Mobilitas Antargenerasi dan Intragenerasi

Diposting pada

Contoh Mobilitas Antargenerasi dan Intragenerasi

Mobilitas sosial horizontal bisa dikatakan sebagai bagian daripada difusi kebudayaan dalam tingkat status sosial yang sama, seperti penyebaran mode dalam satu kelas ekonomi setara atau bisa pula menjadi bagian daripada perpindahan yang umumnya dapat ditemukan dalam kehidupan manusia di lingkungan sosialnya. Disisi lain, pembagian mobilitas horizontal terbagi menjadi dua bagian. Yakni pada antargenerasi dan intragenerasi.

Tetapi meskipun demikian, setidaknya ada yang membedakan antara mobilitas sosial horizontal antargenerasi dan mobilitas sosial horizontal intragenerasi. Baik dalam kepemilikan yan terjadi bagi generasi berbeda maupun dalam proses terjadinya permasalahan.

Mobilitas Antargenerasi dan Intragenerasi

Agar lebih memahamkan. Definisi keduanya yaitu;

  1. Pengertian Mobilitas Sosial Antargenerasi

Mobilitas antargenerasi adalah adanya proses sosial perpindahan yang terjadi pada individu dan kelompok dalam dua generasi atau lebih yang berbeda sehingga hal ini melahirkan kata sifat sebagai persesualaian atas perbedaan namun masih dalam status yang sama.

Hal ini tak luput daripada kata intragenerasi berasal dari Bahasa Latin “inter” yang berarti “antara” dan “generare” yang berarti “melahirkan”.

Contoh Mobilitas Antargenerasi

Misalnya saja adanya seorang pengusaha kelas menengah yang saat ini sukses, lahir dari keluarga dengan status sosial ekonomi rendah. Sehingga perubahan antara status sosial orang tua dan dirinya sendiri bersifat antargenerasi yang terjadi antara dua generasi atau bahkan lebih.

  1. Pengertian Mobilitas Sosial Intragenerasi

Mobilitas intragenerasi adalah perpindahan kedudukan yang setara dalam kehidupan masyarakat namun masih berkaitan dalam satu generasi yang sama. Sehingga pada umumnya hal ini bisa terjadi dengan konsep naik maupun menurun.

Adapun kata intragenerasi pada hakekatnya berasal dari Bahasa Latin “intra” yang berarti “di dalam” dan “generare” yang berarti “melahirkan” yang tentusaja berkaitan dengan kejadian dalam satu generasi.

Contoh Mobilitas Intragenerasi

Misalnya saja adanya perubahan status sosial ekonomi Ahmad dari masa mudanya yang miskin menjadi dewasa yang kaya raya, salah satunya penyebabnya karena ia mendapatkan beasiswa untuk kuliah di Luar Negeri sekaligus mendapatkan bisa lolos bekerja di Google dengan bayaran lebih dari $400,000 atau setara dengan Rp.5.800.800.000,00.

Perbedaan Antargenerasi dan Intragenerasi

Disisi lainnya, untuk perbedaan dalam istilah antargenerasi dan intragenerasi juga dapat merujuk pada beberapa perbedaan, yaitu;

Perbedaan Antargenerasi Intragenerasi
Konflik Perselisihan atau bentrokan yang seringkali melibatkan prasangka antar generasi seperti orang tua dan anak atau cucu dan kakek Terjadi dalam beberapa generasi seperti antara anak-anak atau di kalangan lansia.
Ekuitas Adanya konsep keadilan antara interaksi pemuda dan lansia Keadilan intragenerasi berkaitan dengan keadilan di antara individu yang tergabung dalam satu generasi
Frekuensi Memiliki banyak istilah yang berkaitan dengan antargenerasi seperti mobilitas antargenerasi, konflik antargenerasi, kontrak antargenerasi, siklus kekerasan antargenerasi, keadilan antargenerasi, kementerian antargenerasi, kebijakan antargenerasi, perjuangan antargenerasi, dan situs bersama antargenerasi. Intragenerasi berkaitan dengan lebih sedikit konteks seperti mobilitas intragenerasi, konflik intragenerasi, dan ekuitas intragenerasi.
Kepemilikan Terjadi dalam dua kondiri yang berbeda Terjadi dalam satu indivudu yang sama
Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa mobilitas antargenerasi dan intragenerasi sebagai peralihan individu atau kelompok dari satu posisi dalam hierarki sosial ke yang lain. Sehingga konsep mobilitas sosial erat kaitannya dengan stratifikasi sosial yang berkembangnya pola hierarki dalam masyarakat dengan kecenderungan untuk menggeser pola-pola ini pada tingkat individu dan struktural juga berkembang.

Tetapi yang pasti, mobilitas sosial antargenerasi dan intragenerasi dapat terjadi pada tingkat individu atau pada tingkat kolektif yang disebut sebagai mobilitas struktural. Contohnya saja untuk mobilitas antargenerasi terjadi pada sekelompok remaja mungkin menindas anak-anak “tidak keren” lainnya di kampus. Sedangkan untuk mobilitas intragenerasi terjadi perubahan status sosial terjadi dalam rentang umur seseorang.

Nah, itulah saja penjelasan yang bisa dikemukakan pada semua pembaca berkenaan dengan pengertian mobilitas sosial horizontal antargenerasi dan mobilitas sosial intragenerasi beserta dengan contoh singkatnya. Semoga saja bisa berguna.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *