Contoh Industri Rumah Tangga

Diposting pada

Industri Rumah Tangga

Perkembangan zaman yang semakin maju saat ini telah mengubah beberapa kehidupan mulai dari arti pendidikan, bidang ekonomi, dan lain sebagainya. Semakin pesatnya perkembangan zaman disaat ini, pada akhirnya membuat banyak individu harus melakukan sebuah makna inovasi atau kreatifitas dalam berbagai usaha yang dilakukannya. Tujuannya yaitu agar segala usaha yang sedang dirintis bisa bersaing dengan dunia bisnis yang lainnya.

Bahkan hingga sekarang ini usaha-usaha mikro, kecil, menengah, dan besar juga semakin banyak. Salah satu bentuk usaha yang cukup mudah dilakukan oleh individu untuk memulai suatu bisnis atau usaha adalah industri rumah tangga. Pada saat ini home industry menjadi salah satu bisnis yang banyak peminatnya, bahkan aneka produk yang dijual juga bermacam-macam. Sehingga hal tersebut bisa mempermudah konsumen yang membutuhkan barang atau jasa dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Industri Rumah Tangga

Industri rumah tangga yang dalam bahasa asing disebut dengan istilah home industry. Arti kata home adalah rumah, kampung halaman, atau tempat tinggal. Sedangkan yang dimaksud dengan industry ialah suatu usaha barang atau jasa dan sebuah kerajinan. Secara singkat arti home industry atau industri rumah tangga adalah rumah usaha produk barang atau jasa dalam skala yang kecil.

Industri rumah tangga lebih sering dikatakan sebagai perusahaan kecil,  karena pada kegiatan ekonomi pada bisnis ini dipusatkan di rumah. Selain itu, industri rumah tangga juga termasuk jenis wirausaha yang cukup mudah untuk dilakukan, karena adanya beberapa kelebihan salah satunya yaitu tidak memerlukan modal yang begitu besar.

Contoh Industri Rumah Tangga

Industri rumah tangga memiliki beberapa contoh yang bisa dipelajari yaitu;

  1. Usaha pembuatan tempe

Salah satu contoh industri rumah tangga yang pertama adalah bisnis pembuatan tempe yang dilakukan dirumah. Dimana bisnis ini merupakan salah satu enis industri yang melakukan pengolahan kedelai hingga menjadi tempe. Biasanya jenis usaha semacam ini hanya membutuhkan beberapa karyawan saja dan tidak terlalu banyak, oleh karena itu disebut pula sebagai salah satu contoh industri rumah tangga.

  1. Bisnis dan usaha konveksi

Usaha konveksi merupakan salah satu jenis industri rumah tangga yang bisa memenuhi kebutuhan sandang masyarakat. Oleh karena itu usaha konveksi ini termasuk salah satu jenis usaha yang selalu dicari masyarakat dan akan terus dibutuhkan.

  1. Jasa photography

Perlu anda ketahui bahwa jasa fotografi termasuk salah satu jenis industri rumah tangga karena jasa fotografi ini bisa hanya dilakukan oleh satu atau dua orang saja dalam keluarga itu sendiri.

Selain itu bisnis ini cukup memberikan peluang yang baik karena bisa mengabadikan beberapa moment atau kenangan yang penting bagi acara-acara penting seseorang mulai dari wisuda, pernikahan, ulang tahun, atau wisata, dan lain-lain.

  1. Jasa laundry

Laundry termasuk contoh industri rumah tangga karena pada bisnis ini tidak membutuhkan karwayan yang terlalu banyak yaitu hanya sekitar 2 sampai dengan 4 orang saja. Selain itu modal untuk usaha yang satu ini juga tidak terlalu besar sehingga bisa dilakukan oleh rumah tangga.

  1. Bisnis pembuatan keripik

Jenis usaha ini biasanya dapat dilakukan di rumah tangga pedesaan, yaitu dengan cara memanfaatkan sumber daya alam yang ada disekitarnya. Bahkan jenis keripik yang dibuatnya juga bisa divariasikan dengan berbagai jenis rasa mulai dari gurih, manis, pedas, coklat, dan lain-lain.

  1. Bisnis aneka macam gorengan

Jenis usaha yang satu ini umumnya juga tidak membutuhkan tenaga kerja yang banyak cukup 1 sampai dengan 2 orang saja. Biasanya penjual gorengan ini juga tinggal dekat pasar, sehingga bisa sekaligus membuka usaha rumahan berupa aneka macam gorengan maupun kue-kue yang lainnya.

  1. Pertukangan kayu

Usaha pertukangan kayu ini termasuk jenis industri rumah tangga, karena bisnis ini bisa dilakukan di rumah dengan kemampuan yang dimiliki pemilik rumah atau anggota keluarga itu sendiri. Umumnya jasa tukang kayu ini digunakan dalam hal pembuatan pintu, lemari, jendela, tempat tidur, dan barang-barang yang lainnya.

  1. Daur ulang sampah

Bagi sebagain orang yang kreatif dan dapat mengambil peluang dari setiap kondisi yang ada disekitarnya, maka jenis usaha ini bisa dilakukan.

Usaha daur ulang sampah ini bisa menjadi salah satu kegiatan ekonomi yang memanfaatkan barang-barang bekas menjadi produk yang bermanfaat. Salah satu contohnya yaitu memanfaatkan koran menjadi dompet, tas dan lain- lain.

  1. Peternakan

Usaha ternak juga termasuk industri rumah tangga, karena bisnis ini umumnya bisa dengan mudah dilakukan dirumah dan dirintis oleh anggota keluarga itu sendiri. Contoh usaha ternak ini yaitu ternak ayam, kambing, sapi, bebek, lele dan lain sebagainya.

  1. Usaha pupuk kandang

Usaha ini berhubungan secara langsung dengan usaha ternak. Bagi seseorang yang sudah melakukan usaha ternak maka bisa memanfaatkan kotorannya untuk dijadikan sebagai pupuk kandang. Sehingga hasil dari pengolahan kotoran hewan itu tadi bisa dijual kembali dan menghasilkan keuntungan.

  1. Jualan online

Contoh industri rumah tangga yang berikutnya yaitu bisnis online yaitu menjual beragam produk mulai dari baju, tas, makanan dan lain sebagainya melalui sosial media. Salah satunya yaitu bisa melalui ecommerce, instagram, shopee, facebook, dan media sosial lainnya.

  1. Jasa cuci motor

Usaha ini termasuk usaha rumahan yang hanya membutuhkan sedikit tenaga kerja. Sehingga jasa cuci motor ini menjadi salah satu peluang yang cukup baik untuk membangun industri dalam rumah tangga. Apalagi jika membukannya di berbagai tempat strategis seperti di wilayah sekolah atau Kampus.

  1. Service barang-barang elektronik

Seseorang yang memiliki kemampuan dalam bidang elektronik juga bisa memanfaatkan kemampuannya tersebut untuk membuka usaha service barang-barang elektronik. Sehingga kemampuan yang anda miliki ini bisa memberikan keuntungan yang cukup baik pada keuangan keluarga anda.

  1. Usaha desain digital

Industri rumah tangga yang satu ini merupakan salah satu jenis usaha yang bergerak dalam dunia digital dan kreatifitas. Selain itu usaha ini juga tidak perlu membutuhkan banyak modal yaitu hanya dengan laptop atau komputer saja.

  1. Industri dari bahan baku kulit hewan

Usaha yang satu ini contohnya yaitu membuat produk-produk dari bahan baku kulit seperti usaha pembuatan tas, jaket kulit, dompet, dan lain sebagainya. Tetapi yang perlu dihindari manakala hewan tersebut dilindungi haruslah diataati, jangan semata-mata karena bisnis menghilangkan habitat aslinya.

  1. Industri dari berbagai sumber daya alam

Usaha ini biasanya memanfaatkan sumber daya alam diantaranya seperti anyaman bambu, rotan, dan sebagainya. Tentusaja sumber daya alam yang dimaksudkan adalah sumber daya alam yang dapat diperbaharui keberadaannya sehingga tidak mengcancam keberlangsungan makhluk hidup.

  1. Usaha pengolahan tahu

Contoh industri rumah tangga ini pada umumnya berasal dari bahan kedelai yang menghasilkan tempe dan tahu. Tempe dan tahu termasuk bahan makanan yang sering dicari oleh masyarakat, sehingga usaha ini cukup menjanjikan.

  1. Pembuatan furniture

Usaha atau bisnis furniture merupakan salah satu contoh industri rumah tangga yang mampu menghasilkan barang-barang seperti rak buku, meja, kursi, dan lain-lain. Sehingga peluang furniture ini cukup baik, apalagi jikalau mampu memanfaatkan barang-barang bekas.

  1. Industri Sabun

Beberapa orang rumahan yang kreatif juga bisa membuat usaha yang satu ini. Industri sabun termasuk usaha yang cukup menarik dan tidak memerlukan modal yang besar untuk memulainya. Sehingga usaha ini bisa dicoba bagi seseorang yang ingin memulai berbisnis dari rumah.

  1. Bisnis air minum

Contoh industri rumah tangga yang terakhir adalah usaha air minum. Dimana dalam bisnis ini sangat baik dan selalu dicari banyak orang. Karena setiap orang selalu membutuhkan air untuk memenuhi arti kebutuhan hidup dirinya sendiri.

  1. Pembuatan Batu Akik

Pembuatan batu akik sebagai pernak pernik ataupun hiasan menjadi salah satu produk dalam industri rumah tangga. Apalagi dikala-kala tertentu produk ini sangat digemari oleh berbagai pihak yang melakukan koleksi atas batu-batu akik.

  1. Tanaman Hias

Salah satu contoh nyata daripada home industry dalam bidang pertanian ialah memperjual belikan tanaman hias untuk mempercantik sekaligus menghias rumah agar terlihat rapih. Maka tak khayal banyak para Ibu Rumah Tangga sampai anak-anakpun gemar dengan hasil tanaman hias.

Sebenarnya banyak sekali dalam bisnis industri rumah tangga ini, tetapi yang pasti ada beberapa ciri yang cukup terkenal diantaranya seperti;

  1. Membutuhkan modal yang tidak begitu besar
  2. Tenaga kerja atau pegawai bisa diambil dari kalangan keluarga sendiri
  3. Pemilik industri biasanya ialah kepala rumah tangga atau anggota keluarga sendiri
Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa industri rumah tangga atau home industry adalah sebuah bisnis, usaha, atau industri yang mana dalam kegiatan ekonominya menggunakan tenaga kerja kurang dari empat orang.

Kemudian didirikannya industri rumah tangga ini tentunya ada tujuan yang hendak dicapai yaitu untuk memperoleh laba atau keuntungan usaha yang sedang dirintisnya. Oleh karena itu dalam prinsip industri rumah tangga ini juga menerapkan prinsip ekonomi yaitu berupa  pengorbanan yang seminimal mungkin untuk memperoleh keuntungan yang maksimal.

Selain itu, industri rumah tangga juga bertujuan agar kegiatan ekonomi dalam skala kecil tetap berjalan stabil dan bisa memberikan kontribusi secara langsung dalam dunia bisnis.

Itulah tadi artikel yang bisa dikemukakan pada semua pembaca berkenaan dengan berbagai contoh industri rumah tangga (home industry) yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja memberikan wawasan bagi kalian yang sedang membutuhkannya.

Rating: 1.0/5. From 1 vote.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *