan memberikan dampak di lingkungan masyarakat. Dampak positif sikap etnosentrisme ini, antara lain;

  1. Meningkatkan kesetiaan terhadap kelompok

Memiliki rasa bangga kepada budaya sendiri tentu akan membuat seseorang akan membawa nama baik kelompok yang diikutinya di lingkungan masyarakat. Rasa bangga yang berlebih tentu tidak akan membuat seseorang berpaling dari apa yang ada dan sudah diterapkannya dalam kehidupan. Kesetiaan ini akan membuat masyarakat saling menjaga satu sama lain.

Contohnya

Misalnya saja perwujutan kestian pada bentuk kelompok sosial ini, terdapatnya persatuan dan kesatuan dalam wadah organisasi sosial di masyarakat Indonesia yang bekerja di Luar Negari, dikenal dengan TKI (Tenaga Kerja Indonesia).

Masyarakat Indonesia yang notabene berada di luar negari tersebut merasa untuk sepenangungan dalam menyuarakan keadilan, jika dalam anggota TKI ada yang mengalami permasalahan.

  1. Perlindungan terhadap perubahan

Orang yang bangga terhadap budayanya cenderung memiliki sikap fanatik. Ketika seseorang fanatik terhadap suatu hal maka tidak akan mudah menerima sebuah perubahan yang ada disekitar kita, apalagi yang berkaitan dengan budaya yang sudah menjadi kebiasaan sehari-hari.

  1. Meningkatkan semangat juang

Semangat untuk mempertahankan akan yang menjadi ciri khas suatu daerah merupakan hal yang baik. Semangat juang seseorang yang fanatik terhadap budaya akan meningkatkan kepeduliaan terhadap budaya. Bentuk kepedulian sangat beragam mulai yang terlihat hingga yang tidak terlihat.

Kepeduliaan yang dapat dilihat secara nyata dengan mendirikan sanggar budaya dan tetap melaksanakan segala kebiasaan yang ada di lingkungannya.

  1. Memelihara keutuhan budaya

Keinginan untuk terus menjaga dan melestarikan budaya akan membuat budaya tersebut terjaga eksistensinya. Eksistensi budaya merupakan sesuatu yang sangat penting dan menentukan keuntuhan suatu budaya. Keutuhan budaya akan terjaga jika etnosentrisme ini ditempatkan ditempat yang tepat. Khususnya di lingkungan budaya tersebut berasal.

  1. Memelihara stabilitas kebudayaan

Rasa memiliki budaya akan membuat budaya tidak akan hilang dari lingkungan. Kepedulian akan budaya juga akan membuat stabilitas budaya dan akan terus terjaga. Selain memiliki rasa bangga terhadap budaya juga harus melakukan tindakan untuk menhaga stabilitas budaya.

  1. Meningkatkan rasa cinta tanah air

Kecintaan kepada budaya akan terus dibawa kemanapun seseorang berada. Ketika bertemu dengan orang lain secara tidak langsung akan memeprkenalkan budaya lain. Ketika berbicara dengan orang lain pasti akan menanyakan darimana orang tersebut berasal.

Ketika hal tersebut mendapatkan penghargaan dari orang lain maka akan semakin meningkatkan cinta tanah air dan budaya tersebut.

Demikinalah artikel yang bisa kami kemukakan pada semua kalangan. Berkenaan dengan dampak positif munculnya sikap etnosentrisme yang ada di masyarakat beserta dengan contohnya. Semoga memberikan wawasan bagi kalian yang membutuhkannya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *