Contoh Inovasi Bidang Teknologi di Masyarakat

Diposting pada

Inovasi Bidang Teknologi

Kata “inovasi” pada hakekatnya berasal dari kata kerja bahasa Latin innovare yang artinya memperbaharui sehingga dalam hal ini arti inovasi pada intinya memperbaiki atau mengganti sesuatu dengan lebih berguna baik berupa proses, produk, ataupun layanan.

Disisi lain, inovasi yang berkembang di masyarakat terdapat berbagai macam salah satunya ialah penggunaan teknologi dalam berbagai kehidupan. Misalnya saja perikanan, pertanian, pemberian informasi, produk pangan, bidang industri, pendidikan, bidang kesehatan, dan lainnya. Akan tetapi yang pasti, penemuan atas inovasi ini diaharapkan mampu meningkatkan ketepat gunaan dalam memperoleh hasil maksimal tanpa merusak penemuan yang sebelumnya telah ada atau dikembangkan.

Inovasi Teknologi

Inovasi teknologi adalah serangkaian produk yang dihasilkan dari proses baru sehingga dianggap lebih baik dari teknologi yang sebelumnya, adapapun untuk karakteristik teknologinya tentusaja sangat berbeda dari yang sebelumnya.

Sehingga inovasi produk teknologi yang diimplementasikan dapat berupa produk baru (inovasi produk) atau proses dalam aplikasi (inovasi proses) yang telah dipasarkan.

Contoh Inovasi Teknologi

Berikut ini contoh inovasi penting yang membantu umat manusia dan mempengaruhi perkembangan teknologi. Antara lain;

  1. Internet/Web/Search Engine (Mesin Pencari)

Mesin pencarian dengan teknologi menjadi penemuan terbesar dan penting di seluruh dunia. Penemuan ini membantu orang di seluruh dunia untuk berkomunikasi dan mencari apa pun atau informasi yang dibutuhkan.

Adapun disisi lain, teknologi internet dimulai pada awal 1960-an dan mengalami kemajuan pesat dari hari ke hari hingga bermunculan sejumlah besar mesin pencari seperti: Google, Bing, Yahoo, Ask.com, AOL.com, Baidu, WolframAlpha, Yandex.

  1. Surel

Surel adalah penemuan penting kedua di dunia yang merupakan metode pertukaran pesan antara orang-orang menggunakan perangkat elektronik.

Surel mulai digunakan dan menyebar luas pada tahun 1990 dan memiliki perkembangan dari hari ke hari menggunakan beberapa protokol SMTP, POP3, dan IMAP. Surel memiliki banyak domain seperti: Outlook.com, Gmail, Yahoo Mail, Inbox.com, iCloud, Mail.com, AOL Mail, Zoho Mail.

  1. Ponsel dan Smartphone 

Ponsel dan smartphone membuat revolusi besar dalam komunikasi antar manusia. Ponsel tradisional diciptakan dengan fitur terbatas, kemudian seiring perkembangan teknologi, muncullah smartphone yang diciptakan dengan beragam fitur komunikasi yang hebat.

Adapun untuk kebanyakan perusahaan-perusahaan yang berlomba-lomba dalam mengembangkan smartphone diantaranya yaitu: Samsung, Apel, Huawei, Lenovo, Xiaomi, LG, ZTE, Oppo.

  1. Kamera Digital

Mengambil foto dan menyimpan momen-momen berharga pada awalnya sangat sulit, tapi saat ini pembuatan kamera mengalami revolusi besar, karena kamera memiliki fitur-fitur yang membuat gambar lebih jelas.

Seperti halnya perusahaan smartphone, perusahaan digital melakukan yang terbaik untuk menciptakan fitur baru untuk ditambahkan pada kamera. Perusahaan-perusahaan tersebut diantaranya yaitu: Canon, Fujifilm, Leica, Nikon, Olympus, Panasonic, Pentax, Sony.

  1. Laptop dan Wi-Fi

Setelah revolusi besar komputer desktop, Laptop tampaknya membuat penggunaan internet dan teknologi menjadi lebih mudah. Dulu menggunakan internet harus melalui kabel, tapi sekarang menggunakan internet bisa tanpa kabel yang dikenal dengan Wi-Fi.

Revolusi ini memungkinkan perusahaan untuk mengembangkan lebih banyak laptop. Perusahaan-perusahaan tersebut diantaranya yaitu: Hewlett Packard (HP), Lenovo, Dell, Asus, Apel, Acer, Microsoft, Razer.

  1. GPS

Global Positioning System adalah salah satu penemuan hebat yang digunakan untuk mengalokasikan tempat. Ini adalah sistem navigasi radio berbasis satelit yang dimiliki oleh pemerintah Amerika Serikat dan dioperasikan oleh Angkatan Udara Amerika Serikat.

GPS ini seringkali dipergunakan dalam aplikasi militer dan oleh kru darurat untuk menemukan orang yang membutuhkan bantuan.

  1. Artificial Intelligence (AI)

Al mengacu pada simulasi kecerdasan manusia dalam mesin yang diprogram untuk berpikir seperti manusia dan meniru tindakan mereka. Istilah ini juga dapat diterapkan pada mesin apa pun yang menunjukkan ciri-ciri yang terkait dengan pikiran manusia seperti pembelajaran dan pemecahan masalah.

AI telah menerima investasi finansial besar-besaran selama beberapa tahun terakhir. Menurut Forbes, saat ini 80% perusahaan berinvestasi di dalam pengembangan Al atau berencana untuk memperluas investasi apabila AI sudah ada.

Banyaknya investasi tersebut telah memunculkan beberapa inovasi dalam pembelajaran yang lebih mendalam terkait Al. Dengan semua arus kas ini, banyak ahli teknologi percaya AI akan benar-benar “menjadi dewasa (come of age)” dalam beberapa tahun ke depan.

  1. Kecepatan Internet Secepat Kilat

Keinginan untuk menggunakan koneksi internet yang lebih cepat benar-benar mendorong kemajuan teknologi. Bisnis dan pengguna pribadi terus-menerus menuntut waktu respons yang lebih cepat.

Dengan kecepatan internet secepat kilat yang akan segera terjadi, ini seharusnya dapat mengubah banyak aspek kehidupan kita. Jika itu tercapai, maka akan meningkatkan efisiensi pekerja dan akan menyediakan alat komunikasi yang andal bagi perusahaan yang mengandalkan pekerja jarak jauh.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, 5G kemungkinan bisa mengubah dunia seperti halnya internet “biasa” beberapa dekade lalu.

  1. Smart Tech (Teknologi Pintar)

Semakin banyak aktivitas dalam kehidupan kita yang terintegrasi dengan teknologi pintar. Rumah kita tidak terkecuali.

Permintaan terhadap peralatan rumah tangga pintar dan sistem hiburan rumah yang lebih baik mengubah cara kita bersosialisasi, entah baik atau buruk. Tren saat ini tampaknya menunjukkan permintaan yang lebih besar untuk lebih mengontrol cara kita menghibur diri di rumah dari teknologi.

  1. Perangkat Medis yang dapat Ditelan

Perangkat media berukuran kecil yang dapat ditelan saat ini sedang dikembangkan. Perangkat media ini dirancang untuk bisa mengetahui gambar isi perut kita tanpa perlu obat bius. Alat ini bahkan bisa digunakan pada bayi dan anak-anak.

Setelah sepenuhnya dikembangkan, perangkat medis kecil ini akan merevolusi cara profesional medis mendiagnosis dan memantau beberapa penyakit yang sangat serius, seperti kanker dan disfungsi usus.

  1. Inovasi dalam Pemberdayaan dengan Teknologi

Adanya konsep dalam arti pemberdayaan masyarakat dengan mempergunakan teknologi sudah terjadi di Indonesia. Hal ini secara nyata ditunjukan oleh Kampung Marketer di Kabupaten Puralingga, Indonesia. Kampung Markter berhasil menciptakan inovasi dengan pemaksimalakan berbagai contoh sosial media untuk periklanan yang kemudian merekrut pemuda desa untuk menjadi salah satu jenis tenaga kerjanya.

Akibat hal inilah setidaknya konsep inovasi dalam penggunaan teknologi berhasil dilakukan Kampung Marketer dengan pola pemberdayaan kepada masyarakat.

Itulah tadi artikel yang bisa diberikan terkait dengan berbagai contoh inovasi pada bidang teknologi yang sudah dijalankan.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *