4 Contoh Keterlekatan di Masyarakat dalam Keseharian

Diposting pada

Contoh Keterlekatan

Keterlekatan yang dalam objek kajian sosiologi dikenal dengan embedded sejatinya berhubungan dengan bentuk tindakan sosial khususnya terkait dengan jaringan sosial, kegiatan perekonomian, dan struktur sosial.

Istilah ini bahkan menjadi bagian daripada teori sosiologi sebagaiman yang dikemukakan oleh Granoveter. Namun yang pasti, disadari maupun tidak adanya keterlekatan ini sangatlah mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Keterlekatan

Keterlekatan adalah tindakan ekonomi yang disituasikan secara realitas sosial dan melekat dalam keberadaan jaringan sosial personal yang berlangsung di antara para aktor yang tidak terbatas pada pada kosep aktor secara individu namun menyakut perilaku ekonomi dalam hubungan sosial yang setiap individu dan kelompok lakukan.

Contoh Keterlekatan

Untuk perwujutan dalam contoh adanya keterlekatan di masyarakat. Antara lain;

  1. Kegiatan Ekonomi

Dalam ekonomi yang berhubungan dengan industri primer, sekunder, dan tersier adanya penjelasan tentang leterlekatan kuat dan lemah misalnya saja saat keputusan seseorang menarik ATM melalui bank dimana terdapat kuat hubungan sosial antara nasabah dengan kasir dibandingkan melalui anjungan maupun mesin ATM yang terjadi hanya manusia dan mesin.

  1. Relasional

Adanya keterlekatan relasional contoh hubungan yang ada di pasar yang terjadi mobilitas sosial dagang antara penjual dengan pembeli. Keduanya saling membutuhkan satu sama lainnya sehingga terjadi hubungan yang simbang.

  1. Struktural

Setidaknya adanya perwujutan keterlekatan struktural misalnya saja yang terjadi institusi sosial (struktural) antara organisasi sosial profesi seperti IDI (Ikatan Dokter Indonesia) dengan tenaga kesehatan maupun kebijakan kesehatan yang berhubungan dengan masyarakat.

  1. Kehidupan Sehari-Hari

Adanya budaya menyumbang yang ada di masyarakat yang biasanya besaran membantu maupun menyumbang tersebut disesuaikan dengan strata sosial dan status sosial seseorang. Prihal ini masyarakat yang melebeli seorang penguasa membantu lebih tinggi daripada buruh ataupun bandiangan bentuk kelas sosial lainnya

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa kajian tentang keterlekatan ini berhubungan erat dengan sosiologi ekonomi dengan konsep pendekatannya lebih lebih pada hubungan sosial antara perilaku bentuk kelompok sosial tertentu dan insitusi ataupun tipe lembaga sosial yang ada.

Itulah saja artikel yang bisa dikemukakan pada semua kalangan berkenaan dengan contoh adanya keterlekatan di masyarakat dalam keseharian. Semoga saja memberikana materi yang dibutuhkan temen-temen sekalian. Trimakasih,

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.