Jenis dan Contoh Organisasi Politik di Indonesia

Diposting pada

Contoh Organisasi Politik

Lembaga politik adalah hal yang tidak dapat terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Semua orang yang berada di negara hukum pasti terlibat dalam politik, bentuk keterlibatan bisa besifat akif atau pasif. Keberjalanan politik tidak dapat terlepas dari organisasi politik.

Sejak awal berdirinya NKRI (Negara Kesatuan Repbublik Indonesia) telah muncul berbagai organisasi politik sebagai tempat untuk melakukan kegiatan yang berkaitan dengan pemerintahan.

Organisasi Politik

Organisasi politik adalah sekelompok orang yang memiliki tujuan yang sama terkait dengan pandangan politik. Organisasi politik biasanya memunculkan gagasan-gagasan yang dapat dilakukan untuk menentukan nasib bangsa di masa yang akan datang.

Jenis organisasi politik sangat beragam mulai dari kelompok advokasi hingga kelompok teroris yang berorientasi pada politik. Organsasi tersebut memiliki tujuan tersendiri sesuai dengan kesepakatan kelompoknya. Ada pergerakan menuju hal yang positif begitu pula sebaliknya.

Macam Organisasi Politik di Indonesia

Adapaun untuk macam-macam bentuk organisasi politik yang ada di Indonesia, antara lain;

  1. PKI

Salah satu organisasi politik yang bergerak dalam masa-masa kemerdekaan Indonesia adalah PKI (Partai Komunis Indonesia), mesi bentuknya partai tapi kegiatan PKI ini dapat dikatkan pula berbentuk sosial dengan memberikan bantuan kepada masyarakat melalui beras, tanaman pangan, dan lain sebaginya. Tetapi organisasi ini telah dilarang keras untuk ada lagi di Indonesia.

Alasan yang diberikan karena PKI ingin mengganti isi Pancasila sebagai ideologi Indonesia, khususnya dengan penghapusan Sila 1 Pancasila terkait “Ketuhanan yang Maha Esa“.

  1. Agama

Contoh lainnya dalam organisasi politik yang ada di Indonesia berhubungan dengan Agama. Peran Agama dalam sebuah insitusi di negara kita memang sangat beragam oleh karena itulah kita dikenal kehidupan di dalamnya sebagai masyarakat majemuk.

  1. Sosial

Bentuk lainnya dalam organisasi politik di Indonesia ini berkenaan dengan organisasi sosial dan unsur kebudayaan. Biasanya ciri yang dimiliki gerakan sosial dalam perpolitikan ini mengangkat isu-isu seperti terjadinya konflik di masyarakat yag kemudian dilakukan pembahasan dalam dewan pemerintahan.

  1. Ekonomi

Kesenjangan sosial khususnya dalam bidang ekonomi menjadi salah satu hal yang ada di Indonesia sebagai karakteristik negara berkembag. Atas realitas sosial inilah banyak organisasi politik dalam bidang ekonomi yang mengursi terkait dengan pengangguran, kemiskinan, dan lain sebaginya.

  1. Partai Politik

Kita mengenal partai politik mungkin hanya saat kegiatan lima tahun sekali yaitu Pemilu (Pemilihan Umum). Pemahaman tentang organisasi politik ini juga sangat kurang. Partai politik yang akan kita bahas dalam contoh organisasi politik yang mungkin suadah banyak kita kenal hingga partai politik yang mungkin kurang terkenal.

Eksistensi suatu partai tergantung pada kemampuan partai untuk memperkenalkan diri kepada masyarakat. Semakin dikenal oleh masyarakat dan mendapatkan kepercayaannya maka akan mudah menjaga eksistensi dari partai. Kontribusi partai akan menentukan masa yang akan datang dan kemajuan negara Indonesia pada bidang politik.

Contoh Organisasi Politik di Indonesia

Organisasi politik Indonesia yang sudah dikenal dengan ciri khas masing-masing. Setiap partai membawa visi dan misi sendiri yang sesuai dengan ideologi yang dianut. Mulai dari partai yang muda hingga parti yang ada sejak orde baru.

  1. PDIP (Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan)

Salah satu organisasi politik yang ada sejak dahulu tepatnya pada tahun 1999 yang didirikan oleh salah satu mantan Presiden Republik Indonesia yaitu Megawati Soekarnoputri yang merupakan putri presiden pertama NKRI bapak Soekarno. Partai ini merupakan partai yang sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Partai ini juga memiliki kekuatan politik yang besar dilihat dari hasil pemilihan umum tahun 2019. Lambang partai yang sudah kita kenali dengan baik yaitu warna merah dengan gambar banteng di dalam lingkaran. Selama dua puluh tahun terakhir ini partai politik ini selalu ikut serta dalam pemilihan umum.

  1. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)

Salah satu partai politik yang memiliki latar belakang organisasi Islam. Partai ini berdiri sejak tahun 1998 yang didirikan oleh salah satu mantan Presiden Republik Indonesia beliau Abdurrahman Wahiid (Gus Dur). Orang yang berada dalam partai ini biasanya memiliki latar belakang organisasi islam yang sama dengan partai.

Lambang partai ini dengan warna hijau ditengah lambang terdapat gambar bumi yang di kelilingi bintang sebanyak tujuh. Lambang tersebut sangat identik dengan asal usul partai. Partai ini juga ikut serta dalam pemilu secara terus menerus sejak partai ini berdiri.

  1. Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra)

Partai Gerindra merupakan partai yang tergolong baru, berdiri pada tahun 2008. Partai ini didirikan oleh beberapa orang yang memiliki rekam jejak sebagai politisi yang terkenal dan sebagian dari kaum intelektual. Pendiri partai ini antara lain, Prabowo Subianto, Fadli Zon, Hasim Djojohadikusumo, Muchdi Purwoprandjono, dan lain-lain.

Partai ini memiliki filosofi tersendiri dalam pembentukkannya. Partai ini didasari oleh pemikiran beberapa orang pendiri partai yang memunculkan gagasan-gagasan yang memiliki maksud untuk kemajuan negara. Partai ini dilambangkan dengan bentuk segienam yang didalamnya terdapat kepala Garuda berwarna emas yang menghadap ke sisi kiri dengan warna yang mencolok yaitu merah dan kuning.

  1. Partai Golongan Karya (Golkar)

Partai yang sempat berkuasa selama kurang lebih tiga puluh tahun. Partai ini berdiri pada tahun 1964. Partai ini termasuk partai yang ada sejak awal kemerdekaan. Partai ini didirikan oleh salah satu mantan presiden yang berkuasa sangat lama di negara Indonesia yaitu Soeharto.

Partai ini memiliki lambang berbentuk segi lima dengan pohon beringin didalamnya disamping beringin terdapat padi dan kapas. Lambang partai ini didominasi dengan warna kuning. Setiap lambang yang ada memiliki makna tersendiri yang sesuai dengan ideologi bangsa Indonesia yaitu Pancasila.

  1. Partai Nasional Demokrasi

Partai yang berdiri pada tahun 2011. Merupakan salah satu partai baru di Indonesia, partai ini juga belum banyak terlibat dalam pemilihan umum. Dapat kita lihat dari tahun berdirinya partai. Partai ini sudah memunculkan beberapa tokoh politik di Indonesia salah satunya ialah Surya Paloh yang saat ini menduduki jabatan sebagai ketua umum partai. Partai ini didirikan oleh beberapa orang antara lain, Patrice Rio Capella, Ahmad Rofiq, dan Sugeng Suparwoto.

Lambang partai ini berbentuk lingkaran dengan dominasi dua warna yaitu biru dan kuning, dengan slogannya GERAKAN PERUBAHAN. Partai ini mengikuti pemilu pertama kali pada tahun 2014 sebagai partai baru yang ikut serta dalam pemilu yang telah lolos verivikasi yang sebagai syarat ikut serta pemilu.

  1. Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda)

Partai yang berdiri pada tahun 2015. Partai yang digerakkan oleh para pemuda dengan ideologi pancasila. Partai ini didirikan oleh Ahmad Ridho Sabana yang menjabat sebagai ketua umum partai.

Lambang partai ini ialah burung garuda dengan sayap terbuka berwarna kuning dengan lambang bintang diatasnya. Bentuk dasar partai ini segiempat dan berwarna merah terang.

  1. Partai Persatuan Indonesia (Perindo)

Partai yang giat melakukan kampanye malui tayangan televisi swasta yang dipimpin oleh pendiri partai tersebut yaitu Hari Tanoesoedibjo. Partai ini berdiri pada tahun 2014 dan pelaksanaan deklarasi dilakukan pada tahun 2015 di  Jakarta. Partai ini mulai dikenal oleh masyarakat karena masifnya penayangan di televisi swasta di Indonesia.

Lambang partai berbentuk lingkaran dengan kombinasi warna biru, merah, dan putih. Ideologi yang digunakan oleh partai ini ialah pancasila. Tahun 2019 merupakan tahun pertama partai ini mengikuti pemilu.

  1. Partai Solidaritas Indonesia (PSI)

Partai yang memiliki usia yang masih muda dan belum banyak terlibat dalam pemilihan umum. Partai ini berdiri pada tahun 2014, tepatnya pasca pemilu 2014. Partai ini didirikan oleh beberapa tokoh yang dapat dikatakan masih muda yaitu, Gracea Natalie, Isyana Bagoes Oka, dan Raja Juli Antoni.

Lambang partai yang cukup unik dan sangat berbeda dengan partai yang sudah ada sebelumnya. Lambang yang didominasi warna merah dan putih yang nampak gambar mengepal bunga yang mekar dengan tulisan PSI. Partai ini menganut beberapa ideologi antara lain, pancasila, pluralisme, dan progressivism social democracy. Sasaran partai ini adalah anak muda yang memiliki bakat dalam bidang politik.

  1. Partai Amanat Nasional (PAN)

Partai politik dengan latar belakang agama yang berdiri pada tahu 1998. Asas yang digunakan dalam partai ialah Akhlak Politik Berlandaskan Agama yang Membawa Rahmat bagi Sekalian Alam. Partai ini didirikan oleh Amien Rais.

Lambang partai berwarna biru dengan warna putih dibagian tengah yang membentuk seperti matahari yang bersinar. Partai yang sudah ada sejak zaman Reformasi ini sudah memiliki peran yang cukup besar dalam politik Indonesia. Semakin dikenal ketika maju pada pemilihan presiden beberapa tahun yang lalu.

  1. Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura)

Salah satu partai yang memiliki misi ingin mendekatkan diri dengan rakyat sesuai dengan nama yang digunakan oleh partai ini. Partai ini berdiri pada tahun 2006 dengan deklarasinya di Jakarta yang kita kenal pendirinya yaitu beliau bapak Wiranto.

Lambang partai ini berbentuk segiempat dengan warna putih, kuning, dan warna merah. Ditengan lambang terdapat tulisan HANURA. Partai ini mengikuti pemilu pada dua periode terakhir.

Nah, itusalah saja artikel yang bisa kami berikan pada semua pembaca berkenaan dengan macam-macam organisasi politik yang ada di Indonesia dan contohnya. Semgoga bisa memberi pemahaman dan menambah pengetahuan bagi semuanya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *