Contoh Etika Sosial dan Budaya di Masyarakat

Diposting pada

Contoh Etika Sosial Budaya

Salah satu ciri khas orang Indonesia yang terkenal bagi masyarakat asing dengan budaya timur adalah sikap ramah tamah serta penuh kesopanan. Sopan adalah sikap menghargai orang lain yang ditunjukan dengan berbagai bentuk tindakan sosial melalui sistem sosial beretika. Meski etika ini bersifat tidak tertulis. Tidak ada aturan khsusus yang menjelaskan mengenai sikap beretika, akan tetapi pola kehidupan ini berkembang sekaligus berjalan menjadi kebiasaan dalam masyarakat karena dianggap memiliki nilai sosial yang positif.

Disisi lain, banyak arti nilai yang mencerminkan etika sosial budaya dalam kehidupan masyarakat di keseharian. Contohnya saja seperti halnya dengan merundukan badan ketika melewati orang tua, bersalaman ketika akan berangkat sekolah, dan lain sebagainya.

Etika Sosial dan Etika budaya

Etika sosial budaya adalah serangkaian disiplin sistem pengetahuan yang memberikan kaidah dan asas-asas akhlak dalam menjalankan aktiftas. Agar lebih memahami, definisi keduanya sebagai berikut;

  1. Etika Sosial

Etika sesial adalah seperangkat nilai sosial dan norma sosial terkait dengan moral dalam menjalankan kehidupan sehingga kemudian dalam realitasnya kerapkali dijadikan sebagai pegangan bagi individu dan kelompok untuk tetap sesuai dengan kaidah sosial yang ada.

  1. Etika Budaya

Etika budaya adalah serangkaian tuntutan yang menjadi keharusan sebagi setiap individu dalam memahamai nilai yang ada dalam lingkungan sosial bermasyarakat. Disini tentusaja tidak terlepas daripada rasa, cipta dan karya.

Dimana penjelasan terkait rasa yaitu meliputi jiwa manusia yang mewujudkan segala norma dan nilai kemasyarakatan yang perlu untuk mengatur masalah kemasyarakatan dalam arti yang luas. Misalnya keyakinan, ideologi, kebatinan dan kesenian. Berikutnya, cipta meliputi kemampuan mental, kemampuan berfikir dari orang yang hidup bermasyarakat yang menghasilkan filsafat serta ilmu pengetahuan, baik yang berwujud teorimurni, maupun yang telah disusun untuk diamalkan dalam kehidupan bermasyarkat.

Terakhir, karya merupakan hasil yang diolah oleh masyarakat berupa teknologi ataupun kebendaan (material) yang diperlukan oleh masyarakat dalam menguasai alam lingkungan sekitarnya agar kekuatannya serta hasilnya dapat diabadikan ataupun ditujukan untuk memenuhi arti kebutuhan masyarakat.

Contoh Etika Sosial dan Etika Budaya

Adapun untuk ulasan lebih mendalam berikut ini adalah contoh penerapan yang termasuk dalam etika sosial dan etika budaya. Antara lain;

Contoh Etika Sosial

Misalnya saja;

  1. Menundukan Badan Ketika Melewati Orang yang Lebih Tua

Sikap merundukan badan ketika melewati orang yang lebih tua menjadi bagian daripada etika sosial yang harus sejatinya patut untuk dilestarikan. Pasalnya dengan hal ini akan mencerminkan tentang adanya sopan satun serta mampu memberikan subtasi bahwa yang muda menghirmati dan yang tua menyayangi.

  1. Meminta Izin Kepada Orangtua Ketika Pergi

Prilaku untuk senantisa meminta izin kepada orang tuanya kemanapun pergi pada dasarnya menjadi bagian daripada etika sosial yang harus dilakukan seseorang. Dengan kondisi inipula setidaknya mampu menggambarkan bahwa ada rasa tangung jawab dalam arti keluarga.

  1. Menghargai Perbedaan dalam Bergama

Dalam suatu kelompok masyarakat tentusaja terdapat berbagai keyakinan yang dianut oleh masyarakatnya. Namun dengan sikap menghargai serta tidak mengurangi proses sosial dan interaksi sosial serta hubungan sosial antar masyarakat dengan saling membantu dan bekerja sama dalam berbagai hal merupakan pribadi bagi seseorang yang memiliki etika sosial.

Contoh Etika Budaya

Antara lain;

  1. Tidak Pulang Terlarut Malam

Khusus di Indonesia ada semacam jastis bagi seseorang yang pulang terlarut malam dianggap sebagai seseorang yang nakal. Apalagi dengan berboncengan dengan lawan jenis, bagian dengan menghindari prilaku tersebut sejatinya menjadi cerminan atas etika budaya yang terjadi.

  1. Tidak Berduaan dengan Lawan Jenis di Tempat Sunyi

Sama halnya dengan menghindari berduaan dengan lawan jenis di tempat sepi ataupun sunyi bagian daripada etika budaya yang ada di Indonesia. Pasalnya kondisi ini barangkali hanya berlaku di wilayah dengan budaya ketimuran adapun jika wilayah dengan budaya barat seperti di Inggris dan Amerika realitas seperti ini menjadi hal yang biasa.

  1. Mencuri Uang/Makanan Sesajen saat Upacara di Bali

Prilaku mencuri bagian daripada arti kriminalitas yang sudah sewajarnya menjadi yang dilarang. Terkait dengan etika budaya tidakan seperti ini juga merupakan pelanggaran. Kongritnya dalam beberapa waktu lalu ada tindakan seperti mencuri atau memakan saat upacara melasti yang dilakukan masyarakat Bali.

  1. Berpakaian Telanjang di Indonesia yang dilakukan WNA

Berpakaian telanjang di semua wilayah di Indonesia tentusaja menjadi salah satu tindakan yang melanggar etika budaya. Misalnya ketika hal ini dilakukan WNA yang berkunjung di Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat yang tentusaja kontras menggambarkan tindakan yang tercela.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa etika sosial budaya akan berjalan sebagimana mestinya jikalau masyarakat saling menghargai dan meghormati antar masyarakat, guna membangun hubungan sosial yang baik. Sehingga perilaku menerapkan etika sosial budaya menjadi salah santu kunci penting untuk mewujudkan interaksi dan hubungan sosial dalam masyarakat.

Meski, sifat etika sosial budaya tidak tertulis tetapi sanksi bagi pelanggar pun tidak bersifat tegas. Sehingga pada umumnya individu yang tidak menerapkan norma kesopanan dalam dirinya, akan mendapat kritikan dan celaan dari orang lain. Hal buruk yang mungkin timbul akibat tidak memiliki sikap sopan santun dalam bermasyarakt adalah dijauhi oleh masyarakat.

Nah, itulah saja artikel yang bisa diberikan pada semua pembaca berkenaan dengan berbagai contoh penerapan etika sosial dan etika budaya di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja mampu memberikan wawasan bagi semuanya kalanga

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *