9 Contoh Kesimpulan Makalah, Karya Ilmiah, Skripsi, Penelitian, Proposal

Diposting pada

Contoh Kesimpulan Makalah

Kesimpulan bisa dikatakan menjadi bagian terpenting dalam pembuatan karya tulis, baik skripsi, makalah, essay, tesis, desertasi, ataupun beragam bentuk laporan penelitian lainnya.

Prihal inilah maka dalam proses pembuatan sekaligus penulisan bagian kesimpulan ini memerlukan tahapan panjang, lantaran harus memahami isi, tinjauan pustaka, dan juga pembahasan yang ada di dalam karya tulis. Oleh karena itulah bahasan lebih lanjut, artikel ini akan memberikan rekomendasi mengenai contoh kesimpulan yang seringkali dipergunakan.

Kesimpulan

Kesimpulan adalah proses keputusan akhir dalam metode penelitian yang dilakukan dengan langkah deduktif serta induktif. Dimana dalam pembuatan kesimpulan diperlukan kajian yang mendalam terhadap masalah sosial dan solusi yang akan ditawarkan.

Contoh Kesimpulan

Kumpulan contoh penulisan kesimpulan yang diberikan ini terdiri dari kesimpulan makalah, karya tulis, skripsi, penelitian, dan lain sebaginya. Yang umumnya pelatakan pada bab ini berada sebelum saran dan sama-sama berada di dalam Bab 5. Yaitu;

  1. Kesimpulan Makalah

Kalimat contoh kesimpulan dalam makalah bisa dilakukan dengan panarikan masalah umum kemudian dilakukan penarikan pada masalah khusus yang sedang terjadi. Misalnya saja contoh ini berada diantara kalimat-kalimat kesimpulan, sebagai berikut;

Kesimpulan Makalah

Kesimpulan

LAMUK (Lampu Anti Nyamuk) dengan ekstraksi kulit langsat yang mengandung triterpenoid, flavonoid, dan saponin maka nyamuk tidak akan berkenan untuk mendekat. Melalui tiga tahapan pembuatan yaitu extraction, veneering, dan finishing LAMUK dibuat untuk menyebarkan aroma yang dimiliki oleh ekstrak murni kulit langsat sehingga dapat menyebar dan menghindarkan masyarakat dari gigitan nyamuk. LAMUK tentunya dianggap sebagai tahap preventif atau pencegahan terhadap penyakit demam berdarah yang disebabkan oleh nyamuk Aedes aegepty.

  1. Kesimpulan Karya Tulis Ilmiah

KTI yang juga lebih dikenal sebagai karya tulis ilmiah beragam bentuknya, dari contoh terbaik yang kami ambil ini tentusaja adalah penggunaan kalimat kesimpulan yang seringkali dipergunakan dalam KTI, maka sistematikanya berikut ini;

Kesimpulan Karya Tulis Ilmiah

Simpulan

Berdasarkan teknik pengumpulan data dan pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikut:

  1. Desain TARBID (Tambak Rumput Laut Hibrid) yang terdiri dari turbin angin, sel surya, pompa air dan kontroler, media peletakan rumput laut, pipa aliran air merata, dan sistem distribusi air laut ke tambak.
  2. Relevansi penggunaan TARBID (Tambak Rumput Laut Hibrid) sangat tepat untuk masyarakat pesisir pantai khususnya wilayah pesisir karena terjangkau, murah, ramah lingkungan, investasi jangka panjang dan teknologi yang mudah dioperasikan.

  1. Kesimpulan Penelitian

Penelitian sebagai syarat terbentuk dan berkembangnya ilmu pengetahuan selalu dibutuhkan. Oleh setiap disiplin imu. Pembuatan kalimat kesimpulan dalam laporan penelitian, khususnya penelitian dekriptif adalah sebagai berikut;

Kesimpulan Penelitian

Kesimpulan

Dalam analisis matematis disimpulkan bahwa sistem destilasi menggunakan dua sumber energi bebas dari alam yaitu matahari dan angin dapat menguapkan lebih banyak air daripada destilator hanya dengan satu sumber saja. sehingga diindikasikan dapat menyelesaikan permasalahan air bersih di kawasan pesisir pantai. Selain itu berdasarkan studi pustaka yang dibahas juga memberikan data bahwa air hasil destilasi memenuhi standar konsumsi. Secara keseluruhan, sistem destilasi ini perlu diuji berulang kali hingga didapat hasil yang sesuai dengan kondisi di lapangan. Harapannya setelah itu teknologi ini dapat direalisasikan dan dikembangkan secara massal untuk daerah-daerah pesisir pantai khususnya di Indonesia yang mengalami masalah krisis air bersih dan memiliki potensi energi terbarukan

  1. Kesimpulan Skripsi

Terakhir mengenai contoh pembuatan kesimpulan dalam skripsi bisa dilakukan dengan langkah-langkah memahami hasil penelitian, masalah, dan solusi yang ditawarkan. Data dalam contoh penelitian ini ialah menggunakan penelitian kualitatif.

Kesimpulan Skripsi

Kesimpulan

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan skripsi yang telah dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa determinan dan dampak pernikahan usia muda yang ada di Desa Sukamaju, adalah sebagai berikut:

  1. Banyaknya pernikahan usia muda yang terjadi di Desa Sukamaju disebabkan karena adanya 4 determinan, yakni ekonomi, pendidikan, budaya, dan pergaulan remaja.
  2. Pernikahan usia muda di Desa Sukamaju menimbulkan dampak postif dan dampak negatif.
  3. Determinan yang paling mempengaruhi pernikahan usia muda di Desa Sukamaju adalah determinan pergaulan remaja, hal ini dikarenakan pergaulan remaja di Desa Sukamaju telah terpengaruh oleh pergaulan bebas yang ada di perkotaan tanpa diimbangi dengan pendidikan yang tinggi.

  1. Jurnal

Kepenulisan dalam kesimpulan jurnal sebagai bagian daripada karya tulis ilmiah sejatinya memiliki kaidah yang sama. Prihal ini tentusaja harus disesuaian dengan hasil penelitian yang telah ada. Namun pastinya, untuk tipe jurnal nasional mempergunakan Bahasa Indonesia adapaun jurnal internasional mempergunakan Bahasa Inggris.

Kesimpulan Jurnal

Berdasarkan pembahasan yang telah dijelaskan jurnal ini, maka algoritma greedy dan genetika dapat
disimpulkan bahwa:

  1. Algoritma genetika dan algoritma greedy cukup baik digunakan dalam program penyaluran dan pengoptimalan modal bagi tenaga
  2. Algoritma genetika menghasilkan solusi optimasi kombinatorial yang mendekati solusi optimalnya dan dapat menghasilkan lebih dari satu solusi.
  3. Algoritma greedy by profit dapat memberikan profit lebih besar dibanding greedy by weight dan algoritma genetika.
  1. Proposal Usaha

Penulisan bagian kesimpulan juga terdapat dalam proposal usaha. Kasusnya seperti adanya tulisan bisnis plan makanan yang sejatinya bisa dibuat dengan panduan berikut;

Kesimpulan Proposal Usaha

BAB III
PENUTUP

Tujuan membuka usaha Menumbuhkan ekonomi kreatif dan peluang usaha adalah pemikiran yang sangat luar biasa apa lagi di bidanga kuliner merupakan sebuah bentuk usaha yang berpotensial dalam mendapatkan mendapatkan laba.

Salah satunya yang berbentuk makanan ringan dan memiliki nilai potensial diwilayah perkantoran, kalangan pelajar, maha siswa, santri pondok pesantren dan masyarakat umum. Apalagi kuliner yang bersifat makanan ringan dan dengan harga yang relatif murah. Dengan melihat peluanng tersebut kami tertarik untuk mendirikan usaha makanan ringan yang memiliki ciri khas yang jauh berbeda dengan kuliner yang lainya.

Bentuk Metodologi Penulisan Kesimpulan

Metodologi Penulisan Kesimpulan
Metodologi Penulisan Kesimpulan

Metodologi pembuatan kalimat pada Bab kesimpulan yang baik bisa dilakukan dalam berbagai bentuk, misalnya saja dengan mempergunakan langkah-langkahnya;

  1. Metode Generalisasi

Langkah pembuatan kesimpulan yang paling sering dipergunakan adalah dengan menggunakan metode genral yang artinya umum. Pembuatan dengan cara ini bisa dilakukan dengan pengulasan terlebih dahulu masalah-masalah umum yang menjadi fokus penelitian. Misalnya masalah korupsi, kekuarangan gizi, dan lain sebaginya.

  1. Teknik Anologi

Pembuatan kalimat kesimpulan yang baik bisa digunakan dengan mengedepankan teknik anologi, teknik ini dilakukan dengan penyusuanan kalimat-kalimat yang dianalogikan, antar materi pembahasan dan pembukaan dalam karya tulis.

  1. Metode Korelasi

Mencari titik fokus antara hasil penelitian dan pembukaan dalam karya tulis menjadi bahasan langkah penggunaan metodologi ini. Gambaran singkat mengenai sebab akibat dalam keadaan sosial dan hubunganya bisa dilakukan, misalnya saja pembahasan mengenai kemiskinan, maka yang akan berpengaruh besar berdampak pada tingginya angka kriminalitas, tingkat kesehatan, dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Dari sejumlah penjelasan di atas, dapat ditarik intsari bahwa pembuatan kesimpulan dalam proses karya tulis bisa dilakukan dengan mudah. Asalkan mengetahui mekanisasi sekaligus intisari tentang tulisan yang telah dibuatnya. Termasuk pada tinjauan pustaka, hipotesis, ataupun pada instrumen penelitian yang telah dilakukan.

Demikianlah penjelasan mengenai contoh kesimpulan dalam proses pembuatan karya tulis. Termasuk bisa dipergunakan dalam essay, skripsi, ataupun dalam pebuatan kesimpulan makalah. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan dan juga pengetahuan yang mendalam bagi segenap pembaca sekalian.

Rating: 4.5/5. From 4 votes.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.