5 Contoh Kajian Sosiologi Konsumsi di Masyarakat

Diposting pada

Contoh Sosiologi Konsumsi

Bagian yang menjadi salah satu cabang sosiologi ekonomi ialah terkait dengan konsumsi dan gaya hidup yang terjadi di masyarakat dalam menerima bentuk perubahan sosial yang dialaminya. Prihal inilah menunjukan bahwa setiap arti masyarakat senantisa bergerak secara dinamis bukanlah statis.

Oleh karena itulah, ruang lingkup yang menjadi bagian daripada objek kajian sosiologi konsumsi ini bisanya berkenaan dengan struktur sosial dan konsumsi, alat konsumsi baru, perilaku konsumtif, dan lain sebagainya.

Sosiologi Konsumsi

Sosiologi konsumsi adalah aplikasi dan analisis terkait dengan konsep dan teori sosiologi terhadap fenomena sosial konsumsi di masyarakat yang berhubungan dengan kegiatan konsumsi industri primer, sekunder, dan tersier, perilaku konsumen, dan gaya hidup.

Contoh Sosiologi Konsumsi

Adapun untuk contoh kasus adanya kajian terkait dengan sosiologi konsumsi. Misalnya saja;

  1. Halal dan Haram

Dalam penemuan yang menjadi kasus bagian daripada arti konsumerisme di masyarakat misalnya saja adanya legalitas terkait dengan halal dan haram dalam produk makanan. Realitas sosial ini muncul karena dalam nilai agama ada bagian makanan yang dianggap layak dalam kepercayaan tertentu dan adapula yang tidak diperbolehkan.

  1. Alat konsumsi baru

Penggunaan dalam beragam alat konsumsi baru yang hadir di masyarakat bisa dikatakan sebagai bagian daripada kajian sosiologi konsumsi. Kasus contohnya seperti penggunaan pembayaraan digital yang bisa menggunakan shoppe pay later, ovo, paypal, dan lainnya.

  1. Unsur Rasa

Unsur rasa yang ada dalam produk makanan bisa menjadi bagian daripada kajian dalam sosiologi konsumsi. Apalagi di Indonesia dengan masyarakat majemuk keidentitasan daerah bisanya sangat mudah ditentukan. Contohnya saja adanya makanan dalam budaya lokal Jawa Tengah Manis, Bali Asin, dan Minang Pedas.

  1. Stratistikasi Sosial

Penggambaran dalam sosiologi kusumsi bisa mengkaji tentang adanya stratifikasi sosial yang berkembang di masyarakat. Kasusnya seperti pelebalan Warteg sebagai makanan dari kelas menengah kebawah dan sea food menengah keatas.

  1. Siap Saji

Berkembangnya makanan siap saji pada saat ini bisa dikaji dalam sosiologi konsumsi. Misalnya saja adanya identitas pangan dengan identitas makanan siap saji yang bisa saja terkesan modern dan makanan lokal terkesan tradisional.

Penggambaran seperti inilah sejatinya bisa dikaji dalam penerapan contoh konsumerisme yang berhubungan dengan bentuk tindakan sosial di masyarakat.

Semoga saja artikel sekilas yang bisa digambaran dalam contoh kasus yang menjadi kajian dalam sosiologi konsumsi di masyarakat ini bisa memberikan wawasan sekaligus pemahaman bagi kalian semuanya yang sedang membutuhkan referensinya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.