Pengertian Talkshow (Gelar Wicara), Ciri, Konsep, dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Talkshow

Talkshow bisa dikatakan sebagai program yang ada pada televisi atau radio. Sesuai dengan namanaya yaitu pertunjukan, sehingga seseorang dalam pembicaraan talkshow menampilkan obrolan dari narasumber yang dipandu oleh pembawa acara untuk menanyakan sejumlah daftar dari panduan wawancara.

Prihal ini, seseorang atau sekelompok orang dapat berkumpul bersama dan mendiskusikan berbagai topik yang dapat dikemas secara santai atau serius dan dipandu oleh moderator itulah yang disebut talkshow. Talkshow biasanya menghadirkan tamu sesuai dengan topik yang diangkat sebagai pembicaraan dalam talkshow. Untuk contohnya sendiri yang familiar di masyarakat ialah Narasi TV yang dibawahakan oleh presenter Najwa Shihab.

Talkshow (Gelar Wicara)

Talkshow menjadi ungkapan yang berasal dari bahasa Inggris yang berasal dari dua  kata yaitu show dan talk. Show yang berarti pertunjukan dan talk yang berarti pembicaraan. Sedangkan dalam bahasa Indonesia istilah talkshow dapat juga disebut sebagai Gelar Wicara. Namun pemakain dalam istilah bahasa Indonesia masih minim digunakan karena dirasa belum pas dalam memberikan makna yang tepat untuk istilah talkshow.

Talkshow selain dilakukan dengan siaran langsung melalui program televisi dan radio juga dapat disiarkan secara off air berupa seminar, sarasehan, diskusi atau debat yang biasanya dilakukan di aula atau hotel-hotel.

Pengertian Talkshow

Talkshow adalah serangkaian bentuk pertunjukan orang-orang dalam pembicaraan dalam laman media televisi, radio, ataupun untuk saat ini berupa aoudiovisual yang ada dalam youtube untuk membicarakan berbagai kegiatan di masyarakat, baik dalam topik lembaga politik, lembaga keluarga, ataupun dalam lembaga hukum.

Pengertian Talkshow Menurut Para Ahli

Adapun definisi talkshow menurut para ahli, antara lain;

  1. Freed Wibowo ( 2007), Talkshow adalah serangkaian arti diskusi berkenaan dengan program pertelevisian yang mengangkat pembicaraan tiga orang atau lebih mengenai suatu contoh permasalahan sosial tertentu dalam kehidupan masyarakat.
  2. Morissan (2008), Definisi talkshow ialah bentuk perbincangan yang dipandu oleh moderator (host) untuk membahas terkait dengan topik tertentu dalam sebuah pelemparan wacana.
  3. Eva Arifin (2010), Talkshow adalah bentuk rangkaian acara interaktif berupa dialog dimana brocasting televisi menghadirkan seorang tokoh yang memiliki status sosial dan peran sosial dalam bidang ekonomi, politik, psikologi, dan kesehatan dalam agenda tertentu.

Ciri Talkshow

Ciri Talkshow
Ciri Talkshow

Karakteristik yang ada dalam gelar wicara atau dikenal dengan talkshow. Antara lain;

  1. Menggunakan Percakapan Sederhana

Dalam talkshow biasanya dibawakan secara santai dan juga menggunakan bahasa yang sederhana sehingga penonton mudah memahami informasi yang ingin disampaikan.

Selain itu penggunaan bahasa yang sederhana juga ingin menumbuhkan kesan yang santai namun memiliki tujuan pembicaraan yang jelas. Namun tak jarang talkshoe juga dikemas secara formal mengikuti tema dan juga topik yang diangkat.

  1. Menggunakan Bahasa yang Universal

Karena penoton talkshow pada hakekatnya bersifat heterogen dalam masyarakat majemuk oleh karena itu talkshow menggunakan bahasa yang sederhana dan universal. Universal di sini berati penerapan bahasa yang tidak memihak dan digunakan secara umum.

  1. Tema yang Diangkat Penting dan Menarik Pemirsa

Topik yang diangkat dalam talkshow biasanya yang sedang hangat diperbincangkan di masyarakat, artinya topik sedang trend dan menjadi isu yang sedang menjadi pembahasan dalam masyarakat. Dengan begitu diharapkan banyak pemirsa yang akan meminati dan melihat talkshow yang diselenggarakan. Narasumber yang diundang juga merupakan orang linier denga topik yang diangkat.

  1. Mengangkat Topik yang Faktual

Bersifat faktual artinya talkshow merupakan program agenda ini berdasarkan fakta sosial dan realitas sosial yang ada sehingga bukan fiksi. Pembahasan dalam talkshow harus berdasarkan fakta yang beredar bukan hanya spekulasi pribadi.

Konsep Talkshow

Karena talkshow merupakan pertunjukan yang menyajikan sebuah hiburan (entertaining) maka konsep yang dibutuhkan. Antara lain;

  1. Pembicara

Pembicaraan menjadi pokok dalam talkshow harus menarik minat pemirsa secara luas. Alasannya karena peran dari talkshow adalah mendapatkan informasi serta pandangan baru terhadap suatu isu dari narasumber dengan pertangung jawaban pada audiens.

Oleh karena itulah segala sesuatu yang mendukung pembicaraan narsumber seperti nada bicara, intonasi, pilihan diksi,gestur bahkan karakter dari narasumber menjadi sesuatu yang harus diperharikan. Narasumber harus pandai dalam memilih diksi saat berbicara dalam talkshoe sehingga pembicaraannya tidak akan disalahartikan.

Tujuan Talkshow

Tujuan dari talkshow antara lain:

  1. Memastikan fakta

Karena topik yang diangkat merupakan pembahasan yang sedang hangat-hangatnya di masyarakat sehingga banyak sepekulasi yang beredar. Sehingga talkshow dapat digunakan sebagai media untuk memastikan fakta melalui pernyataan-pernyataan narasumber yang memang ahli di bidangnya.

  1. Mendapatkan opini yang reperesentatif

Narasumber yang diundang dalam acara talkshow merupakan orang yang mumpuni dalam permasalahan yang sedang diangkat emnjadi topik talkshow. Sehingga pendapatnya sangat ditunggu dan diharapkan mewakili pendapat banyak orang.

  1. Menggali titik pandang

Terhadap suatu isu yang diperbincangkan diperlukan titik pandnag entah drai narasumbernya langsung tau dari pakar yang berhubungan dengan topik yang dibahas. Akan terdapat pandangan-pandangan baru dari obrolan-obrolan yang disampaikan.

Contoh Talkshow di Indonesia

Sedangkan untuk contoh dalam kegiatan talkshow antara lain;

  1. Kick Andy

Tema-tema yang dipih dalam talkshow kick andy sangat menarik dan sangat menginspirasi pemirsa. Narasumber yang diundang adalah inovator yang telah berkontribusi dalam berbagai bidang kehidupan dengan temuannya yang unik atau karena telah melakukan kontribusi yang positif. Pembaawa acara dari talkshow kick andy adalah Andy F. Noya yang dapat dengan terampil mewawancari setiap narasumbernya.

  1. Mata Najwa

Program televisi mata najwa merupakan program yang mengangkat topik yang sedang hangat di masyarakat. Pembawa acara mata najwa adalah najwa shihab yang lugas dan berani melontarkan pertanyaan kepada setiap narasumbernya.  Perbincangan yang tajam dan narasumber yang fenomenal menjadi salah satu daya tarik  dalam talkshow mata najwa ini.

  1. Hitam Putih

Program telivisi hitam putih yang dipanu oleh Deddy Corbuzier merupakan program yang unik dengan mengundang narasumber yang menginspirasi.

Pembawaan Deddy Corbuzier yang santai membuat talkshow hitam putih ini menarik dan dapat dinikmati oleh setiap kalangan. Tak jarang terdapat selipan komedi dalam talkshow hitam putih ini yang membuat susana menjadi hidup.

  1. Ini Talkshow

Merupakan program talkshow yang banyak menyelipkan komedi sepanjang acara berlangsung. Dipandu oleh Sule dan Andre Taulani membuat membuat Ini Talkshow menjadi hiburan tersendiri bagi penontonya. Narasumber yang digadirkan kebayankan berasal dari kalangan selebriti yang memiliki kisah unik dan menginspirasi.

  1. I’m Possible

Merupakan salah satu talkshow yang ada di Indonesia yang menjyajikan motivasi-motivasi dan inspirasi khususnya dalam dunia bisnis.

Dipandu oleh motivatir sekaligus pebisnis sukses Merry Riana menjadikan talkshow ini memiliki daya tariknya tersendiri. Narasumber yang diundang biasanya adalah orang yang sudah profesional terjun dalam bidang bisnis yang tak segan membagikan kisah suksesnya.

Kesimpulan

Dari penjelasan, dapatlah dikatakan bahwa talkshow menjadi bagian daripada dialog yang dipertontonkan kepada publik dengan pembicara bebas membantah dan menjawab dengan topik terkini yang sedang menjadi pembicaraan masyarakat luas. Oleh karenanya talkshow ini menjadi program yang bersifat menghibur namun terdapar tujuan yang jelas di dalamnya.

Itulah tadi bahasan yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkaitan dengan pengertian talkshow (gelar wicara) menurut para ahli, ciri, konsep, tujuan, dan contohnya yang ada di Indonesia. Semoga memberikan edukasi dan referensi bagi semuanya.

Rating: 4.3/5. From 3 votes.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.