Jenis Objek Material Sosiologi dan Contohnya

Diposting pada

Contoh Objek Material Sosiologi

Pada hakekatnya setiap kehidupan manusia sebagai makhluk sosial yang terlibat secara langsung dengan lingkungan sosial tidak akan terlepas dari yang namanya kajian sosiologi.

Terlebih lagi manusia yang disebut sebagai makhluk sosial ini seringkali melakukan interaksi sosial dengan banyak orang yang ada disekitar lingkungan hidupnya. Karena pada dasarnya manusia memang tidak dapat hidup sendiri dan selalu memerlukan bantuan orang lain dengan sebab itulah sosiologi dalam hal ini memiliki objek kajian secara material.

Objek Material Sosiologi

Objek material adalah objek kajian sosiologi akan senantiasa berkaitan dengan fisik maupun kultural (unsur budaya) yang pada akhirnya menjadi ‘materi’ ataupun serangkaian pembahasan utama berupa ilmu pengetahuan tersebut.

Maka, pengertian objek material adalah suatu objek kajian sosiologi yang nampak secara kasat mata dan berada disekitar lingkungan hidup manusia. Oleh karena itulah objek material ini terbagi lagi mejadi dua macam yaitu objek material fisik dan objek material non-fisik.

Jenis Objek Material Sosiologi

Adapun untuk macam-macam objek material dalam ilmu sosiologi, antara lain;

  1. Material fisik

Objek material fisik adalah objek kajian sosiologi yang bisa diteliti atau dianalisis menggunakan penelitian empiris dengan mempergunakan observasi atau penelitian yang bisa dilakukan secara langsung sehingga tidak memerlukan penelahan tertentu.

  1. Material Non Fisik

Objek material non fisik adalah objek kajian yang ada di dalam ciri sosiologi sebagai pengetahuan dengan bisa diteliti dengan berbagai diskusi dan pandangan-pandangan teoritis mengenai objek yang sedang ingin dilakukan analisis

Contoh Objek Material Sosiologi

Adapun untuk beberapa contoh yang termasuk dalam objek material ilmu sosiologi. Antara lain;

  1. Gejala Sosial

Berbagai bentuk gejala sosial yang muncul dan berkaitan secara langsung dengan kehidupan masyarakat secara luas termasuk contoh nyata dalam objek material ilmu sosiologi. Oleh karena itu setiap manusia akan merasa setiap gejala-gejala sosial tersebut.

Kasusnya

Seperti sepanjang Tahun 2020. Indonesia dan beberapa negara lainnya di seluruh dunia mengalami pandemi covid 19. Yang mana semua orang harus melalukukan social distancing sehingga adanya pembatasan dalam interaksi sosial ini kecenderungannya lebih rawan ketika ada isu-isu sensitif.

  1. Fenomena Sosial

Adanya berbagai peristiwa atau berbagai contoh fenomena sosial yang didalamnya membentuk berbagai pola hubungan antar individu, individu dan kelompok, atau kelompok dengan kelompok maka disebut sebagai objek material sosiologi.

  1. Interaksi Sosial

Objek material sosiologi pada dasarnya tidak hanya terbaas pada gejala-gejala sosial yang ada di lingkungan masyarakat, akan tetapi pelaku-pelaku atau manusia yang terlibat langsung dalam berbagai interaksi sosial juga disebut sebagai objek material yang kapanpun dapat dianalisis maupun diteliti demi kebutuhan ilmu pengetahuan.

Dari penjelasan yang dikemukakan. Perlu diketahui bahwa sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang kehidupan sosial mulai dari proses sosial, struktur sosial, serta perubahan sosial. Sehingga dalam hal inilah diperlukan penelitian ilmiah dari berbagai interaksi sosial yang hasil akhirnya bernama organisasi sosial.

Nah, demikinalah rangkaian penjelasan dan ulasan yang bisa kami uraikan pada semua kalangan. Berkenaan dengan pengertian objek material sosiologi, macam, dan contohnya yang ada di dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberi referensi.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *