16 Contoh UMKM di Masyarakat dalam Berbagai Bidang

Diposting pada

Contoh UMKM

Usaha yang dilakukan masing-masing individu dan kelompok untuk memenuhi arti kebutuhan berbeda-beda. Salah satu usaha yang dilihat dari besarnya modal yang dimiliki oleh masing-masing usaha yang dijalankan. Prihal ini dikenal dengan UMKM.

Pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan istilah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang sejatinya sangatlah mudah ditemukan dalam lingkungan sosial bermasyarakat. Baik yang bergerak pada industri kreatif misalnya saja pembuatan totbage dalam contoh indutri rumah tangga, pembuatan suvenir pernikahan, undangan digital, dan lain sebaginya.

UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah)

Usaha yang dilakukan dalam kehidupan bermasyarakat memiliki cakupan yang berbeda. Usaha ini banyak dilakukan oleh masyarakat di Indonesia. Definisi UMKM memiliki peran yang penting dalam bidang ekonomi. Peran UMKM antara lain, meratakan pendapatan nasional, mengurangi kemiskinan, dan dapat memberikan tambahan devisa untuk pendapatan negara.

Kontribusi UMKM yang sedimikian rupa tak heran jika banyak mayarakat yang tertarik untuk menjalankan UMKM. Bahkan mendapatkan dorongan dari pemerintah. Pemerintah menyediakan berbagai jenis fasilitas untuk keberjalanan sebuah UMKM.

Pemerintah memiliki harapan yang besar terhadap UMKM yang ada. Karakteristik UMKM dapat menjadi pengerak perekonomian negara apabila dapat berjalan dengan baik. Keberjalanan tersebut juga harus didukung dengan sumber daya manusia yang dimiliki. Sumber daya manusia dikembangkan dengan pelatihan.

Contoh UMKM di Masyarakat

Adapun untuk berbagai contoh Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Antara lain;

  1. Kuliner

Salah satu bidang usaha yang banyak dijalankan oleh masyarakat. Terutama masyarakat yang melakukan produksi di rumah. Usaha kecil ini biasanya menjual hasil produksinya dalam lingkup yang kecil atau hanya disekitar rumah saja.

Modal yang terbatas sehingga kemasan masih sederhana. Usaha kuliner yang ada di sekitar kita adalah produsen krupuk, penjual mie ayam di tepi jalan, dan lain-lain.

  1. Fashion

Usaha yang banyak dipilih seseorang, mengingat semua orang membutuhkan pakaian. Usaha fhasion ini memang ada mulai yang usaha mikro hingga usaha besar.

Usaha mikro yang berkaitan dengan fhasion ialah penjahit desa yang tidak bekerja sama dengan pihak mana pun. Hanya tetangga sekitar yang menjahitkan baju ditempat tersebut. Para pedagang yang menjual pakaian di pasar dan tidak memiliki toko ditempat lain.

  1. Bidang Teknologi

Usaha yang dijalankan biasanya berkaitan dengan jasa dan produksi barang. Usaha bidang elektronik yang berbentuk jasa adalah tukang service barang electronik yang ada di rumah, seperti TV, AC, kipas angin, dan lain-lain.

Usaha bidang teknologi yang termasuk UMKM dapat kita lihat banyak penjual HP, pulsa, dll yang memiliki cakupan wilayah yang kecil dan sesuai dengan kriteria UMKM yang telah disebutkan.

  1. Kosmetik

Kosmetik adalah hal yang sudah banyak dikenal masyarakat dan banyak yang menggunakan. Usaha ini lebih pada toko kosmetik dan obat. Jenis usaha kosmetik yang masuk dalam usaha ini merupakan toko yang baru merintis untuk membuka usaha.

  1. Bidang otomotif

Usaha otomotif apabila dilihat rata-rata merupakan usaha besar seperti deller motor, showroom mobil, dan lain-lain. Tetapi banyak usaha kecil dibidang otomotif, seperti penyedia suku cadang di desa, bengkel kecil, tukang tambal ban keliling dan lain-lain yang ada di lingkungan kita.

  1. Cendera mata

Ketika berkunjung disuatu wilayah pasti banyak orang yang menjual berbagai jenis oleh-oleh asli daerah tersebut. Produksi cendera mata ditempat wisata merupakan jenis usaha kecil, bahkan usaha mikro. Usaha ini banyak dilakukan oleh masyarakat yang bertempat tinggal didekat tempat wisata.

  1. Agrobisnis

Bidang pertanian dan perkebunan merupakan salah satu bidang yang dekat dengan masyarakat Indonesia. Banyak orang yang sedang melakukan usaha dibidang ini. Agrobisnis menyangkut banyak hal yang pada bidang perkebunan dan pertanian.

  1. Peralatan pertanian

Toko yang menjual berbagai peralatan pertanian seperti alat penyemprot, traktor, diseal, dan lain-lain. Semua peralatan ini diperlukan untuk kegiatan pertanian. Toko ini ada yang berbentuk kecil hingga toko besar sesuai dengan kreteria masing-masing jenis usaha.

  1. Obat-obatan pertanian

Toko yang menyediakan berbagai jenis obat dan pestisida yang digunakan untuk bidang pertanian. Sejatinya secara tidak langsung toko ini kadang juga miliki kelompok tani yang mengembangkan usahanya pada bisnis ini. Prakteknya seperti koperasi barang jasa.

  1. Menjual pupuk tanaman

Keperluan pertanian yang tidak dapat lepas dari kebutuhan masyarakat adalah pupuk. Bahkan banyak para petani yang berani membeli dengan harga mahal. Penjual pupuk biasnya bekerja sama dengan kelompok tani yang ada di beberapa daerah.

  1. Produksi pakan ternak

Kebutuhan peternak setiap hari, sehingga saat ini banyak yang melakukan produksi pakan ternak, yang berbentuk produksi rumahan. Hal ini tentu dapat meningkatkan perekonomian di masyarakat. Produksi pakan memang tidak mudah dan membutuhkan jaringan agar dapat memasarkan produk yang dihasilkan.

  1. Ayam atau sapi pedaging

Usaha dalam menghasilkan hewan pedanging memerlukan perlakuan khusus agar hewan yang dipelihara dapat menghasilkan daging yang banyak dan menguntungkan bagi pemilik usaha. Usaha ini banyak dilakukan dengan jumlah hewan yang dipelihara tidak terlalu banyak tergantung pada kemampuan masing-masing individu. Mengingat perawatan sapi pedaging juga tidak mudah.

  1. Ayam petelur

Usaha ini banyak dilakukan masyarakat yang memiliki lahan cukup luas dan tidak dekat dengan pemukiman. Usaha ini biasanya kapasitasnya tergantung kandang yang dibuat. Ketika ikut dalam komunitas maka akan mengetahui pengetahuan baru tentang ilmu memelihara ayam petelur. Komunitas sangat penting untuk menyalurkan hasil produksi.

  1. Bisnis dan travel

Usaha di jasa bisnis dan travel memang usaha yang membutuhkan modal cukup banyak.  Namun banyak masyarakat yang membuka bisnis travel bekerjasama dengan berbagai pihak. Hal ini juga terjadi pada bisnis rental yang ada di daerah pedesaan, mereka yang hanya memliki 2 sampai dengan 3 kendaraan yang dapat disewakan.

  1. Bidang pendidikan

Salah satu bisnis yang banyak dikembangkan juga dibidang pendidikan. Banyak masyarakat yang mendirikan bimbingan belajar dengan sasaran anak-anak yang orang tuanya tidak mampu mendampingi anak dalam beberapa mata pelajaran. Bisnis ini cukup menjanjikan apabila memiliki jaringan yang cukup luas.

  1. Suvenir Pernikahan

Bentuk UMKM yang terkenal lainnya ialah bisnis suvenir pernikahan yang biasanya dijalankan oleh industri rumah tangga. Usaha ini bagian daripada industri keratif dengan dijalankan oleh bebera orang saja, adapun untuk omsetnya kadangkala mampu untuk membeli rumah, kendaraan, dan lainnya.

Kesimpulan

Dari berbagai contoh diatas, sejatinya baru sebagian kecil dari banyaknya UMKM yang ada di Indonesia dengan berbagai fokus yang berbeda. Disinilah menggambarkan bahwa UMKM secara tidak langsung juga membantu mengatasi permasalahan yang ada di Indonesia yaitu beragam bentuk pengangguran. UMKM yang masuk dalam usaha menengah dapat merekrut beberapa karyawan untuk menjalankan usahanya.

Namun, disisi lainnya untuk kemampuan seseorang dalam memulai sebuah usaha pasti dimulai dari usaha kecil baru dikembangkan. Untuk orang yang memiliki modal yang besar bisa memulai usaha pada tinggat menengah. Sehingga untuk menjalakan sebuah usaha dibidang produksi seseorang harus memahami siklus hidup barang itu sendiri. Ketika sudah memahami siklus hidup perusahaan maka akan mudah dalam melakukan tindakan yang tepat dengan analisis yang benar sehingga usaha dapat berkembang dengan baik.

Demikinalah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan contoh UMKM yang ada di masyarakat dalam berbagai bidang serta mudah ditemukan. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi kalian yang sedang membutuhkannya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *