Syarat Interaksi Sosial dalam Masyarakat Lengkap

Diposting pada

Syarat Interaksi Sosial

Interaksi sosial dalam masyarakat pada dasarnya merupakan bagian naluriah setiap insan untuk bergaul. Dimana dalam proses pergaulannya tersebut terdapat hubungan saling memengaruhi sehingga cenderung menimbulkan sikap saling membutuhkan satu sama lainnya.

Arti sikap saling membutuhkan inilah kemudian dikenal dengan interaksi sosial, dimana dalam proses sosial dan interaksi sosial sering terjadi pertukaran ide dan gagasan maupun pengalaman. Proses interaksi terjadi karena adanay keinginan dan kebutuhan untuk berkomunikasi dan berbaur dengan masyarakat lain dalam lingkungan sosial bermasyarakat.

Interaksi Sosial

Syarat Interaksi Sosial dalam Masyarakat
Interaksi Sosial

Pengertian interaksi sosial adalah bentuk perilaku individu atau kelompok untuk mencapai tujuannya sebagai makhluk sosial. Tujuan yang dilakukan haruslah sesuai dengan tindakan sosial yang berasal dari setiap kegiatan manusia dalam kehidupan sehari-harinya.

Untuk melakukan bentuk tindakan sosial tentusaja setiap manusia haruslah membutuhkan interakasi sosial, oleh karena itulah syarat paling utama dalam proses interaksi sosial dalam masyarakat ini harus memenuhi 2 unsur, antara lain adalah sebagai berikut;

Syarat Interaksi Sosial

Beragam syarat yang diperlukan dalam interaksi sosial;

  1. Kontak Sosial

Kontak sosial dalam masyarakat adalah wujud daripada raksi-reaksi manusia yang meliputi kontak primer ataupun kontak skunder. Kontak primer dalam haruslah dilakukan melalui berhadapan langsung (face to face) dan kontak sekunder sendiri sebagai proses kontak sosial yang dilakukan melalui perantara.

Contoh Kotak Sosial dalam Proses Interaksi Sosial

Yaitu;

  1. Kontak Sosial Primer, contoh kontak sosial primer adalah kegiatan manusia di saat berkumpul bersama-sama masyarakat, seperti melakukan kegiatan safari politik, berkumpul dengan keluarga dalam rangka pernikahan, ataupun disaat seseorang berbelanja di pasar.
  2. Kontak Sosial Primer, contoh kontak sosial primer dalam bentuk interaksi sosial masyarakat misalnya saja dengan berkembangkan teknologi masyarakat berhubungan satu sama lainnya melalui telepon, menitipakan pesan pada orang lain, surat kabar, ataupun disaat seseorang melakukan tindakan stalking facebook, intagram, ataupun menggunakan media sosial lainnya. Hubungan yang tidak langsung bertemu ini juga menjadi salah satu contoh interaksi sosial, alam cangkupan kontak sosial sekunder.
  1. Komunikasi Sosial

Komunikasi sosial dalam masyarakat menjadi salah satu syarat utama dalam interaksi sosial, syarat ini seringkali dikaitkan dengan bentuk langsung ataupun tidak langsung. Oleh kareannya secara luas objek kajian sosiologi memberikan kajian terhadap syarat komunikasi sosial di dalam sosiologi komunikasi.

Contoh Komunikasi Sosial dalam Proses Interaksi Sosial

Contoh kasus yang dapat digolongkan menjadi interaksi sosial , dalam komunkasi sosial ini misalnya sebegi berikut;

  1. Komunkasi Sosial Langsung, adalah bentuk komunkasi sosial yang dilakukan dengan atau tanpa perantara. Baik perantara media sosial ataupun perantara seseorang, contohnya dalam fenomena sosial masyarakat yang seringterjadi pada saat ini, yakni adanya ajakan untuk memilih Calon Presiden Indonesia, ajakar dari rumah yang dilakukan secara dor to dor (dari pintu ke pintu) adalah sarana polik yang efeksif.
  2. Komunikasi Sosial Tidak Langsung, adalah komunikasi sosial yang dilakukan melalui media komunikasi. Tidak selamanya kontak diikuti oleh komunikasi. Contohnya ketika akan bicara maka seseorang akan bertemu dengan lawan bicaranya. Berarti untuk berkomunikasi, seseorang harus melakukan kontak terlebih dulu.

Contoh Interaksi Sosial di Masyarakat

Beberapa contoh interaksi sosial di masyarakat antara lain:

  1. Masyarakat

Interaksi sosial merupakan interksi yang terajalin dengan tujuan untuk berbaur dan menjalin hubungan kekeluargaan dengan orang lain. Interaksi dalam lingkungan masyarakat dapat terjadi kapanpun. Tidak ada tujuan khusus dalamproses interaksi dalam arti masyarakat. Interaksi yang terjalin pun bersifat berulang, tidak sementara.

Proses interaksi dalam lingkungan masyarakat terjadi tanpa mengenal perbedaan. Mereka membaur menjadi satu tanpa mengenal perbedaan. Interaksi  antar masyarakat masih kental terjalin di wilayah pedesaan. Berbeda dengan masyarakat desa, proses interaksi pada masyarakat desa cenderung sedikit. Interaksi yang terjalin berorientasi pada kepentingan.

  1. Toleransi

Salah satu bentuk interaksi yang berdampak positif adalah toleransi. Definisi toleransi dalam kaitannya dengan interaksi adalah interaksi antar agama pada hari perayaan masing-masing agama. Senagai contoh, umat islam ikut membantu menjaga keamanan dan ketertiban prsesi ibadah umat Kristen ketika sedangmelaksanakan peribadatan pada hari besar, begitupun sebaliknya. Tidak hanya umat islam dan umat kristen, hal tersebut juga terjadi pada umat-umat beragama lainnya.

Interaksi seperti ini memberikan dampak positf pada kehidupan bermasyarakat. Bentuk toleransi juga menjadi wujud kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia yang terkenal dengan keragamannya.

  1. Gotong Royong

Salah satu contoh interaksi sosial yang sering terjadi adalah gotong royong. Gorong royong merupakan proses interaksi dimana anggota masyarakat memiliki tujuan yang sama yaitu menciptakan lingkungan yang bersih dan damai.

Interaksi ini dpaat terjalin karena masing-masing warganya memiliki kesadaran untuk menjaga kebersihan dan kerapian lingkungan bersama.  

  1. Persaingan

Persaingan juga menjadi salah satu contoh interaksi yang sering terjadi. Proses interaksi dalam hal persaingan dapat terjadi dalam konteks positif dan konteks negatif. Persaingan bersifat positif memeberikan dampak positif untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan diri. Contoh persaingan positif adalah bersaing dalam memperoleh nilai yang baik.

Persaingan negatif memberikan dampak kurang baik. Persaingan terjadi hanya untuk memenuhi gengsi dengan tujuan untuk mengalahkan orang lain dengan menghalalkan segala cara.

  1. Tawar menawar

Proses tawar menawar biasanya terjadi antara penjual dan pembeli untuk memperoleh kesepakatan harga. Dalam hal ini penjual dan pembeli melakukan interaksi dengan tujuan memperoleh kesepakatan untuk menguntungkan kedua belah pihak. Proses tawar  menawar sering kita jumpai di pasar-pasar tradisional.

Kesimpulan

Dari pejelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa interaksi merupakan proses hubungan antar individu dengan individu lainnya dalam lingkungan masyarakat. Dimana interaksi bersifat dinamis. Dapat terjadi antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, maupun kelompok yang satu dengan kelompok lainnya. Komunikasi yang terjalin dalam proses interaksi menunjukan kodrat manusia sebasgai makhluk sosial.

Yang pasti untuk kajian kontak sosial disini dapat disimpulkan bahwa interaksi sosial akan terjadi jika ada komunikan dan komunikator. Komunikan ialah orang yang memberikan informasi atau yang berbicara sedangkan komunikator ialah orang yang diajak untuk berbicara atau lawan dari pembericaraan.

Demikianlah pembahasan dan penjelasan mengenai syarat interaksi sosial dan contohnya di dalam kehidupan masyarakat. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan dan juga memberikan pengetahuan yang mendalam bagi segenap pembaca yang sedang membutuhkan referensi.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *