Pengertian Sugesti, Jenis, dan Contohnya

Diposting pada

Sugesti Adalah

Sejatinya terdapat beragam faktor yang mendasari interaksi sosial di masyarakat. Antara lain imitasi, sugesti, identifikasi, simpati, motivasi, dan empati. Tetapi yang pasti faktor tersebut saling mempengaruhi satu sama lain, seperti halnya dengan sugesti dalam objek kajian sosiologi terjadi karena adanya rangsangan serta pengaruh dari individu dan kelompok lainnya untuk melakukan bentuk tindakan sosial yang sama.

Disisi lain, apa yang dimaksud dengan sugesti ini kadangkala memberikan dampak positif dan juga akibat negatif. Contohnya saja ketika tersugesti ini melakukan tindakan kekerasan karena salah paham atau mengalami konflik dengan pihak yang bersangkutan, hingga akhirnya hal ini memberikan dampak yang merugikan. Namun, sebaliknya jikalau tersugesti terhadap tokoh tertentu yang menjadi panutan sadar tidak sadar kita akan mengikuti bagimana prosesnya. Prihal ini misalnya tersugesti dengan Jokowidodo yang dikenal dengan jujur dalam mengemban amanah sehingga prilaku kita ingin menyeruapainya.

Sugesti

Sugesti biasanya lebih cenderung dilakukan oleh orang-orang yang berwibawa atau memiliki pengaruh besar di lingkungan sosial yang ada dalam masyarakat. Akan tetapi, sugesti dapat pula berasal dari kelompok besar (mayoritas) terhadap kelompok kecil (minoritas) ataupun orang dewasa terhadap anak-anak.

Sehingga dalam terwujudnya prilaku sugesti ini dipengaruhi adanya faktor dominasi yang dimiliki oleh individu dan kelompok tertentu.

Pengertian Sugesti

Sugesti adalah proses dalam interkasi sosial yang biasanya dipergunakan untuk menjadikan individu menerima cara, perkataan, tingkah laku pihak lain, tanpa lagi adanya kritik yang diungkapkan terlebih dahulu, sehingga hal ini mengakibatkan untuk salah seseorang yang dipengaruhi akan segara mengikuti serta melakukannya tanpa adanya proses berpikir panjang.

Pengertian Sugesti Menurut Para Ahli

Adapun definisi sugesti menurut para ahli, antara lain;

  1. Harwantiyoko, Pengertian sugesti adalah bagian daripada proses sosial dan interaksi sosial yang mempengaruhi seseorang terhadap orang lainnya dalam menerima norma maupun pedoman untuk melakukan tindakan tertentu tanpa adanya pertimbangan sebelumnya.
  2. Abu Ahmadi, Arti sugesti adalah terdapatnya pengaruh atas jiwa serta perbuatan seseorang yang dipengaruhi dengan perasaan serta kemauannya dalam meyakini apa yang dikehendaki.
  3. Sri Sudarmi (2009), Pengertian sugesti adalah adanya proses pemberian pengaruh ideologi terhadap orang lain yang dilakukan dengan teknik tertentu sehingga dalam hal ini tidak ada pemikiran yang panjang.

Jenis Sugesti

Jenis Sugesti dan Contohnya
Jenis Sugesti

Sugesti dapat dibedakan atas tiga macam, yakni;

  1. Sugesti Kerumunan (Crowd Suggestion)

Sugesti dalam arti kerumunan yang dikenal dengan crowd suggestion adalah terdapatnya proses penerimaan yang bukan didasarkan pada penalaran, melainkan karena keanggotaan atau kerumunan yang diikuti oleh seseorang dalam organisasi sosial atau bentuk kelompok sosial lainnya.

Contoh dari Perilaku Sugesti Kerumunan

Adapun untuk contohnya ialah adanya tawuran antarpelajar. Dimana hal ini untuk semua siswa-siswa yang terlibat dalam tawuran pada umumnya dilakukan atas dasar rasa setia kawan. Sehingga ia dengan spontan untuk melakukan tindakan yang sama.

  1. Sugesti Negatif (Negative Suggestion)

Negative suggestion atau sugesti negatif adalah sugesti yang ditujukan untuk menghasilkan tekanan-tekanan atau pembatasan tertentu yang dilakukan oleh seseorang dengan kuat tingkat dominasinya sehingga memberikan dorongan kepada orang lain untuk melakukan tindakan kejahatan maupun kekerasan.

Contoh dari Perilaku Sugesti Negatif

Contohnya dalam sugesti negatif ini misalnya saja mengenai peran yang dimiliki seorang pemuda yang akan mengancam kekasihnya apabila cintanya berpaling kepada pemuda lain sehingga kekasih pemuda tersebut akan menurut.

  1. Sugesti Prestise (Prestige Suggestion)

Sugesti prestise atau prestige suggestion adalah sugesti yang muncul sebagai akibat adanya prestise orang lain yang bisanya memiliki struktur sosial dan peran sosial yang tinggi. Sehingga dalam hal ini orang lain begitusaja untuk menerima pendapatannya.

Contoh dari Perilaku Sugesti Prastise

Contohnya saja tokoh masyarakat yang ada di Lingkungan Masyaraat banyak menganjurkan agar semua warganya melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan maka anjuran tersebut akan dilaksanakan tanpa didahului dengan proses berpikir.

Contoh Sugesti

Beragam contoh sugesti yang bisa dengan mudah kita ketemukan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja;

  1. Seorang siswa bolos sekolah karena diajak temannya bermain. Tanpa diamati manfaat nya, ajakan tersebut diterima dan dilaksanakannya untuk membolos dan meninggalakn sekolah.
  2. Perilaku sugesti, misalnya saa yang dilakukan kepala desa kepada masyarakatnya dalam bentuk kegiatan gotong royong membangun sarana dan prasarana desa. Kegiatan tersebut dilakukan untu meningkat kebersihan dan menyadarkan betapa pentingnya pola hidup yang sehat.
  3. Sikap sugesti dalam hal contohnya terlihat kegiatan atau tontonan dalam televisi yang dikeluarkan oleh Uya Kunya, untuk memberikan berbagai pertanyaan. Jawaban yang diberikan atas pertanyaan seperti dalam tayangan televisi terbut adalah bagian daripada jawaban dengan sepontan.
  4. Faktor adanya pengaruh sugesti untuk contohnya misalnya saja ketika mempergunakan merek shampo tertentu, bisanya untuk iklan yang diberikan tandinya rambut rontok dengan sekilas menjadi tumbuh dengan bagus. Kemudian hal ini diikuti juga oleh masyarakat yang terpengaruhi adanya media periklanan.
  5. Dalam kehidupan sehari-hari misalnya yang dilakukan oleh Rina yang mengikuti kegiatan seminar, kegiatan yang dilakukan Rina pada seminar tersebut adalah mendorong untuk berwirausaha, setelah pulang seminar Rina langsung berinat membuka usahanya dan setelah itupun besoknya ia membuka usaha. Dari kasus/kejadian inilah Rina secar sadar atau tidak di sadari adalah bagian daripada sugesti yang sering kita alami, terutama setelah mengikuti seminar.

Dari berbagai penjelasan dapat disimpukna bahwa sugesti adalah kegiatan interkasi sosial yang paling mudah dilakukan. Asalkan tahu bagimana cara dan tekniknya. Selaian itu juga secara umum sugesti menjadi proses yang menjadikan seorang individu menerima suatu cara atau tingkah laku dari orang lain tanpa kritik terlebih dahulu.

Demikianlah tulisan dan penjelasan mengenai pengertian sugesti menurut para ahli, jenis, dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja bisa memberikan wawasan dan juga pengetahuan bagi segenap pembaca yang sedang membutuhkannya.

Rating: 3.9/5. From 8 votes.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *