Pengertian Wawasan Nusantara, Aspek, Konsep, Fungsi, dan Contohnya

Diposting pada

Wawasan Nusantara Adalah

Negara Indonesia yang biasa disebut nusantara oleh bangsanya. Segala keberagaman yang ada di Indonesia sebagai salah satu karakteristik negara berkembang menjadi warna tersendiri yang terkesan unik. Perbedaan yang ada sangat rentan terjadi perpecahan maka perlu adanya rasa memiliki atas negera Indonesia.

Salah satu cara yang dilakukan ialah dengan mengenalkan unsur budaya kepada seluruh bangsa Indonesia. Pengetahuan tentang nusantara dapat dilakukan melalui wawasan nusantara yang termuat dalam mata pelajaran sejak tingkat dasar.

Wawasan Nusantara

Seseorang yang hidup dalam suatu negara maka akan mendapat pengaruh dari lingkungan sosialnya tidak mungkin dapat melakukan semuanya sendiri. Pasti ada hubungan sosial berupa timbal balik dan mengaitkan bangsa, ideologi, aspirasi, dan cita-cita yang ingin dicapai oleh suatu negara.

Untuk menjaga apa yang telah yang dicapai oleh suatu negara maka perlu untuk mengenali negara itu sendiri. Bangsa negara wajib memiliki wawasan tentang negaranya begitu pula bangsa Indonesia. Wawasan nusantara merupakan istilah yang digunakan untuk mengenali semua yang ada di Indonesia.

Pengertian Wawasan Nusantara

Wawasan nusantara adalah keutuhan bangsa dan nusantara dalam cara pandang yang utuh demi kepentingan nasional. Sebagai warga negara harus berpikir, bertindak, dan bersikap untuk kepentingan negara. Wawasan nusantara juga menyangkut produk hukum yang dibuat oleh aparatur negara.

Kepentingan bangsa secara menyeluruh juga tidak menyampingkan kepentingan golongan, daerah, atau individu. Wawasan juga dimaksudkan untuk menjamin keberlangsungan hidup, keutuhan negara, serta keutuhan bangsa yang sejati.

Pengertian Wawasan Nusantara Menurut Para Ahli

Adapun definisi wawasan nusantara menurut para ahli. Antara lain;

  1. Wan usman, Wawasan nusantara adalah cara pandang masyarakat Indonesia untuk mengenali dirinya dan tanah air tempat tinggalnya sebagai negara yang berbentuk kepulauan serta dengan berbagai aspek kehidupan yang beragam.
  2. Sumarsono, Pengertian wawasan nusantara adalah segala hal yang dilakukan oleh seseorang untuk menjiwai segenap peraturan undang-undang. Peraturan yang berada di Undang-undang menggambarkan sikap, paham, semangat nasionalisem, dan perilaku yang menjadi identitas negara.
  3. Samsul wahidin, Arti wawasan nusantara adalah cara pandang, cara menghayati, cara memahami, cara bertindak, bertindak, dan bertingkah laku bangsa Indonesia sebagai hasil interaksi sosial secara psikologis dan dengan aspek yang ada.

Aspek Wawasan Nusantara

Wawasan nusantara dalam pelaksanaannya dipandang dari dari dua sudut pandang yang berkaitan dengan alam dan hal-hal sosial. Aspek ini menjadi ruang lingkup pembahasan wawasan nusantara,

  1. Trigatra

Trigatra merupakan dilihat dari lingkup alamiah yang memperhatikan hal-hal yang telah ada di alam. Tiga aspek tersebut antara lain geografis, strategis, dan demografis. Tiga aspek ini juga menjadi rencana strategis dalam wawasan nusantara.

Aspek geografis meliputi lokasi negara Indonesia yang sangat strategis dalam bidang politik ekonomi baik nasional atau internasional. Letak negara Indonesia yang berada di bagian tengah, dan banyak  masyarakat luar negeri yang melewati Indonesia. Mengingat negara Indonesia berbentu kepulauan yang membuat semakin banyak kekayaan alam yang dimiliki oleh Indonesia.

Aspek strategis yang dilihat dari sumber daya alam yang dimiliki oleh negara Indonesia, beberapa contoh kekayaan alam yang dimiliki oleh negara Indonesia antara lain, kekayaan nabati, kekayaan hewani, mineral, air, logam, dan lain-lain.

Aspek demografis bahwa Indonesia memiliki jumlah penduduk yang termasuk banyak dibanding dengan jumlah penduduk negara lain. Pertumbuhan penduduk juga termasuk cepat, penduduk yang didominasi oleh penduduk usia muda, persebaran penduduk yang tidak merata, serta kualitas penduduk Indonesia yang masih banyak memiliki kekurangan.

  1. Pancagatra

Pancagatra merupakan aspek yang dilihat dari segi sosial masyarakat yang ada di Indonesia. panca gatra berarti terdiri atas lima aspek sosial antara lain, ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan dan keamanan.

Ideologi merupakan dasar negara yang digunakan oleh suatu negara. Ideologi negara Indonesia adalah pancasila. Wawasan nusantara dari segi ideologi diharapkan dapat membuat masyarakat menggunakan pancasila sebagai dasar kehidupan sehari-hari atau sebagai pandangan hidup.

Hal yang mungkin dapat dilakukan ialah mengenal, menghayati, mengerti, meyakini, dan bertindak sesuai dengan pancasila.

Politik adalah hal yang tidak bisa terpisahkan dari suatu negara. politik yang dianut di Indonesia merupakan politik demokrasi dimana rakyat memegang kekuasaan terteinggi. Kegiatan politik yang dilakukan dalam suatu negara adalah menentukan tujuan negara, membuat kebijakan, dan pengaturan kekuasaan. Kegiatan tersebut dapat dilakukann secara persuasuf atau coertion (paksaan).

Ekonomi berkaitan dengan kehidupan sehari-hari masyarakat terutama dalam hal bertahan hidup. Terpenuhinya kebutuhan pokok merupakan hal yang penting untuk masing-masing individu. Wawasan nusantara diharapkan dapat meningkatkan ketahanan ekonomi. ketahanan ekonomi meliputi beberapa hal antara lain, struktur ekonomi, kemampuan mengelola sumber daya alam, teknologi, managemen, infrastruktur, dan lain-lain.

Sosial budaya Indonesia dengan segala keberagaman membuat masyarakat harus menyadari bahwa hidup dilingkungan masyarakat multikultural. Hal ini akan membuat seseorang mampu menerima hal tersebut. Hal yang dapat diusahakan untuk menjaga ketahanan sosial budaya antara lain, dari sisi agama, tradisi, pendidikan, kepemimpinan nasional, kondisi sosial ekonomi, dan tujuan nasional.

Pertahanan dan keamanan merupakan salah satu garda ketahanan bangsa Indonesia. Banyaknya konflik baik nasional atau internasional adalah hal yang memicu suatu perpecahan sehingga perlu adanya hal-hal yang dilakukan untuk ketahanan pertahanan dan keamanan. Langkah untuk menjaga pertahanan keamanan adalah doktrin, pendidikan unsur bela negara, wawasan nusantara, ilmu pengetahuan dan teknologi, dan lain-lain.

Konsep Wawasan Nusantara

Wawasan nusantara merupakan hal yang penting, dengan demikian terdapat beberapa konsep untuk mengenalkan hal tersebut kepada seluruh masyarakat Indonesia. Wawasan dapat digunakan untuk kepentingan pribadi atau mempertahankan kesatuan dan persatuan.

  1. Mengutamakan kesatuan dan persatuan

Wawasan nusantara merupakan salah satu langkah yang dilakukan untuk kesatuan dan persatuan. Hal yang paling penting dalam wawasan nusantara adalah kesatuan dan persatuan yang dilakukan oleh masyarakat secara menyeluruh.

  1. Ideologi negara

Pemahaman tentang ideologi negara merupakan hal yang paling penting agar mampu mengenali identitas negara. Mengenal ideologi kemudian diterapkan dalam kehidupan sehari-hari merupakan hal yang penting dan kewajiban bagi seorang warga negara.

  1. Menghargai kebhinekaan

Kesadaran akan keberagaman dengan kondisi masyarakat multikultural dengan harapan dapat menjadi masayarakat madani merupakan hal yang wajib dilakukan setiap warga negara. Kebhinekaan yang sesuai dengan semboyan negara Indonesia yaitu bhenika tunggal ikka.

Fungsi Wawasan Nusantara

Wawasan nusantara akan membentuk sebuah pemikiran yang mendasar tentang negara Indonesia. Banyak hal yang dapat diperoleh ketika memahami wawasan nusantara berikut merupakan beberapa fungsinya,

  1. Konsepsi wawasan nasional, Salah satu konsep untuk memehami wawasan nasional. Berkaitan dengan berbagai jenis dan cara mengenali negara yang kita tempati dari segi alam, sosial, budaya, ekonomi, politik, dan lain-lain.
  2. Wawasan pembangunan, Pemahaman tentang nusantara akan membuat seseorang membuat perencanaan dalam pembangunan di berbagai bidang. Bidang yang saat ini menjadi pusat pembangunan negara Indonesia ialah sumber daya manusia melalui perbaikan sistem pendidikan mulai dari dasar, menengah, hingga pendidikan tinggi.
  3. Wawasan pertahanan dan keamanan negara, Wawasan nusantara yang kuat akan membuat kekuatan dari individu untuk mempertahankan nusantara. Ketika seorang individu telah melakukan pertahanan dan keamanan maka kekuatan negara akan semakin kuat untuk melawan segala hal yang menimbulkan perpecahan baik dari dalam negeri atau luar negeri.
  4. Wawasan kewilayahan, Pemahaman akan wilayah Indonesia merupakan hal yang penting dengan luas daerah dan jumlah penduduk yang banyak, kita dapat mengenali wilayah tersebut dari wawasan nusantara yang kita pahami. Semakin luas wawasan kita akan lebih mudah menggambarkan negara Indonesia.

Contoh Wawasan Nusantara

Adapun untuk beberapa contoh sikap yang mengimplementasikan wawasan nusatara. Antara lain;

  1. Ikutserta dalam kegiatan gotong royong
  2. Melakukan proses sosial dan interaksi sosial dengan lingkungan sekitar
  3. Ikutserta dalam kegiatan positif yang ada di lingkungan baik kegiatan organisasi atau kegiatan yang lain
  4. Memiliki rasa toleransi yang tinggi atas keberagaman yang ada di masyarakat
  5. Menjalakan ideologi negara dalam bersikap dan mengambil tindakan dalam kehidupan sehari-hari
  6. Ikut serta menjaga keamanan dan pertahanan yang ada di lingkungan sekitar
  7. Mau mempelajari segala sesuatau yang berkaitan dengan negara kita
Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bawah asas wawasan nusantara terdiri atas beberapa hal antara lain, kebersamaan, keadilan, solidaritas, kejujuran, dan lain-lain. Ketika ingin mempertahankan keuntuhan negara asas ini harus dilakukan dan semua orang memahami akan hal ini.

Sehingga dalam hal ini wawasan nusantara dapat dipandang keluar dan ke dalam. Arah pandang ke dalam untuk menjamin terwujudnya persatuan dan kesatuan segenap aspek kehidupan bangsa Indonesia. Arah pandang ke luar  untuk menjamin kepentingan dan integrasi nasional dengan segala hal yang bersifat dinamis serta perubahan yang cepat.

Nah, demikinalah artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkaitan dengan pengertian wawasan nusantara menurut para ahli, aspek, konsep, fungsi, dan contohnya yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberi edukasi bagi segenap pembaca yang membutuhkannya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *