Pengertian Patembayan, Ciri, dan Contohnya

Diposting pada

Patembayan Adalah

Arti kelompok sosial di masyarakat diangga sebagai kumpulan individu dan kelompok yang memilih untuk hidup bersama menempati suatu wilayah tertentu. Hubungan setiap individu satu dengan yang lainnya tersebut akan menyebabkan munculnya timbal-balik yang mempengaruhi satu sama lain untuk selalu bisa melakukan perbuatan tolong menolong. Oleh karena itulah terdapat berbagai bentuk kelompok sosial di masyarakat salah satunya ialah munculnya paguyupan dan patembayan yang dikenal dalam objek kajian sosiologi sebagai gemeinschaft dan gesellschaft yang keduanya mampu meningkatkan interaksi sosial antar sesama manusia.

Akan tetapi yang pasti, pantembayan (gemeinschaft) memiliki karakteristik dan tersendiri dalam syarat terbentuknya kelompok sosial.

Patembayan

Bagi sebagain orang mungkin masih ada yang merasa asing dengan istilah patembayan. Walaupun pada dasarnya istilah ini sudah menjadi bagian yang hidup dalam kelompok masyarakat yang bergandengan dengan arti paguyuban memiliki istilah lain yaitu gemeinschaft, sedangkan istilah lain dari patembayan ialah gesellschaft. Adapun latar belakang yang memunculkan istilah tersebut ialah Ferdinand Tonnies seorang sosiolog yang berasal dari Jerman Timur sebelum penyatuannya menjadi Negara Jerman.

Pengertian Patembayan

Patembayan adalah hubungan sosial antar manusia dengan ikatan yang bersifat formal dan mekanis pada jangka waktu yang relatif pendek, sehingga dalam ikatan yang terjalin didalamnya relatif longgar dan bisa berhenti setiap saat. Seperti contoh singkatnya berdasarkan masalah status sosial, karier, prestasi, dan lain-lain.

Pengertian Patembayan Menurut Para Ahli

Adapun definisi patembayan (gesellschaft) menurut para ahli, antara lain;

  1. Ferdinand Tonnies, Pantembayan adalah hubungan sosial yang terjadi dalam karakteristik masyarakat modern yang senantisa berorientasi pada arti nilai, aspiratif, serta kebiasaan dalam proses terbentuknya kekuatan sosial setiap individu yang bergabung.
  2. Soekanto (2007), Definisi pantembayan adalah hubungan kelompok sosial yang memiliki sifat jangka pendek sehingga proses sosial dan interaksi sosial hanya terjadi melalui serangkaian kepentingan dan ikatan yang terjadi di masyarakat industri (modern).
  3. Nurmardiriani (2015), Pantembayan adalah hubungan sosial dalam kelompok masyarakat yang terbentuk untuk semua orang dengan batas antara “kami” dan bukan “kami”

Ciri Patembayan

Adapun untuk karakteristik patembayan (gesellschaft), antara lain;

  1. Hubungannya bersifat formal

Hubungan formal terjadi pada lingkungan kerja. Berkaitan dengan ekonomi berarti interaksi akan menghasilkan uang yang dapat memenuhi kebutuhan. Hubungan sementara ketika kontrak berakhir maka terputuslah hubungan kedua belah pihak. Hal-hal yang membuat munculnya sebuah patembayan berdasarkan kepentingan bersama, fokusnya pada bidang ekonomi.

  1. Berkaitan dengan unsur ekonomi

Hubungan yang terjadi antar masyarakat sipil yang saling membutuhkan satu sama lain untuk memperoleh prioritas penting daripada asosiasi sosial lainnya. Terutama pada umumnya, patembayan ini merupakan konsep yang merujuk pada hubungan ekonomi, meski setiap anggota masyarakat akan tetapi mempunyai ikatan yang sangat lemah.

  1. Bersifat sementara

Bersifat sementara bisa dikarenakan setiap masing-masing individu tidak saling mengenal, kurangnya pemahaman nilai, norma sosial, dan sikap yang baik sehingga menyebabkan hubungan ini belum mampu melakukan perannya dengan baik dan sempurna.

  1. Memperhitungkan kegunaan kedua belah pihak

Patembayan dianggap juga sebagai bentuk kehidupan bersama, yang mana masing-masing anggotanya hanya memiliki hubungan yang sifatnya sementara dan dapat teralin hubungan karena adanya suatu pemikiran yang sama dan bisa disatukan.

Apabila antar masyarakat tersebut tidak mempunyai pola pemikiran yang sama, maka yang tidak akan terjalin hubungan patembayan ini sendiri.

  1. Terbentuk berdasarkan kenyataan sosial

Terbentuknya gesselschaft atau patembayan ini juga bisa terjadi karena ditentukan oleh adanya kehendak rasional dan dilambangkan oleh sekelompok golongan masyarakat yang modern dengan suatu birokrasi pemerintah dan organisasi industri yang telah mencapai keberhasilan.

Contoh Patembayan

Beberapa contoh patembayan yang terjadi secara langsung dalam lingkup masyarakat diantaranya;

  1. Persekutuan Dagang

Hubungan yang terjalin karena adanya persekutuan dagang antara individu satu dengan yang lainnya. Artinya hubungan patembayan ini dibangun karena adantya ikatan dalam persekutuan dagang tersebut. Dimana masing – masing orang ini memiliki kepentingan tersendiri yaitu untuk membangun relasi, mencapai keuntungan dan lain sebagainya.

  1. Serikat Pekerja atau Buruh

Pengertian dari serikat pekerja atau buruh adalah suatu organisai atau contoh kelompok sosial yang terjalin karena adanya orang-orang yang berada dalam bidang pekerjaan yang sama dan ingin berjuang untuk mencapai kemakmuran atau kesejahteraan secara bersama-sama.

  1. Organisasi di sebuah Pabrik atau Industri

Adanya organisasi sosial dalam sebuah perusahaan, pabrik, atau industri merupakan slaah satu contoh patembayan. Karena orang-orang tersebut memiliki bentuk kepentingan yang sama dan memiliki pola pemikiran yang sama pula. Seperti kepentingan untuk menyuarakan kenaikan gaji, dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa sejatinya paguypan dan patembayan memiliki persamaan dalam bidang sosial atau interaksi antar masyarakat, namun keduanya tetap ada perbedaan yang bisa dipelajari masing-masing.

Dimana pada hubungan patembayan yang umumnya bersifat kepentingan pribadi dan rasional ini seringkali menjadi penyebab lemahnya ikatan tradisional antar arti keluarga, kekerabatan, dan agama. Oleh karena itu dalam patembayan ini seringkali hubungan yang terjalin antara manusia satu dengan lainnya cenderung lebih bersifat impersonal dan tidak langsung, karena hubungan ini dibentuk hanya untuk mencapai keuntungan dan mendapatkan kepentingan dalam bidang ekonomi, politik dan lainnya.

Disisi lain, bentuk hubungan yang tidak langsung dalam patembayan ini juga bisa digambarkan melalui hubungan yang dijalankan dengan cara jarak jauh seperti dunia maya di masa sekarang ini. Selain itu, bentuk pengelompokan patembayan juga dapat dihubungkan dengan adanya masyarakat industrial yang sering diidentikkan dengan masyarakat kota.

Itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada semua kalangan berkenaan dengan pengertian patembayan (gesellschaft) menurut para ahli, ciri, dan contohnya yang ada di masyarakat.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *