Tujuan dan Manfaat Integrasi Nasional di Lingkungan Masyarakat

Diposting pada

Tujuan dan Manfaat Integrasi Nasional

Diakui ataupun tidak adanya integrasi nasioal bangsa Indonesia menjadi kekuatan tersendiri di lingkungan sosial bermasyarakat. Sehingga kekuatan ini akan membuat seseorang akan terus bersatu dan bahkan menjadi semakin erat hubungan sosialnya. Oleh karena itulah semakin kuat integrasi nasional maka akan semakin sulit untuk dihancurkan.

Disisi lain, terdapat berbagai tujuan dan manfaat adanya integrasi nasional yang kuat. Salah satunya mampu membentuk sebuah kebiasaan untuk saling menghragai satu sama lain. Bahkan pada tahap tertentu akan mencapai pada titik dalam arti pluralisme dalam berbangsa dan bernegara.

Integrasi Nasional

Integrasi nasional adalah upaya membentuk sebuah kesempurnaan atau sesuatu yang bersifat menyeluruh, dimana untuk tahapan yang bisanya dipergunakan untuk mengabungkan beberapa unsur budaya menjadi satu, sehingga nanti terbentuk sebuah kesatuan yang akan membuat beberapa elemen menjadi satu.

Tetapi yang pasti, untuk syarat terjadinya suatu integrasi ialah saling membutuhkan satu sama lain, memiliki kesepakayan akan tujuan bersama, dan bersedia melaksanakan arti nilai-nilai, norma sosial, serta aturan yang berskala nasional. Hingga akhirnya syarat ini apabila sudah terpenuhi maka mungkin akan terjalin integrasi nasional.

Tujuan Integrasi Nasional

Untuk tujuan terbentuknya integrasi nasional, yakni;

  1. Membuat kehidupan di lingkungan masyarakat yang tentram

Kehidupan yang tentram menjadi cita-cita bangsa Indonesia. Rasa tentram akan membuat suatu bangsa semakin nyaman tinggal di lingkungan tersebut. Rasa nyaman menjadi sesuatu yang sangat diinginkan oleh semua orang. Integrasi nasional yang baik akan memberikan rasa tentram kepada seluruh bangsa dan negara.

  1. Mengupayakan kenyaman kehidupan masyarakat

Masyarakat yang bersatu dan memiliki kebersamaan yang kuat akan nyaman hidup di lingkungan masyarakat. Bahkan orang yang baru saja menetap akan merasa betah jika memang tercipta sebuah integrasi yang kuat. Integrasi akan membuat orang semakin nyaman dan saling menghargai.

  1. Membentuk sebuah budaya baru

Persatuan dari berbagai daerah membuat semua orang mengenal sifat kebudayaan yang ada. Rasa penasaran membuat seseorang ingin belajar budaya lain yang menurutnya menarik. Hal ini jelas akan membentuk sebuah perpaduan antara budaya yang telah lama digenggam dengan budaya baru yang telah dipelajari.

Apabila ini diikuti banyak orang sangat mungkin untuk membentu sebuah budaya baru. Integrasi dapat memberikan perubahan yang besar.

Manfaat Integrasi Nasional

Sedangkan kegunaan yang menjadi manfaat adanya integrasi nasional, antara lain;

  1. Memberikan sikap peduli terhadap sesama

Rasa kesatuan yang tinggi membuat orang saling peduli. Kepedulian ini membuat seseorang akan memperhatikan satu sama lain. Semakin erat rasa persatuan dan kesatuan maka akan semakin tinggi rasa peduli kepada sesama manusia.

Manfaat ini dapat dirasakan ketika integrasi seluruh bangsa negara sudah terbentuk dengan baik dan tidak ada pemberontakan dari pihak manapun.

  1. Terjalinya hubungan yang erat sesama bangsa

Hubungan terjalin dengan baik membuat semua masyarakat akan saling peduli. Rasa peduli ini akan semakin mempererat hubungan sesama bangsa. Semakin erat hubungan maka semakin kuat rasa kesatuan dan persatuan yang dimiliki. Integrasi nasional yang kuat tentu saja akan membuat hubungan bangsa dalam suatu negara semakin kuat.

  1. Mampu melaksanakan kegiatan positif bersama-sama

Orang yang rukun dan damai maka tidak akan sulit melakukan sesuatu yang memiliki unsur kebersamaan. Rasa persatuan ini akan membuat orang menginginkan melakukan kegiatan positif untuk kepentingan bersama. Contoh nyata yang dapat kita lihat adalah acara perayaan hari kemerdekaan. Semua orang merayakan dengan suka cita dan melaksanakan berbagai jenis perlombaan.

  1. Menghormati perbedaan

Perbedaan bukanlah sebuah kesalahan dan kebencian. Adanya perbedaan tidak membuat seseorang saling menjauh, tapi malah saling menguatkan dan bersatu untuk menuju tujuan bersama. Hal ini berkaitan dengan cita-cita bangsa dan negara. Integrasi bertujuan untuk mempersatukan berbagai hal yang berbeda menjadi kesatuan yang utuh.

  1. Menjalankan kehidupan sesuai dengan norma yang berlaku

Pedoman seseorang dalam kehidupan sehari-hari ialah berusaha menjalani hidup sesuai dengan aturan yang berlaku. Aturan yang ada di Indonesia bukan hanya hukum melainkan terdapat nilai-nilai dan norma lainnya yang dipercayai masyarakat.

Hal ini jelas membuat masyarakat terus bersatu. Bahkan persatuan ini akan semakin terasa ketika kita berada di daerah lain dan menemukan berbagai jenis nilai yang belum pernah kita temui.

Contoh Integrasi Nasional

Sedangkan untuk beberapa contoh perwujutan daripada integrasi nasional, diantaranya;

  1. Politis

Secara politis ada banyak contoh integrasi nasional yang ada di Indonesia. Salah satunya ialah terjadinya kesepatakan antara GAM (Gerakan Aceh Mardeka) pada era kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyona. Kesepatakan ini memunculkan kedamaian bagi masyarakat Aceh sekaligus mampu menyatukan wilayah tersebut tanpa adanya konflik karena ingin memisahkan diri dari Indonesia. Sebagimana yang dilakukan oleh Timor-Timor.

  1. Kehidupan Sehari-hari

Kasus lainnya yang bisa menjadi contoh integrasi nasional dalam bingkai bhinneka tunggal ika misalnya saja pada masa kemerdekaan dimana semua wilayah Indonesia bisa bersatu dengan perbedaan Agama ataupun Ras. Keputusan inipula diamalkan dalam ruang lingkup lembaga pendidikan yang ada di Indonesia.

Dimana, pada akhirnya banyak berdiri kampus bernuansa Islam akan tetapi untuk agama lain bisa menempuh pendidikan disana. Ataupun sebaliknya.

Itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada semua pembaca berkenaan dengan tujuan terjadinya integrasi nasional beserta manfaatnya dalam kehidupan di masyarakat. Semoga memberikan wawasan untuk semuanya yang sedang membutuhkannya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *