Contoh Status Sosial dalam Kehidupan Sehari-Hari

Diposting pada

Contoh Status Sosial dalam Kehidupan sehari-hari

Status sosial merupakan kedudukan individu di lingkungan sosial kemasyarakatan yang mampu didapat secara otomatis, baik melalui usaha atau pun pemberian. Semakin tinggi status sosial yang dimiliki seseorang yang ada di dalam masyarakat, maka tentu saja akan semakin tinggi pula penghargaan masyarakat terhadap diri mereka.

Oleh karena itu, upaya untuk mendapat status sosial yang tinggi akan terus dilakukan oleh masyarakat di dalam hidup bermasyarakat.

Status Sosial

Status sosial adalah serangkaian peranan yang diberikan oleh masyarakat kepada seseorang/individu dengan diukur dari adanya jabatan, pendidikan, luasnya pengetahuan yang dimiliki, kekayaan, faktor politik, keturunan, dan agama.

Sehingga kondisi inilah menjadikan kelekatan dalam diri setiap individu berbeda dengan orang lainnya. Lebih jaub lagi perbedaan ini terkadang mencipatakan kesenjangan sosial, misalnya saja untuk si miskin dan kaya memiliki status sosial yang berbeda.

Contoh Status Sosial

Adapun untuk memperjelas atas arti yang telah disebutkan di atas, setidaknya dalam hal ini kami akan menguraikan beragam contoh status sosial yang mudah ditemukan untuk kehidupan sehari-hari. Antara lain sebagai berikut;

  1. Laki-laki

Laki-laki merupakan contoh status sosial yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari. Status sosial ini merupakan jenis status sosial yang berkategori ascribed status. Status sosial yang mana didapatkan secara otomatis tanpa adanya usaha untuk mendapatkannya. Jadi, status sosial laki-laki tersebut diperoleh secara langsung ketika dari lahir.

  1. Perempuan

Perempuan juga merupakan contoh status sosial yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari. Status sosial ini merupakan status sosial ascribed status. Status sosial yang mana didapatkan secara otomatis tanpa adanya usaha untuk mendapatkannya.

Jadi, status sosial perempuan tersebut diperoleh secara langsung ketika dari lahir.

  1. Anak Sulung

Anak sulung merupakan salah satu contoh status sosial dalam kehidupan sehari-hari. Anak sulung tentu saja adalah anak pertama.

Status sosial sebagai anak sulung tentu saja otomatis diterima atau secara langsung didapatkan tanpa adanya usaha terlebih dahulu. Hal tersebut tentu saja sudah sangat umum dan diterapkan oleh seluruh masyarakat yang ada di indonesia atau bahka yang di dunia.

  1. Anak Bungsu

Anak bungsu juga merupakan salah satu contoh status sosial dalam kehidupan sehari-hari. Anak bungsu tentu saja adalah anak yang lahir terakhir.

Status sosial sebagai anak bungsu tentu saja otomatis diterima atau secara langsung didapatkan tanpa adanya usaha terlebih dahulu. Status sosial tersebut tentu saja sudah diterima dan diterapkan dalam seluruh tatanan masyarakat yang ada di Indonesia ataupun oleh masyarakat di dunia.

  1. Anak Bangsawan

Contoh status sosial yang lain adalah anak bangsawan. Anak bangsawan merupakan anak yang terlahir di dalam keluarga bangsawan.

Status sosial sebagai anak bangsawan tersebut diterima secara otomatis oleh anak yang lahir dari keluarga bangsawan, tanpa harus ada usaha terlebih dahulu. Hal tersebut tentu saja masuk ke dalam jenis status sosial ascribed status, atau status sosial yang langsung didapatkan.

  1. Anak Kepala Suku

Status sosial yang lainnya adalah anak kepala suku. Anak kepala dalam arti suku merupakan anak yang terlahir di dari keluarga suku tertentu yang ada di suatu daerah.

Status sosial sebagai anak kepala suku tersebut diterima secara otomatis oleh anak yang lahir dari seorang kepala suku, tanpa harus ada usaha terlebih dahulu. Hal tersebut tentu saja masuk ke dalam jenis status sosial ascribed status, atau status sosial yang langsung didapatkan.

  1. Anak Presiden

Selain anak dari seorang kepala suku yang menerima status sosial secara otomatis, begitu juga dengan anak presiden. Anak presiden merupakan anak yang terlahir di dalam keluarga seorang presiden.

Status sosial sebagai anak bangsawan tersebut diterima secara otomatis oleh anak yang lahir dari seorang presiden di suatu negara. Status sosial tersebut didapatkan tanpa harus ada usaha terlebih dahulu. Hal tersebut tentu saja masuk ke dalam jenis status sosial ascribed status, atau status sosial yang langsung didapatkan.

  1. Sarjana

Status sosial atau gelar yang selanjutnya adalah sarjana. Sarjana merupakan status sosial yang diperoleh dengan menggunakan usaha untuk mendapatkannya. Gelar seorang sarjana diperoleh dengan cara menyelesaikan studi atau pendidikan tingkat strata 1 atau S1.

  1. Pahlawan Nasional

Pahlawan nasional merupakan salah satu contoh status sosial yang ada di masyarakat. Status atau gelar pahlawan nasional tersebut diberikan kepada warga negara yang semasa hidupnya telah melakukan aksi kepahlawanan yang luar biasa bagi kepentingan bangsa dan negara.

Warga negara tersebut mendapatkannya melalui prestasi-prestasi dan perjuangan yang sungguh luar biasa, sehingga diberikan gelar sebagai pahlawan nasional.

  1. Dokter

Dokter merupakan contoh status sosial atau gelar yang tidak kalah penting dalam kehidupan bermasyarakat. Dokter sering kali banyak kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Dokter merupakan status sosial atau gelar yang didapatkan melalui usaha yang cukup keras melalui pendidikan dan juga pengalaman dalam melakukan tindakan penyelamatan, penanganan, dan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat.

  1. Penghargaan Kalpataru

Penghargaan Kalpataru merupakan status sosial yang diberikan kepada individu atau kelompok yang berjasa terhadap pelestarian lingkungan. Status sosial tersebut diberikan karena peranannya dalam menjaga, serta melestarikan lingkungan.

  1. Pengacara

Pengacara merupakan salah satu status sosial yang ada didalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam bidang hukum. Pengacara merupakan status sosial yang diperoleh melalui usaha yang dilakukan sendiri melalui pendidikan dan pengalaman dalam penegakan dalam lembaga hukum. Pengacara tersebut termasuk dalam status sosial achieved status.

  1. Anumerta

Anumerta merupakan statu sosial yang dikenal dikalangan masyarakat. Status sosial tersebut atau gelar tersebut diberikan kepada warga negara khususnya anggota bersenjata yang meninggal dalam menjalankan tugasnya yang berjasa bagi negara.

Gelar tersebut sengaja diberikan kepada warga negara yang membela negara hingga meninggal dan termasuk ke dalam assigned status.

  1. Wartawan

Wartawan merupakan salah satu status sosial yang dapat diperoleh melalui usaha dan kerja keras. Wartawan tentu saja merupakan status sosial yang kerap kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Wartawan memperoleh gelarnya melalui pendidikan dan pengalamannya.

  1. Veteran

Contoh lain dari status sosial yang ada di dalam masyarakat adalah status sosial sebagai seorang veteran. Status sosial veteran diberikan kepada warga negara yang turut andil dalam peperangan membela tanah air dan perdamaian dunia.

  1. Doktor Honoris Causa

Doktor honoris causa merupakan status atau gelar kehormatan yang diberikan kepada orang yang berjasa dalam ilmu pengetahuan dan kemanusiaan. Gelar ini diberikan oleh sebuah perguruan tinggi atau universitas dan penerima gelar ini bisa dari lulusan perguruan tinggi maupun bukan.

  1. Kepala Desa

Kepala desa merupakan status sosial yang ada di dalam kehidupan sehari-hari. Status sosial sebagai kepala desa tentu saja diperoleh melalui pengalamannya dalam memimpin dan memiliki gagasan yang dapat memberikan kemajuan terhadap desa. Status sosial tersebut diperoleh dengan melalui usaha yang cukup keras.

  1. Satyalancana Karya Satya

Satyalancana Karya Satya merupakan status sosial yang diberikan kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang mengabdi selama 10, 20, 30 atau lebih dan menunjukkan kedisiplinan, kecakapan, kesetiaan, dan pengabdian selama bekerja.

  1. Kepala Sekolah

Kepala sekolah merupakan status sosial yang diperoleh melalui usaha. Kepala sekolah merupakan status yang diberikan kepada guru yang memiliki kemampuan yang baik dan prestasi yang cukup mumpuni, sehingga kemudian diberikan jabatan sebagai kepala sekolah.

  1. Emeritus atau Emerita

Emeritus atau Emerita merupakan salah satu contoh kelompok sosial dalam masyarakat yang diberikan kepada seorang pensiunan profesor, uskup, dan pekerja profesional lainnya. Emeritus diberikan kepada pensiunan pria, sedangkan Emerita diberikan kepada pensiunan wanita.

Nah, itulah tadi serangkain penjelasan serta pengulasan secara lengkap kepada segenap pembaca terkait dengan beragam contoh status sosial di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga melalui materi ini bisa memberikan referensi kepada segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *