Pengertian Adjustment dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Adjustment dan Contohnya

Apa yang kamu ketahui tentang adjustment pada hakekatnya tidak terlepas daripada arti masyarakat yang menganggap bahwa adanya bentuk perubahan sosial sebagai tantangan akan melakukan berbagai cara yang dilakukan untuk dapat menyesuaikan dengan perubahan sosial yang berdampak positif bagi kehidupannya.

Sehinga istilah adjustment dalam objek kajian sosiologi ini senantisa dikatakan sebagai upaya penyesuaian oleh individu dan kelompok masyarakat dalam menghadapi perubahan sosial yang telah terjadi.

Adjustment

Pemahaman mengenai istilah adjustment ini ialah usaha yang dilakukan oleh masyarakat dengan pandangan mampu melakukan penyesuaian terhadap bentuk perbuahan sosial yang diakibatkan karena adanya adanya gerakan sosial kedipuan manusia yang terjadi secara dinamis (terus menerus) tidak statis (tetap).

Prihal ini bisa saja adanya adjustment karena dipengaruhi oleh adanya modernisasi, globalisasi, dan juga dalam arti westernisasi.

Pengertian Adjustment

Adjustment adalah proses penyesuaian yang dilakuka oleh seseorang secara sendiri ataupun berkelompok setelah terjadi perubahan sosial yang tidak sesuai dengan unsur kebudayaan di masyarakat, sehingga hal ini dapat berdampak pada ketidakseimbangan. Oleh karena itulah memerlukan penyesuaian agar dianggap pulih kembali seperti sediakala.

Konteks masyarakat yang mudah melakukan penyesuaian (adjustment) adalah masyarakat bersistem sosial terbuka, siap terhadap perubahan, dan cenderung memiliki tingkat pengetahuan yang lebih tinggi sehingga bisa menghadapi dan menyesuaiakn dirinya dalam proses perubahan sosial.

Pengertian Adjustment Menurut Para Ahli

Adapun definisi ajustment menurut para ahli, antara lain;

  1. Schneiders (1964), Arti penyesuaian diri (adjustment) adalah proses sosial dan interaksi sosial yang dilakukan oleh seseorang untuk mendapatkan keselarasan dan keharmonisan dalam kehidupan, setelah terjadinya perubahan yang dianggao frontal.
  2. Runyon (1984), Adjustment adalah proses penyesuaian diri yang bertujuan untuk dapat mengubah tingkah laku individu agar terjadi di masyarakat berasaskan pada hubungan sosial yang terjadi ada lingkungan sosial di sekitar.

Contoh Adjustment

Contoh yang dapat diberikan mengenai adjustment ini adalah;

  1. Urbanisasi

Urbanisasi yang secara sederhananya diartikan sebagai adanya perpindahan penduduk dari desa ke kota. Tujuan urbanisasi iyalah untuk mendapatkan kulitas kehidupan yang lebih baik, meskipun dari proses ini memiliki dampak yang kurang baik.

Akan tetapi pastinya, dalam proses urbanisasi masyarakat lebih mengedepankan penyesuaian dengan perkembangan zaman. Apalagi segala bentuk fasilitas yang ada di kota merupakan salah satu hal yang menjadi daya tarik tersendiri dalam menghadapi dan melakukan perubahan sosial yang lebih baik.

  1. Memakai Masker pada Saat Terjadinya Wabah Virus Corona

Adjusting dalam sosiologi selanjutnya yang bisa dianalisis ialah masalah sosial di Indonesia pada saat awal tahun 2020 hingga pada saat tulisan ini diperbaharui, yaitu Tahun 2021. Dimana masyarakat secara serentak bisa tidak bisa memakai masker untuk menghindari penularan virus corona.

Adapun untuk cara adjusting yaitu tindakan prefentif dimana, masker dianggap mampu secara langsung menghindari penularan virus corona yang terjadi.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapatlah dikatakan jika pada proses perkembangan disetiap sisi manusia selalu membutuhkan kenyamanan, ketenangan, dan kondisi yang lebih baik. Oleh karena itulah dalam setiap tingkah dan tindakan manusia selalu ingin menemukan cara baru atau cara lama dalam mempertahankan kehidupan yang diajalaninya.

Prihal kaian ini tentusaja ada korelasi terkait dengan istilah adjustmen dan maladjustment yang setidaknya memberi gambaran bahwa kehidupan akan senantisa bergerak maju kedepan.

Demikinalah penjelasan secara lengekap mengenai pengertian adjustment menurut para ahli dan contoh kajiannya. Semoga dengan adanya penjelasan ini bisa memberikan wawasan dan juga memberikan pelajaran yang berharga bagi pembaca yang ingin mengenai lebih dalam terhadap materinya.

Rating: 5.0/5. From 1 vote.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *