Pengertian Kriminalitas, Ciri, Penyebab, dan Dampaknya

Diposting pada

Pengertian Kriminalitas Menurut Para Ahli

Contoh penyimpangan sosial yang sampai mengarah pada ranah melanggar nilai dan norma hukum dan pelaku dijatuhi hukum pidana disebut kriminalitas. Kriminalitas merupakan fenomena sosial yang mencacati kehidupan. Oleh karena itulah, penjelasan lebih lanjut, artikel ini mengulas tentang pengertian kriminalitas, ciri, penyebab, dan dampaknya.

Kriminalitas

Kriminalitas merupakan asalnya dari kata “crimen” yang artinya kejahatan, tindak kriminal, atau juga diartikan suatu tindakan kejahatan, sehingga merupakan tindakan yang bersifat negatif. Seringkali, tindakan ini akan merugikan banyak pihak dan pelaku tindakannya disebut sebagai seorang kriminal.

Pengertian Kriminalitas

Pengertian kriminalitas sederhananya merupakan segala tindakan atau sesuatu yang dilakukan individu, kelompok, ataupun komunitas yang melanggar hukum atau suatu tindakan kejahatan, sehingga mengganggu keseimbangan atau stabilitas sosial dalam masyarakat.

Pengertian Kriminalitas Menurut Para Ahli

Adapun penjelasan mengenai kriminalitas, dalam pandangan para ahli adalah sebagai berikut

Susilo

Definisi kriminalitas dalam pandangannya merupakan suatu perbuatan yang merugikan parakorban, juga masyarakat karena fenomena ini menghilangkan ketentraman dan ketertiban

Kartono

Pengertian kriminalitas mencakup segala aktivitas yang dilawan atau tidak disetujui oleh masyarakat karena melanggar aturan agama, sosial, dan hukum, juga merugikan secara psikologis maupun ekonomis

Elliat

Definisi kriminalitas merupakan tingkah laku atau tindakan yang melanggar hukum. Oleh karena itu, mendapat hukuman berupa hukum denda penjara, bahkan hukuman mati.

A. Bonger

Menurut Bonger, kriminalitas adalah perilkau antisosial yang dipraktikkan secara sadar maupun tidak sadar yang dilakukan oleh individu, kelompok ataupun komunitas.

E. Sahetapy Dan B. Mardjono Reksodipuro

Kriminalitas yakni kejahatan, setiap perbuatan yang diberi sanksi berupa pidanan dan dilarang oleh masyarakat karena melanggar norma-norma yang disepakati oleh masyarakat dalam kehidupan. Selengkapnya, baca; Pengertian Kejahatan, Penyebab, dan Contohnya

Dari pengertian para ahli di atas tentang kriminalitas, bisa disimpulkan secara umum bahwa kriminalitas merupakan sebagai perbuatan atau perilaku menyimpang yang melanggar aturan-aturan dan mengganggu atau memberi goncangan ketertiban masyarakat, sehingga pelakunya akan dijatuhi hukum pidana.

Ciri-Ciri Kriminalitas

Adapun ciri-ciri awal akan kemunculan kriminalitas antara lain sebagai berikut:

Sistem Yang Tidak Adil

Secara naluriah, manusia adalah pencemburu, terutama dalam hal kekayaan dan kekuasaaan. Oleh sebab itu, kesenjangan yang lahur diikuti oleh aksi-aksi kriminal untuk menyetarakan atau mengimbanginya.

Suasana Atau Lingkungan Yang Individualis

Acapkali, individu yang dari lingkungan individualis akan terjun bebas menjadi seorang kriminal. Oleh karena, lingkungan tadi mengarahkannya untuk egois dan menomersatukan dirinya dengan lingkungan sekitar.

Kemiskinan Yang Di Derita

Problem klasik dalam kehidupan dari ciri-ciri kriminal adalah alasan kemiskinan. Seringkali dilontarkan sebagai tameng dan pembenaran dari setiap pelaku kriminal yang tertangkap dan berharap mendapat keringanan dari jeratan hukum. Selengkapnya, baca; Pengertian Kemiskinan, Jenis, dan Cirinya

Nafsu Yang Tidak Terkendali

Ketika individu menggebu-gebu untuk mendapatkan sesuatu, beragam cara rela ditempuh untuk memenuhi nafsu tadi, bahkan dengan menghalalkan segala cara. Misalnya saja, individu tadi melakukan mencuri atau pencurian untuk memenuhi atau karena nafsunya.

Rasa Benci

Tindakan kriminal atau menyimpang yang dilakukan terpancing karena rasa benci di dalam hati seseorang atau kelompok pada seseorang, kelompok atau komunitas yang lain. Hal ini, secara nyata telah banyak terjadi di dalam kehidupan masyarakat.

Penyebab Kriminalitas

 Berikut inilah beberapa penyebab kriminalitas , diantaranya adalah sebagai berikut:

Urbanisasi Serta Industrialisasi

Keadaan yang diakibatkan dari urbanisasi dan industrialisasi di suatu Negara, misal Negara berkembang, pasti berada dalam posisi dilema perpindahan. Hal ini karena akan mengakibatkan ledakan penduduk yang nantinya menjadi penyebab naiknya tingkat kriminalitas.

Kondisi-Kondisi Sosial

Beragam kondisi sosial sebagai penyebab kriminalitas yang merugikan kehidupan manusia. Misalnya, beragam jenis pengangguran, kemiskinan yang makin menjamur, kondisi lingkungan yang mendukung individu melakukan kejahatan, kepincangan sosial, tekanan mental serta kebencian.

Moral

Kunci dari individu atau kelompok melakukan atau tindakan melakukan kriminalitas adalah karena moralitas. Oleh karena, moral atau moralitas tentang opini seseorang mengenai sesuatu. Dalam hal ini, kriminalitas terjadi bukan karena ada celah, namun dari penilaian baik atau buruk dari seseorang.

Degradasi Mental

Penyebab ini lahir dari tingkat stres, depresi, serta tidak menemukan tempat untuk melampiaskan atau sebagai pelampiasan rasa kesal. Oleh sebab itu, membuat seseorang melakukan kriminalitas supaya meredam degradasi mentalnya. Dengan kata lain, tindakan itu adalah wujud katarsisnya.

Tingkat Pendidikan

Pendidikan yang masih mahal, sampai saat ini, juga belum bisa sepenuhnya mereta disebagian daerah menyebabkan terjadinya kriminalitas. Hal ini karena, mereka tidak memiliki pendidikan sehingga sulit untuk mendapat pekerjaan.

Gengsi Yang Tinggi

Kemajuan berjalan sangat cepat, setiap detiknya ada terjadi kemajuan, termasuk di bidang teknologi. Hal ini membuat sebagian sulit mengikutinya, namun ada yang dengan berlomba-lomba terus mengikuti perkembangan padahal secara nyata individu itu tidak mampu. Tindakan ini sebagai pemantik dari penyebab kriminalitas, karena demi gengsi sampai nekat merampok.

Dampak Kriminalitas 

Dampak dari kriminalitas mempunyai dua sisi, ada yang negatif dan positif, karena sesuatu itu pasti bersifat dualisme. Antara lain sebagai berikut:

Dampak Negatif Kriminalitas

Akibat Negatif dari prilaku kriminalitas yang menjadi contoh kejahataan ini, antara lain sebagai berikut;

Cacat Tubuh Serta Mental

Tindakan kriminal yang ekstrim atau sadis akan mengakibatkan kerugian scara psikis juga raga pada korban. Misal, perampokan yang disertai dengan penganiayaan, pemerkosaan, pembunuhan, dan sebagainya.

Traumatis

Dampak negatif kriminalitas yang fundamental adalah terjadi trauma pada korban. Hal ini terjadi misalnya karena pelaku kriminal menodongkan senjata tajam ke arah korban.

Merusak Keamanan

Tingginya tindakan kriminalitas berdampak pada kerusakan keamanan di dalam hidup bermasyarakat, seperti ketakutan, kecemasan, dan lain sebagainya.

Banyak Hal Yang Terbuang

Gangguan-gangguan kriminalitas yang muncul di dalam masyarakat oleh pelaku kriminal akan menyebabkan banyak materi serta energi yang keluar dengan sia-sia dari berbagai pihak terkait.

Dampak Positif

Adapun untuk akibat postifnya dari prilaku kriminalitas ini, antara lain;

Peningkatan Solidaritas

Teror-teror kriminalitas yang terjadi di dalam masyarakat, membuat rasa solidaritas dalam diri mereka semakin tumbuh dan berkembang demi keamanan bersama.

Evaluasi Hukum

Pranata atau lembaga-lembaga yang terkait hukum semakin melakukan revisi untuk memperkuat tenaga atau kekuatan hukum, serta menambahg kekuatan-kekuatan lainnya dalam menekan kriminalitas.

Efek Jera Media

Efek jera media ini terwujud dalam pemberitaan kriminal yang menyiarkan pemberitaan penangkapan, membantu pihak tertentu dalam mengusut kejahatan, juga mempersempit ruang gerak pelaku kriminal. Selengkapnya, baca; Pengertian Genosida, Bentuk, dan Contohnya

Demikinalah pembahasan mengenai pengertian kriminalitas, ciri, penyebab, dan dampaknya. Semoga dengan adanya penjelasan ini bisa memberikan referensi serta memberikan pemahaman bagi setiap pembaca yang mencari “Perihal Kriminalitas” khususnya dipelejari pada sosiologi krimialitas. Terimakasih

Berikan Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *