Pengertian Ascribed Status dan Contohnya

Diposting pada

Contoh Ascribed Status

Diakui ataupun tidak status sosial pada hekaktnya kehormatan atau prestise yang melekat pada posisi seseorang dalam lingkungan sosial bermasyarakat. Tentusaja realitas sosial dapat merujuk pada pangkat maupun posisi yang dipegang seseorang dalam suatu bentuk kelompok sosial tertentu. Misalnya saja seperti putra atau putri, teman bermain, murid, dan lain-lain. Namun yang pasti jenis status sosial seseorang ditentukan dengan cara yang berbeda. Seseorang dapat memperoleh status sosialnya dengan pencapaiannya sendiri, yang dikenal sebagai achieved status.

Banyak contoh achieved status yang dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari misalnya saja adanya seorang pelajar yang giat bersekolah sekaligus berpretasi sehingga kemudian ia menjadi salah satu pejabat politik berpengaruh di wilayahnya.

Achieved Status

Achieved status dalam sejaragnya konsep yang dikembangkan oleh antropolog Ralph Linton untuk merujuk pada posisi sosial yang dapat diperoleh seseorang berdasarkan prestasi yang dimiliki, pernyataan ini adalah kebalikan dari ascribed status, lantaran di dalamnya untuk karakteristik achieved status mencerminkan keterampilan, kemampuan, serta upaya pribadi.

Atau dengan kata lain achieved status atau status yang dicapai merupakan pengakuan yang diperoleh sebagai hasil pencapaian dan prestasi pribadi, yang berfungsi sebagai cerminan kemampuan, pilihan, atau upaya pribadi seseorang.

Pengertian Achieved Status

Achieved status merupakan kedudukan yang diperoleh karena seorang individu tidak diberikan kepadanya saat lahir sehingga prihal ini tidak tergantung pada keluarga, ras atau etnisnya, oleh karena itulah status ini tidak bersifat kaku, dan dapat diberikan siapa saja berdasarkan prestasi.

Contoh Achieved Status

Adapun untuk contoh status sosial achieved status diantaranya yaitu:

  1. Seseorang mahasiswa yang bisa lulus kuliah tepat waktu

Sederhana dari achieved status adalah seorang mahasiswa yang berhasil menyelesaikan masa studinya secara tepat waktu. Hal itu tentunya dapat dicapai melalui usaha dan kerja keras, serta ketekunan selama masa kuliah, baik dalam menyelesaikan tugas-tugas dari dosen, mengerjakan ujian, dan berbagai hal lainnya.

  1. Mahasiswa yang berhasil mendapatkan beasiswa ke luar negeri

Untuk dapat mendapatkan beasiswa kuliah ke luar negeri tentunya bukan hal yang mudah. Oleh sebab itu, agar seseorang bisa meraihnya, dia harus memiliki kecerdasan dan melakukan kerja keras yang luar biasa, terlepas dari apakah dia berasal dari golongan ekonomi kelas tingga atau kelas rendah.

  1. Seseorang yang berhasil menjadi dokter

Status yang diraih atau dicapai mengacu pada tingkat status yang diperoleh seseorang dalam masyarakat, diantaranya melalui faktor dalam arti pendidikan dan pekerjaan.

Misalnya yaitu status yang diperoleh seseorang ketika menjadi dokter setelah bertahun-tahun belajar dan mempersiapkan diri. Memiliki kredibilitas menjadi seorang dokter adalah status yang dicapai lebih tinggi daripada kredibilitas menjadi seorang mahasiswa kedokteran.

  1. Pendapatan dan kekayaan yang dimiliki seseorang atas hasil kerja keras yang dilakuan

Pendapatan dan kekayaan yang tersimpan merupakan hal yang umum bagi individu untuk memberi sinyal kekayaan dengan produk-produk diakui oleh orang-orang termasuk dalam kategori mahal. Pendapatan yang tinggi dan kekayaan yang dimiliki seseorang bisa diperoleh melalui kerja keras yang dilakukan.

Meskipun ada pula kekayaan yang memang diwariskan dari keluarga, tapi kerja keras seseorang yang awalnya kurang mampu juga bisa membawanya menjadi orang yang kaya raya dengan pendapatan tinggi sehingga penentukan peran sosialnya di masyarakat.

  1. Seseorang yang menjadi penjahat atau pecandu narkoba

Kenyataannya, status sosial yang diraih dan dicapai tidak selalu bersifat positif, tapi ada pula yang bersifat negatif. Misalnya ketika seseorang merampok toko atau kecanduan narkoba. “Perampok” dan “pecandu narkoba” akan mencapai status negatif karena tindakan dalam arti kriminalitas yang telah dilakukan.

  1. Kehidupan di Masyarakat

Prihal adanya ascribed status dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja adanya bentuk tindakan sosial yang dilakukan oleh seorang PNS yang bekerja di bagian pelayanan dengan sepenuh hati dan memiliki profesionalis tinggi meskipun ia lulusan salah satu PTS bukan favorite.

Akibat kinerja yang baik tersebutlah ia pada akhirnya diberikan penghargaan oleh pemerintah untuk naik jabatan menjadi kepada dinas yang akhirnya membuatnya bisa membawahi sepenuhnya para lulusan di PTN (Perguruan Tinggi Negeri) favorite sekalipun. Keterangan ini juga menunjukan contoh stratifikasi sosial yang kerapkali terjadi.

Nah, demikianlah artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan pengertian ascribed status dan contohnya di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja memberikan wawasan serta menambah referensi bagi kalian.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *