Tujuan dalam Konsep Sosial Budaya di Masyarakat

Diposting pada

Tujuan Konsep Budaya

Sifat kebudayaan sejatinya merupakan karakteristik dari pengetahuan sekelompok masyarakat yang meliputi bahasa, norma sosial, kesenian, maupun kepercayaan, nilai sosial, dan lain sebagainya. Hal tersebut kemudian dapat dilihat sebagai bentuk pertumbuhan identitas yang dimiliki oleh kelompok masyarakat tertentu yang kemudian dippuk oleh pola-pola sosial yang dimiliki.

Budaya

Dilihat dari sisi etimologi, kata “budaya” atau kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta “buddhayah” yang memiliki makna akal, budi manusia. Unsur budaya memiliki sifat yang kompleks, abstrak, dan menyeluruh. Budaya tersebut kemudian dapat menentukan perilaku individu yang komunikatif, dan dapat berimplikasi pada kegiatan individu dalam lingkungan sosial.

Dalam hal ini maka dapat dikatakan bahwa pengertian budaya merupakan cara hidup yang dimiliki oleh kelompok sosial dan keberadaannya diturunkan dari generasi ke generasi.

Konsep Budaya

Konsep budaya dapat diartikan seiring dengan perkembagan maupun perubahan tingkah laku dan struktur yang ada dalam masyarakat. Perubahan sosial budaya dapat terjadi akibat adanya perkembangan teknologi dari masa ke masa.

Tujuan Budaya

Adapun tujuan yang terkandung dalam setiap unsur-unsur budaya adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai Pedoman Hubungan Antar Individu Maupun Kelompok

Sekelompok masyarakat akan dapat berjalan beriringan dan harmonis karena memiliki pedoman dan memiliki kebudayaan yang sama. Sehingga dalam hal ini kebudayaan dan peradaban akan memudahkan dalam proses pencapaian tujuan dalam masyarakat tersebut.

  1. Sebagai Sarana dalam Memenuhi Kebutuhan Hidup Maupun Masyarakat

Budaya tidak hanya berbicara persoalan adat istiadat, namun juga pola perilaku yang terdapat di masyarakat. Termasuk dalam bagaimana masyarakat tersebut dapat bertahan hidup dengan memenuhi kebutuhan hidupnya, seperti berkebun untuk masyarakat pegunungan dan melaut di daerah pesisir pantai.

  1. Sebagai Pendorong dalam Adanya Perubahan Masyarakat

Kebudayaan dapat digunakan sebagai pendorong adanya perubahan dalam masyarakat. Hal tersebut berlaku untuk kebudayaan populer (baru) yang mulai masuk pada ranah masyarakat tertentu. Seperti budaya K-Pop yang merambah masyarakat yang kebanyakan berusia remaja.

Unsur Budaya

Berikut ini merupakan unsur-unsur dalam konsep budaya:

  • Bahasa

Bahasa merupakan salah suatu unsur kebudayaan yang seringkali dipergunakan oleh manusia untuk saling berkomunikasi atau melakukan beragam bentuk interaksi sosial. Bahasa adalah sistem perlambangan manusia secara lisan ataupun tulisan.

  • Sistem Pengetahuan

Sistem pengetahuan memiliki fungsi sebagai pemenuh rasa keingin tahuan manusia terhadap suatu ilmu. Manusia dapat sebagai mahluk hidup akan senantiasa untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka melalui sistem pengetahuan.

  •  Sistem Kepercayaan

Unsur sistem kepercayaan sangat penting bagi manusia, karena terkadang manusia mempunya masalah kehidupan yang sangat begitu sulit untuk dihadapi sehingga tidak bisa masuk akal. Sehingga, sistem kepercayaan menjadi salah satu media untuk menyelesaikan permasalahan kehidupan yang dihadapi oleh setiap manusia.

  • Sistem Kemasyarakatan

Dalam kehidupan masyarakat sejatinya akan senantiasa diatur oleh suatu aturan atau adat istiadat tentang kesatuan dalam suatu lingkup lingkungan masyarakat. Hal ini bisa terjadi sebagai proses pengendalian atas beragam kegiatan yang dianggap melakukan penyimpangan sehingga merusak tatanan kehidupan.

  • Sistem Teknologi

Teknologi yang dimaksud adalah bagaimana teknologi berkembang dari masa ke masa yang di mulai dari teknologi tradisional hingga teknologi modern, yang berkembang untuk beriringan dengan perkembangan budaya sepanjang zaman.

  • Sistem Politik

Sistem dalam beragam tipe budaya politik menjadi satu unsur kebudayaan yang telah berkembang sejak zaman dahulu. Pada era Yunani, sistem politik telah menjadi budaya yang memiliki peran besar bagi kehidupan terutama di lingkungan masyarakat.

  • Sistem Ekonomi

Sistem ekonomi dalam kebudayaan dimaknai sebagai perkembangan secara bertahap bagaimana manusia cara bertahan hidup dan manusia terus berevolusi dari yang paling tradisional hingga pada tahap yang paling modern saat ini.

Adapun sistem ekonomi pertama kali diawali dengan sistem barter dan berkembang seiring dengan penemuan uang sebagai alat pertukaran barang maupun jasa.

  • Kesenian

Kesenian diartikan sebagai suatu ekspresi akan keindahan yang keberadaannya terus mengalami berkembang seiring dengan zaman. Dalam karya seni biasanya tersirat pesan-pesan yang ingin disampaikan oleh seorang seniman kepada penikmat kesenian.

  • Organisasi kekuasaan

Organisasi menjadi satu bentuk adanya instusionalisasi budaya, yang mana di dalam suatu organisasi tidak akan terlepas dari perihal kekuasaan. Dalam unsur organisasi kekuasaan ini sangat berkaitan dengan unsur sistem politik yang didalamnya terdapat pengaruh-pengaruh untuk mencapai kekuasaan.

  • Keluarga

Keluarga menjadi salah satu unsur budaya, karena keluarga merupakan satuan terkecil dalam masyarakat. Segala sesuatu yang dimiliki dan dijalani oleh setiap individu dimulai di dalam keluarga. Keluarga memiliki peran yang sangat penting karena keluarga menjadi cerminan bagaimana karakter, perilaku, watak setiap individu terbentuk.

  • Sistem norma

Sistem norma berkaitan erat dengan bagaimana nilai-nilai yang dijunjung dalam masyarakat dan dianggap sebagai unsur pembentuk kebudayaan. Sistem norma tersebut kemudian menjadi sebuah tolak ukur untuk membentuk suatu kebijakan maupun hukum yang akan diterapkan di lingkungan masyarakat.

  • Mata Pencaharian/ Profesi

Mata pencaharian atau profesi menjadi salah satu unsur kebudayaan. Hal terbut disebabkan karena manusia pada awal peradaban melakukan kegiatan seperti bertani, beternak, berburu, dan bberdagang, dan hal tersebut dilakukan secara terus menerus sehingga menjadi suatu budaya disamping memiliki fungsi sebagai cara bertahan hidup setiap manusia.

  • Media Komunikasi

Media komunikasi merupakan salah satu bagian dari unsur kebudayaan karena memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan peradaban manusia. Dengan adanya media komunikasi seperti prasasti, lontar, dan sebagainya menjadi bukti bahwa mengabadikan sejarah-sejarah masa lampau melalui media tersebut telah menjadi budaya yang dimiliki oleh manusia.

  • Sejarah dan mitos

Unsur-unsur kebudayaan secara keseluruhan berkaitan dengan sejarah maupun mitos yang dipercayai oleh setiap masyarakat.

Melalui sejarah maupun mitos, masyarakat akan melakukan beberapa kegiatan yang dilaksanakan secara terus menerus, sehingga membudaya hingga saat ini. Seperti contoh larung ageng labuhan yang dilakukan setiap tahun dan dipercaya akan mendatangkan rejeki dan sebagai ungkapan rasa syukur atas panen yang telah dilimpahkan oleh Tuhan.

  • Adat Istiadat

Adat istiadat akan tetap ada dan bertahan untuk menyeimbangkan perkembangan budaya yang semakin lama semakin mengalami perubahan. Kebiasaan-kebiasaan baik dan  terksesan unik yang berkembang di masyarakat akan menjadi sebuah kekuatan sosial yang menjadi sebuah ciri kahs dari setiap adat.

  • Hubungan antarbangsa

Hubungan antarbangsa memiliki pengaruh yang sangat bersar pula dalam perkembangan untuk kebudayaan. Hal-hal tersebut dapat berupa kebudayaan yang didasari pada kepercayaan, sistem sosial, hubungan sosial, dan lain sebagainya.

  • Lingkungan Geografis

Pembentukan budaya juga dapat dipengaruhi oleh faktor keadaan geografis atau bekaitan dengan fenomena geosfer seperti keadaan tanah, iklim, suhu udara, dan lain sebagainya yang hal tersebut berkaitan dengan alam di mana terdapat manusia bermukim.

  • Sumber Daya Alam

Tidak jauh berbeda dengan unsur lingkungan geografis, unsur sumber daya alam turut menjadi salah satu unsur yang membentuk suatu budaya dalam masyarkat. Hal tersebut akan berpengaruh terhadap bagaimana cara hidup masyarakat di daerah yang memiliki sumber daya alam yang melimpah dengan yang jauh dari sumber daya alam yang melimpah.

  • Prestige

Prestige terkadang memiliki dampak negatif berupa pemaksaan diri terhadap seseorang atau untuk contoh kelompok sosial, keluarga maupun masyarakat di lingkungan sosial yang memiliki prestige ini sendiri apabila tidak mengendalikan akan memunculkan sikap dalam arti primodialisme.

  • Ras

Pengertian ras sendiri sejatinya terbagi menjadi dua bagian, yaitu ras superior atau ras yang mampu menciptakan kebudayaan dan ras imperior atau ras yang mampu mempergunakan hasil budaya. Oleh sebab itu, ras menjadi sebuah unsur yang mendukung perkembangan suatu kebudayaan, yang di mana harus terdapat dorongan dari induvidu untuk membentuk kebudayaan tersebut.

Demikianlah serangkain penjelasan serta pengulasan secara lengkap kepada segenap pembaca terkait dengan beragam tujuan dalam adanya kebudayaan di masyarakat. Semoga melalui materi ini bisa memberikan wawasan dan pengetahuan bagi semuanya. Trimakasih,

No votes yet.
Please wait...
Voting is currently disabled, data maintenance in progress.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *