Fungsi Seni Budaya Nusantara dan Contohnya

Diposting pada
Rate this post

Fungsi Seni Budaya Nusantara

Seni budaya nusantara bisa dikatakan sebagai bagian daripada kearifan lokal yang ada di Indonesia dan senantisa dijadikan sebagai upaya dalam pemersatu atas seluruh wilayah.

Budaya dalam hal ini dianggap sebagai bagian dariada kultur yang berasal dari bahasa Inggris yakni culture dan bahasa latin yaitu cultura. Arti budaya berkaitan dengan akal budi manusia serta berhubungan erat dengan kondisi geografis, ekonomi, sosial masyarakatnya. Atas dasar itulah pencipataan seni budaya memiliki fungsi dan tujuannya masing-masing.

Seni Budaya Nusantara

Seni budaya nusantara adalah serangkaian ungkapan perasaan yang dilakukan manusia dalam penciptakan karya dan karsa untuk berbagai keperluan dan kepentingan, dimana karya yang telah dibuat mempunyai nilai-nilai keindahan dari masing-masing untuk menggambarkan suatu ekspresi atau kreativitas yang jauh lebih menarik.

Atas dasar itulah seni dianggap sebagai ilmu pasti karena mampu memberikan gambaran secara murni yang terpancar dari hasil karya ciptaan seorang ahli seni.

Fungsi Seni Budaya Nusantara

Adapun untuk beberapa fungsi dari adanya seni budaya, antara lain;

  1. Sarana upacara

Seni budaya berfungsi sebagai media upacara, dalam hal ini tentusaja memberikan keterangan bahwa segala bentuk kegiatan upacara adat yang mampu memberikan pengalaman keindahan oleh setiap orang yang merasakannya dan bisa disampaikan dalam wujud yang agung dengan pemberian rasa yang mewah, takjum, haru, dan luar biasa.

Adapun untuk contohnya misalnya saja ialah keris yang sudah ditetapkan sebagai bagian unsur budaya Indonesia oleh Unesco.

  1. Sarana hiburan

Kegunaan seni sebagai hiburan artinya karya yang dibuat manusia tersebut senantisa mampu memperlihatkan bagian-bagiannya secara universal dan dijadikan pula sebagai bentuk komunikasi interpersonal yang efektif kepada masyarakat sehingga masyarakat menganggapnya sebagai hiburan semata.

Contoh fungsi seni nusantara yang dianggap sebagai media hiburan misalnya saja ialah angklung yang berasal dari Jawa Barat dan kerapkali dimainkan dalam berbagai agenda-agenda daerah sebagai huburan.

  1. Sebagai pemersatu

Seni budaya sebagai pemersatu artinya bahwa terdapat suatu bentuk ungkapan yang disampaikan seseorang melalui karya yang dibuatnya dengan tujuan dan maksud untuk memberikan suatu bentuk komunikasi atau pesan kepada orang lain yang melihatnya agar dapat merasakan bagaimana perasaan si pencipta seni yang meninginkan persatuan dan kesatuan dalam kehidupan masyarakat.

Adapun untuk contohnya dalam hal ini ialah Bahasa yang dipergunakan masyarakat Indonesia berbeda antara satu dengan lainnya. Sebagai bagian daripada budaya bahasa telah memberikan corak tersendiri.

  1. Sarana pergaulan

Tak jarang seni budaya nusantara dianggap sebagai sarana dalam pergaulan. Prihal ini lantaran seni adalah karya yang dihasilkan dari sebuah keindahan atau nilai estetika yang bisa menyentuh perasaan seseorang ketika melihatnya.

Sehingga segala sesuatu baik tingkah laku ataupun perbuatan manusia yang dapat menimbulkan perasaan indah yang menunjang kehidupan.

  1. Sebagai pertunjukkan

Seni nusantara menjadi sarana dalam pertujukan lantaran suatu karya yang dibuat dengan meniru alam yang nyata sebagai bentuk ungkapan yang diwujudkan dalam bentuk penampilan yang tidak menyimpang dari kenyataannya kehidupan. Sehingga lakon yang diberikan senantisanya bermuara pada kehidupan yang layak untuk dijadikan pertujukan.

Adapun untuk contoh seni budaya nusantara sebagai sarana pertunjukan ialah wayang, dimana arti wayang ini menjadi pertujukan menarik bagi masyarakat Indonesia lantaran dianggap memberikan nilai sosial dan norma sosial terkait dengan keagamaan sebagaimana yang dilakukan oleh Sunan Kalijaga dalam memperkenalkan agama Islam.

  1. Sarana pendidikan

Seni budaya nusantara senantisa dianggap sebagai suatu keindahan yang diciptakan dengan maksud dan tujuan tertentu untuk memberikan nilai-nilai positif dalam arti pendidikan agar kemudian hari mampu diawariskan oleh generasi berikutnya.

Adapun untuk penggolongan lainnya seni rupa nusantara juga memiliki fungsi secara praktis dan estetis. Kegunaan ini berkaitan dengan seni rupa terapan dan seni rupa murni. Penjelasannya sebagai berikut;

  1. Fungsi praktis

Praktis adalah kegunaan seni rupa nusantara yang senantisa berkaitan dengan pemenuhan benda pakai dalam wujud nyata.

Sehingga dalam hal inilah seni budaya memiliki bentuk keragaman masing-masing. Dimana masing-masing keragaman tersebut disebabkan karena penilaian dari setiap orang berbeda- beda. Oleh karena itu, seni seringkali sulit untuk dijelaskan dan dinilai

  1. Fungsi estetis

Estenis adalah fungsi seni budaya nusantara yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan non benda dan mengandung unsur keindahan. Sehingga secara kongrit masing-masing orang memiliki sudut pandangnya sendiri dalam menilai suatu seni maupun melihat hasil karya ciptaannya sendiri.

Sehingga untuk melihat hasil karya seni diperlukan sebuah penghayatan yang dalam agar bisa mengetahui dan meresapi nilai seni yang berhasil diciptakan tersebut.

Contoh Seni Budaya Nusantara

Sedangkan untuk jenis seni budaya nusantara. Antara lain;

  1. Lukisan batik
  2. Anyaman bambu
  3. Patung
  4. Rumah adat
Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa seni budaya nusantara adalah suatu impian yang tidak bisa diwujudkan dengan rumus-rumus paten, karena seni merupakan bentuk yang indah dan mampu mengekspresikan segala sesuatu hingga terlihat kenyataan.

Sehingga hadirnya kebiasaan masyarakat yang memiliki nilai akan keindahan yang berbeda di setiap wilayah Indonesia memiliki ciri khas masing-masing

Itulah tadi penjelasan yang diberikan pada semua kalangan terkait dengan adanya fungsi seni budaya dan contohnya yang ada di masyarakat.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *