Pengertian Kelompok In Group, Ciri, dan Contohnya

Diposting pada
Rate this post

Kelompok Sosial In Group

Keberadaan masyarakat akan senantisa terus berkembang sesuai dengan keadaan disekitarnya. Perkembangan ini membuat masyarakat saling berinteraksi antara satu dengan yang lain. Cara melakukan interaksi yang paling mudah dijangkaui ialah dengan orang-orang terdekat. Dimana hubungan sosial ini akan membentuk jenis kelompok sosial masyarakat tertentu.

Banyak macam kelompok sosial dengan berbagai ciri khas pada masing-masing kelompok. Salah satu jenis kelompok sosial adalah kelompok in group. Kelompok ini memiliki ciri yang tentu akan menjadi pembeda dengan kelompok sosial lainnya.

Kelompok In Group

Definisi kelompok sosial memiliki berbagai jenis pengelompokkan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui bagian dari mana orang tersebut. Kita dapat melihat kita merupakan bagian dari mereka atau bukan dengan menyubut seseorang sebagai kelompok in group dan out group.

Adapun khususnya berkaitan dengan in group yang berarti bagian dari kita atau biasa kita sebut dengan kata kami. Seseorang dapat dengan bangga menyebutkan bahwa saya merupakan bagian dari sebuah kelompok sosial tertentu jikalau termasuk dalam in group.

Pengertian Kelompok in group

Kelompok sosial in group adalah salah satu kelompok yang merasa dalam sebuah kelompok tertentu dan biasa disebut dengan kita atau kami. Sebutan ini untuk memperlihatkan bahwa dirinya merupakan bagian dari sebuah kelompok.

Hubungan akan terus terbentuk tergantung pada kepentingan dalam sebuah kelompok. Pembentukan kelompok membuat orang terus berinteraksi antara satu dengan yang lain. Interaksi akan menambah kedekatan satu dengan yang lain.

Orang yang tergabung dalam kelompok ini akan memiliki ikatan yang kuat dan akan saling membutuhkan satu sama lain. Kebutuhan ini berkaitan dengan segala kegiatan dalam kehidupan sehari-hari.

Pengertian Kelompok in group Menurut Para Ahli

Adapun definisi kelompok sosial in group menurut para ahali, antara lain;

  1. G. Sumner, In group adalah kelompok masyarakat yang disebut sebagai kita yang memiliki kepentingan yang sama.  Segala hal yang ingin dilakukan sesuai dengan tujuan kelompok masyarakat tersebut serta mendapatkan dukungan akan berbagai hal yang sesuai dengan tujuan bersama. Tujuan ini akan semakin jelas apabila dilakukan sesuai dengan hal-hal yang telah ditetapkan.
  2. Soekanto, Definisi in group adalah kelompok sosial yang mengidentifikasi dirinya dalam sebuah kelompok sosial tertentu. Anggapan yang ada dalam diri yang biasa disebut dengan kami atau aku. Semua orang yang berada dalam sebuah kelompok sosial dapat disebut in group.

Ciri Kelompok in group

Berikut merupakan beberapa ciri in group.

  1. Memiliki anggapan tertentu

Kelompok masyarakat yang berkumpul dalam menjalankan sebuah tujuan yang sama pasti terdapat dasar yang membuat mereka bersama.

Hal yang mungkin dapat digunakan sebagai alasan untuk menjadi kelompok sosial adalah pola pikir yang menghasilkan anggapan akan sebuah arti fenomena sosial dengan sudut pandang yang sama. Anggapan ini menjadi kekuatan untuk tetap berada dalam sebuah kelompok sosial.

  1. Memiliki sikap etnosentrisme

Rasa bangga terhadap kelompok sosial yang diikuti membuat seseorang memiliki rasa bangga terhadap kelompoknya. Muncul rasa tidak suka dengan kelompok lain, kemudian merasa lebih baik dari pada orang yang diluar kelompoknya. Hal ini membuat seseorang merasa dianggap lebih baik dari pada kelompok lain.

  1. Interaksi berbentuk kerjasama

Dalam sebuah kelompok terdapat hubungan yang erat karena memiliki kedekatan antar kedua kelompok. Tujuan yang ditetapkan merupakan tujuan bersama sehingga semua orang yang ada didalamnya akan saling membantu satu sama lain.

Interaksi sosial yang terus menerus akan membentuk sebuah kerjasama yang kuat dalam kehidupan sehari-hari atau organisasi.

  1. Saling simpati

Orang yang tergabung dalam organisasi akan saling memperhatikan satu sama lain. Perhatian ini tidak hanya berbentuk melainkan berbentuk simpati. Tindakan nyata yang akan dilakukan untuk seorang individu yang dalam organisasi tersebut.

Hal ini merupakan sesuatu yang sering kita lihat dalam sebuah organisasi apabila kita tergabung dalam sebuah organisasi.

  1. Mampu mengidentifikasi dirinya

Orang yang tergabung dalam sebuah organisasi maka ia akan menggambarkan dirinya sesuai dengan organisasi yang diikutinya. In group dapat mengatakan bahwa saya bagian dari kelompok tertentu dan kami memiliki sudut pandang seperti ini. Hal ini akan terus berlanjut sesuai dengan tujuan kelompok yang diikutinya.

  1. Ada unsur persahabatan

Kelompok yang kuat maka kedekatannya semakin mendalam. Kedekatan ini membuat seseorang mampu merasakan membutuhkan satu sama lain. Perasaan yang saling terikat antara satu dengan yang lain. Kedekatan ini dapat dikatakan sebagai persahabatan bagi sekelompok orang yang berada dalam in group.

  1. Dibentuk dengan tujuan tertentu

Tujuan merupakan hal yang penting dalam menjalakan sebuah kelompok sosial. Tujuan ini akan menjadi arah tersendiri bagi masing-masing kelompok. Tujuan mendasar akan membuat arah yang dituju jelas, kejelasan ini membuat orang-orang yakin untuk mencapai tujuan tersebut dengan bergabung dengan kelompok sosial yang telah dibentuk.

  1. Bersifat terstruktur

Kelompok sosial yang berbentuk in group sudah memiliki struktur tertentu untuk membentuk sebuah keteraturan. Struktur terdiri dari berbagai jenis tatanan.

Mulai dari ketua hingga anggota. Pembagian peran ini untuk mempermudah kinerja semua orang yang tergabung dalam sebuah kelompok sosial. Kelompok sosial juga memiliki tujuan yang jelas dan jalan yang akan ditempuh pasti terencana dengan baik.

Contoh Kelompok in group

Beberapa contoh kelompok sosial in group yang ada di lingkungan sekitar. Antara lain;

  1. Karang taruna

Kelompok sosial yang terdiri dari anak muda dalam sebuah desa/kelurahan adalah karang taruna. Orang yang tergabung dalam kelompok tersebut dapat disebut anggota atau in group, sementara untuk yang diluar anggota disebut out group.

Para pengurus kelompok ini akan melakukan berbagai kegiatan dengan partisipasi anggotanya. Semakin sering berpartisipasi maka akan semakin akrab dengan orang yang berada di lingkungannya, namun apabila jarang bergabung dalam kegiatan lingkungan maka dapat dikatakan anggota yang kurang aktif.

Terdapat beberapa orang yang tidak mau bergabung dengan karang taruna maka dapat dikatakan sebagai out group dari kelompok tersebut. Out group ini biasanya tidak mendukung kegiatan yang dilakukan oleh kelompok in group.

  1. Tim sepak bola desa

Setiap desa biasanya memiliki tim untuk bertanding tingkat desa atau bahkan kecamatan. Orang yang bagian dari suatu desa tertentu maka dapat dikatakan in group. Mereka yang menjadi lawan atau berasal dari desa yang berbeda maka akan menjadi out group.

Orang yang tergabung dalam tim akan melakukan berbagai usaha seperti latihan rutin, pertandingan persaudaraan, dan lain-lain. Segala kegiatan dilakukan untuk memperkuat kemampuan individu.

Kegiatan yang terus dilakukan secara bersama-sama maka akan tercipta hubungan antar pemain dengan kedekatan tertentu. Hal  ini membuat tim akan semakin kuat dengan tujuan yang sama yaitu membanggakan desa atas prestasi yang diraih.

Itulah saja artikel yang bisa dikemukakan pada semua kalangan berkenaan dengan pengertian kelompok sosial in group menurut para ahli, ciri, dan contohnya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *