Pengertian Adjustment dan Contohnya Lengkap

Diposting pada

Pengertian Adjustment dan Contohnya

Masyarakat yang menganggap perubahan sosial sebagai tantangan akan melakukan berbagai cara yang dilakukan untuk dapat menyesuaikan dengan perubahan sosial yang berdampak positif bagi kehidupannya. Upaya penyesuaian yang dilakukan oleh masyarakat tersebut terutama dalam menghadapi perubahan sosial salah satunya adalah adjusment. Oleh karaena itulah dalam tulisan ini akan mengemukakan tentang pengertian adjustment dan contonya.

Adjustment

Secara umum, pemahaman mengenai istilah adjustment ini iyalah usaha yang dilakukan oleh masyarakat dengan pandangan mampu melakukan penyesuaian terhadap bentuk perbuahan sosial yang diakibatkan. Misalnya dalam modernisasi, globalisasi, dan juga dalam westernisasi.

Pengertian Adjustment

Pengertian adjustment adalah proses penyesuaian setelah terjadi perubahan sosial yang tidak sesuai dengan budaya masyarakat. Adjustment muncul akibat ketidakseimbangan yang terjadi dalam masyarakat sehingga memerlukan penyesuaian agar dianggap pulih kembali seperti sediakala.

Masyarakat yang mudah melakukan penyesuaian adalah masyarakat yang bersifat terbuka, siap terhadap perubahan, dan cenderung memiliki tingkat pengetahuan yang lebih tinggi sehingga bisa menghadapi dan menyesuaiakn dirinya dalam proses perubahan sosial.

Contoh Adjustment

Contoh yang dapat diberikan mengenai adjustment ini adalah urbanisasi yang secara sederhananya diartikan sebagai adanya perpindahan penduduk dari desa ke kota. Tujuan urbanisasi iyalah untuk mendapatkan kulitas kehidupan yang lebih baik, meskipun dari proses ini memiliki dampak yang kurang baik.

Akan tetapi pastinya, dalam proses urbanisasi masyarakat lebih mengedepankan penyesuaian dengan perkembangan zaman. Apalagi segala bentuk fasilitas yang ada di kota merupakan salah satu hal yang menjadi daya tarik tersendiri dalam menghadapi dan melakukan perubahan sosial yang lebih baik.

Dari keterangan mengenai Pengertian Adjustment dan Contohnya di atas dapatlah dikatakan jika pada proses perkembangan disetiap sisi manusia selalu membutuhkan kenyamanan, ketenangan, dan kondisi yang lebih baik. Oleh karena itulah dalam setiap tingkah dan tindakan manusia selalu ingin menemukan cara baru atau cara lama dalam mempertahankan kehidupan yang diajalaninya. Selengkapnya, bacaContoh Adjustmen dan Maladjustment

Demikinalah penjelasan secara lengekap mengenai Pengertian Adjustment dan Contohnya. Semoga dengan adanya penjelasan ini bisa memberikan wawasan dan juga memberikan pelajaran yang berharga bagi pembaca yang ingin mengenai lebih dalam terhadap Materi Adjustment. Tramakasih.

5 (100%) 1 vote

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *