Manfaat Wawasan Nusantara dan Penjelasannya

Diposting pada
Rate this post

Fungsi Wawasan Nusantara

Wawasan nusantara bisa dikatakan sebagai salah satu nilai sosial yang didalamnya terkandung unsur budaya yang tumbuh dan berkembang pada aspek kehidupan sebuah bangsa sehingga pengetahuan ini membuatnya berbeda dengan bangsa lainnya.

Wawasan nusantara ini begitu penting untuk dipahami bagi segenap arti masyarakat. Baik itu pelajar ataupun mahasiswa. Alasannya karena secara garis besar wawasan nusantara berperan dalam proses pembentukan arti kepribadian terhadap pengarhaan sifat kebudayaan yang ada di Indonesia.

Wawasan Nusantara

Wawasan nusantara bisa dikatakan sebagai pengetahuan yang didalamnya memuat unsur wawasan dan nusantara. Dimana dalam bahasa Jawa kata wawasan berasal dari kata wawas yang artinya adalah tinjauan, pandangan, atau penglihatan indriawi. Kemudian wawasan juga disebut sebagai cara pandang maupun cara melihat.

Sedangkan nusantara ialah nama lain dari Indonesia yang terdiri dari berbagai kepulauan berbagai macam arti suku dan makna ras yang membentuk kesatuan.

Manfaat Wawasan Nusantara

Berikut dibawa ini yang termasuk manfaat wawasan nusantara yaitu sebagai berikut :

  1. Konsepsi nusantara dapat diterima dan diakui pada forum internasional

Perlu anda pahami terlebih dahulu bahwa konsepsi nusantara sangat penting dimiliki bangsa Indonesia, karena tanpa adanya konsepsi nusantara itu sendiri maka negara bisa kembali dijajah oleh bangsa lain. Bahkan tanpa pemahaman konsepsi nusantara dengan benar hal ini juga dapat menyebabkan negara hancur karena hilangnya rasa persatuan dan kesatuan diantara seluruh masyarakat atau warga negara yang tidak ada rasa untuk melindungi bangsanya secara utuh.

Kemudian penerimaan konsepsi nusantara di forum internasional ini dibuktikan dengan penerimaan asas negara kepulauan berdasarkan

Konvensi Hukum Laut 1982. Pada konvensi hukum laut ini seluruh negara diakui kedaulatannya dan ada sumbr hukum untuk laut maupun samudra yang bisa mempermudah komunikasi internasional dengan memajukan penggunaan laut dan samudra secara damai.

Melalui konnvensi laut ini pua maka sumber daya kekayaan alam harus digunaka secara adil, efisien, dan wajib melindungi pelestaria lingkungan laut mlalui konversi kekayaan alam hayatinya. Sehingga dalam forum internasional ini negara Indonesia menjadi sala satu negara yang diakui sebagai negara kepulauan oleh dunia internasional.

  1. Wawasan nusantara smenciptakan integrasi nasional

Integrasi nasional adalah keadaan yang menunjukkan penyatuan seluruh bentuk perbedaan yang ada dalam negara. Dalam hal ini wawasan nusantara menjadi sarana integrasi nasional karena dengan wawasan nusantara maka kehidupan nasional menjadi lebih terarah pada tujuan nasional yang sebenarnya.

Selain itu dengan wawasan nusantara juga menjadikan bangsa memiliki aspirasi yang dapat disampaikan untuk kepentingan nasional.

Integrasi nasional melalui wawasan nusantara ini juga diwujudkan dengan cara meminimalisir sumber konflik yang ada dalam negara atau bangsa Indonesia itu sendiri. Sehingga hal ini nantinya akan membuat bangsa yang mendatang untuk lebih sadar dalam mengutamakan kepentingan dan cita-cita nasional dibandingkan kepentingan individu.

  1. Wawasan nusantara mampu menghasilkan pola pikir dan pandangan mengenai keutuhan wilayah

Wawasan nusantara yang dipandang secara geopolitik melahirkan pemahaman yang mendasar bahwa negara Indonesia merupakan ruang hidup yang harus dipertahankan dan dikelola dengan baik karena segala sumber kehidupan bangsa Indonesia berada dalam wawasan nusantara tersebut. Oleh karena itu rasa persatuan dan kesatuan bangsa merupakan indicator yang begitu penting untuk melindungi wawasan nusantara.

Melalui cara pandang yang demikian juga dapat membuat anak bangsa memiliki pemahaman bahwa wawasan nusantara mencakup dimensi kewilayahan untuk dimensi kehidupan berbangsa dan bermasyarakat.

Apabila ditelaah lebih mendalam lagi pemahaman wawasan nusantara juga dapat melahirkan pemikiran yang lebih luas lagi yaitu kehidupan berbangsa dan bernegara ini berlandaskan pada arti nilai-nilai pancasila yang dimiliki bangsa. Oleh karena itu, setiap bangsa sudah sepatutnya untuk tetap mengelola, melindungi, dan memahami karakter geografis lingkungannya dengan baik agar dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya.

  1. Memberikan kesejahteraan melalui potensi sumber daya yang lebih besar

Seperti yang kita ketahui bahwa negara Indonesia merupakan negara yang memiliki ribuan pulau dengan sumber kekayaan alam yang begitu melimpah. Tentunya segala kekayaan alam tersebut dapat muncul karena adanya wilayah yang digunakan untuk proses pengembangan, melindungi, dan melestarikannya.

Oleh karena itu pertambahan luas wilayah yang ada dalam suatu negara menjadi sesuatu yang begitu penting dan memberikan keuntungan karena dianggap sebagai ruang hidup yang mampu memberikan potensi sumber daya yang besar.

Semakin banyaknya potensi sumber daya maka hal ini juga menyebabkan peningkatan kesejahteraan. Karena sumber daya alam tersebut dapat dimanfaatkan secara optimal untuk kepentingan umum, mulai dari pemenuhan kebutuhan hingga menjadi salah satu faktor produksi dalam kegiatan perekonomian.

Maka dari itu seluruh bangsa seyogyanya memang harus menjaga dan melindungi segala sumber daya yang ada di negaranya sendiri sebagai bentuk cinta dan perlindungan. Karena dengan menjaga wilayah-wilayah yang ada di negara hal tersebut juga menjaga sumber daya yang ada didalamnya.

Salah satu sumber daya yang ada dinegara Indonesia dan begitu memberikan keuntungan yang sangat besar ialah sumber minyak yang ditemukan di wilayah teritorial dan landas kontinen Indonesia.

  1. Pertambahan luas wilayah teritorial Indonesia

Wawasan nusantara pada dasarnya memang memberikan pertambahan luas wilayah territorial Indonesia. Akan tetapi untuk mengetahui secara lengkap sebetulnya perairan laut Indonesia berdasarkan konvensi hukum laut internasional tahun 1982 dibagi menjadi 3 bagian yaitu :

  1. Laut territorial. Perairan yang memiliki ukuran sepanjang 12 mil laut dan diukur dari garis pangkal kepulauan. Sehingga hasilnya yaitu negara Indonesia memiliki kedaulatan penuh atas wilayah laut, dasar laut, subsoil, dan udara serta seluruh sumber daya alam yang terkandung di dalamnya. Negara Indonesia juga mempunyai kewajiban untuk menjamin hak lintas damai, baik melalui jalur kepulauan maupun tradisional untuk pelayaran internasional.
  2. Zona ekonomi eksklusif. Berdasarkan UU Nomor 5 Tahun 1983 Pasal 2 Tentang Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia, maka ZEE adalah jalur yang ada di luar dan berbatasan secara langsung dengan laut wilayah Indonesia. Hal ini ditetapkan berdasarkan undang – undang yang telah berlaku dan disetujui yaitu tentang perairan Indonesia. Perairan Indonesia terdiri dari beberapa hal yaitu dasar laut, tanah di bawahnya dan air di atasnya dengan batas terluar 200 mil laut diukur dari garis pangkal laut wilayah Indonesia.
  3. Landas kontinen. Wilayah dasar laut termasuk bagian subsoil yang merupakan keberlanjutan alamiah yang asalnya dari daratan pulau Indonesia. Kelanjutan alamiah yang sifatnya landai memiliki batas terluar landas kontinen dengan tanda continental slope. Sedangkan kelanjutan alamiah yang sifatnya curam maka batas terluar landas kontinen berimpit secara langsung dengan batas luar ZEE.

Contoh Wawasan Nusantara

Sedangkan untuk contoh yang termasuk dalam wawasan nusantara, antara lain;

  1. Kebudayaan Daerah Indonesia

Memahami berbagai kebudayaan daerah yang ada di Indonesia bisa dikatakan sebagai manisfetasi atas wawasan Indonesia. Alasannya karena arti budaya di Indonesia terdiri atas beragam suku bangsa yang memiliki jumlah 1340 suku bangsa, 724 bahasa, 7241 karya budaya dan 4 ras yaitu Papua Melanozoid, Negroid, weddoid, dan Melayu Mongoloid.

  1. Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

Selain itu dengan mengetahuai bahwa lagu Indonesia Raya merupakan lagu kebangsaan Indonesia yang diciptakan oleh Wage Rudolf Supratman. Dimana wawasan atas lagu kebangsaan ini pertama kali dinyanyikan pada tanggal 28 Oktober 1928.

Itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada semua kalangan berkenaan dengan manfaat yang menjadi fungsi mempelajari wawasan nusantara dan contohnya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *