Dampak Positif dan Negatif Terjadinya Disintegrasi Bangsa

Diposting pada

Dampak Disintegrasi Bangsa

Negara Indonesia merupakan salah satu karakteristik negara berkembang yang terkenal dengan sebutan negara agraris, alasannya karena mempunyai beragam sumber daya alam Bahkan negara Indonesia dikenal pula sebagai negara maritim karena memiliki kekayaan alam berlimpah dengan lautan yang luas. Selain itu, bangsa-bangsa yang ada di negara Indonesia ini juga terdiri dari beragam arti suku, bahasa, agama, makna ras, dan arti etnis atau golongan.

Banyaknya keragaman di Indonesia dapat menimbulkan dampak negatif, apabila masing-masing warga negara tidak menanamkan rasa persatuan dan kesatuan. Salah satu dampak negatifnya yaitu permasalahan disintegrasi bangsa karena polemik ideologi, ekonomi, politik, sosial budaya dan keamanan yang sudah menumpuk. Meski demikian, dengan terjadinya disintegrasi bangsa terkadang juga memberikan akibat positif seperti halnya dengan menimbulkan integrasi sosial yang lebih dalam.

Disintegrasi Bangsa

Istilah disintegrasi pada dasarnya kata tersebut memiliki arti perpecahan bangsa yang ada di suatu negara, sehingga menyebabkan beberapa bagian atau wilayah terpecah-pecah. Akibatnya muncul berbagai contoh permasalahan sosial lain seperti perlakuan yang tidak adil dari pemerintah pusat, hilangnya rasa integrasi sosial antar bangsa dan lain sebagainya.

Disintegrasi bangsa juga menyebabkan keadaan disuatu negara menjadi tidak kondusif dan kurangnya rasa toleransi. Namun, tak dapat dikesampingkan kadangkala adanya disintegrasi bangsa juga memberikan dorongan untuk munculnya golongan baru yang saling melengkapi satu sama lainnya.

Dampak Disintegrasi Bangsa

Setidaknya terjadinya disintegrasi bangsa yang ada di lingkungan sosial bermasyarakat memberikan pengaruh yang positif dan negatif. Penjelasan lengkapnya sebagai berikut;

Dampak Positif

Akibat positif adanya disintegrasi bangsa, antara lain;

  1. Memperkuat identitas kelompok sosial yang terbentuk

Adanya disintegrasi bangsa yang terjadi di masyarakat kadangkala mampu menciptakan kekuatan untuk kelompok-kelompok sosial yang terbentuk. Kekuatan yang dimaksudkan dalam hal identitas terkait dengan golongan dimana ia berasal, spekulasi ini hadir misalnya saja dalam kasus konflik sosial, dimana untuk pihak-pihak yang melakukan pertikaian dihubungan dengan kelompok sosial tertentu.

  1. Memberikan Wawasan dan Pembajalaran

Pembelajaran bisa dikatakan sebagai segala bentuk hal yang dapat digunakan untuk menyampaikan suatu pesan, informasi atau bahan pembelajaran kepada generasi muda agar semakin meningkatkan perhatian, minat, pikiran dan perasaan.

Dengan adanya sejarah telah terjadinya disintegrasi bangsa setidaknya setiap individu dan kelompok nantinya akan menghindari untuk terulang kembali.

Dampak Negatif

Disintegrasi bangsa menyebabkan munculnya beberapa dampak negatif sebagai berikut ini;

  1. Retaknya hubungan antar individu atau kelompok

Disintegrasi bangsa membuat hubungan antar masyarakat menjadi tidak solid lagi. Penyebabnya karena sudah timbul perpecahan dan hilangnya kesepakatan untuk mencapai tujuan bersama. Sehingga kekompakan yang seharusnya dapat dibangun bersama menjadi sulit dilakukan.

  1. Hilangnya nyawa dan rusaknya harta benda

Perpecahan antar masyarakat yang menimbulkan pertikaian hingga permusuhan ini juga menyebabkan hubungan sosial antar individu semakin renggang. Akibatnya sering terjadi adu domba, perkelahian, bahkan peperangan yang berujung pada hilangnya harta benda bahkan nyawa.

Tentunya masalah ini bukan hanya berdampak pada masing-masing individu yang mengalami disintegrasi, melainkan hal ini juga dapat mengganggu kenyamanan dan ketentraman seluruh masyarakat.

  1. Dapat berdampak terjadinya diskriminasi

Diskriminasi adalah pembedaan antara individu satu dengan yang lainnya. Dampak diskriminasi ini bisa muncul, pada saat bangsa mengalami disintegrasi. Hal ini karena masyarakat sudah tidak memiliki nilai persatuan yang sama, melainkan sudah terpecah-pecah.

Sehingga masing-masing orang dianggap sama apabila memiliki paham, ideologi, maupun pandangan yang sama. Apabila individu satu dengan yang lain tidak memiliki paham yang sama, maka akan cenderung disingkirkan.

  1. Dapat meningkatkan angka kemiskinan bangsa indonesia

Angka kemiskinan yang tinggi disuatu negara tentunya menjadi salah satu pokok permasalahan yang penting dan harus segera diatasi. Karena berbagai jenis kemiskinan berdampak pada berbagai bidang yang lainnya. Apabila masyarakat mengalami tingkat kemiskinan yang tinggi, maka kemungkinan hal ini juga mempengaruhi pendapatan nasional dan lain sebagainya.

Kemiskinan ini menjadi salah satu dampak dari adanya disintegrasi bangsa, karena masyarakat mengalami pertikaian maka hal ini juga berpengaruh pada keadaaan perekonomian bangsa yang semakin tidak stabil. Akibatnya banyak pekerjaan di bidang ekonomi yang tidak dapat dijalankan dengan baik dan meningkatkan angka kemiskinan bangsa.

  1. Menciptakan situasi hidup yang tidak aman dan tidak tentram

Disintegrasi bangsa menimbulkan dampak kehidupan yang tidak aman dan tidak tentram. Hal ini karena masyarakat mengalami perpecahan satu sama lain yang menyebabkan timbulnya konflik, sehingga kenyamanan akan hilang karena adanya isu-isu negatif yang mempengaruhi keadaan menjadi tidak tenang dan semakin menegangkan.

Situasi yang tidak aman dan tentram ini juga menjadi salah satu faktor yang membuat individu kesulitan untuk memperoleh tujuan hidup secara bersama, karena kondisi yang tidak kondusif.

  1. Hilangnya rasa toleransi

Toleransi merupakan salah satu contoh perbuatan baik dalam lingkungan masyarakat. pada saat individu satu dengan yang lainnya saling bertoleransi maka akan tercipta rasa damai dalam lingkungan tersebut.

Sebaliknya apabila toleransi hilang, maka setiap perbuatan manusia yang tidak sama dengan manusia lainnya akan dianggap salah dan tidak benar. Itulah pentingnya rasa toleransi, agar setiap orang dapat menghormati adanya perbedaan dalam hidup bermasyarakat ini.

  1. Memunculkan banyak musuh

Perpecahan yang terjadi karena disintegrasi bangsa ini membuat setiap orang memiliki pemikiran yang paling benar dan menilai sesuatu yang tidak sama dengan dirinya adalah hal yang salah. Inilah sebabnya disintegrasi bangsa membuat banyak permusuhan di lingkungan masyarakat.

  1. Hilangnya rasa persatuan dan kesatuan

Hidup bernegara dan berbangsa sangat membutuhkan rasa persatuan dan kesatuan antar masyarakat. karena dari persatuan dan kesatuanlah sikap individu yang satu dengan lainnya dapat saling mendukung dan tetap kompak. Apabila masyarakat tidak memiliki rasa persatuan dan kesatuan maka dapat menyebabkan hilangnya semangat untuk melindungi bangsa dan negara.

Bahkan tanpa adanya rasa persatuan dan kesatuan, setiap orang akan kesulitan untuk mencapai tujuan secara bersama.

  1. Hilangnya rasa cinta terhadap tanah air

Sikap cinta pada tanah air atau negara adalah bentuk nasionalme yang tinggi dan sangat penting untuk dimiliki setiap individu. Akan tetapi adanya disintegrasi bangsa menyebabkan rasa kecintaan pada tanah air menjadi luntur.

Hal ini terbukti dari adanya pertikaian antar bangsa dan melupakan perbedaan antar bangsa yang memang umumnya terjadi. Sudah seharusnya, individu satu dengan yang lain dapat menghargai perbedaan seperti semboyan bhineka tunggal ika walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

Contoh Kasus Disintegrasi Bangsa

Sebagai pelengkap untuk contoh kasus nyata adanya disintegrasi bangsa di Indonesia pada tahun 2021. Misalnya saja;

  1. Konflik di Papua

Akhir-kahir ini terjadianya konflik yang melibatkan adanya pertempuran antara Pasukan Polri-TNI dan Tentara Nasional Pembebasan Papua Barat (TNPB) semakin menjadi-jadi. Persoalannya ialah keinginan sebagain kecil masyarakat Papua untuk memisahkan diri dari Indonesia.

Padahal sudah sangat jelas bahwa tindakan ini tidak dapat dibenarkan. Alasannya karena dalam referendum pada masa Orde Lama Papu secara internasional sudah disahkan sebagai bagian daripada NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Bercermin dari persoalan tersebut setidaknya untuk akibat negatif adanya persoalan ini ialah terciptanya ketidaktentraman kehidupan di masyarakat Papua sendiri, dimana pembangunan menjadi terhambat. Adapun untuk dampak positifnya seluruh bagian wilayah Indonesia termasuk orang-orangnya berbeda suku membela Pasukan Polri dan TNI untuk menumpas TNPB.

Nah, demikianlah saja artikel yang bisa dikemukakan pada semua pembaca berkenaan dengan adanya dampak positif dan negatif adanya disintegrasi bangsa beserta dengan contoh kasusnya yang ada di Indonesia. Semoga memberikan wawasan untuk semuanya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *