Contoh Sosialisasi Secara Langsung dan Tidak Langsung

Diposting pada

Sosialisasi Langsung dan Tidak Langsung

Pada hakekatnya terdapat berbagai bentuk sosialisasi dengan masing-masing pengelompokan dan contohnya. Misalnya saja berdasarkan tipenya sosialisasi bisa dibedakan menjadi dua yaitu arti sosialisasi secara formal dan informal, sedangkan jikalau dilihat berdasarkan media yang digunakan, terbagi menjadi sosialisasi langsung dan tidak langsung.

Akan tetapi yang pasti, semua tahapan sosialisasi yang terjadi di masyarakat menjadi pengalaman atas keinginan untuk belajar seumur hidup yang adaptif, hal ini dikarena masyarakat terus berubah dan karena itulah untuk menemukan jati diri diperlukan sosialisasi.

Sosialisasi Langsung dan Sosialisasi Tidak Langsung

Jikalau diitinjau dari segi media yang digunakan sosialisasi dalam objek kajian sosiologi dibedakan menjadi dua, yaitu sosialisasi langsung dan sosialisasi tidak langsung. Berikut masing-masing pengertiannya:

Pengertian Sosialisasi Langsung

Sosialisasi langsung adalah proses sosialisasi yang dilakukan antar individu ataupun antar kelompok secara bertatap muka atau satu arah secara langsung, atau dengan kata lain sosialisasi yang dilakukan tanpa melalui media apapun. Hal itu dapat mengurangi adanya berita hoax atau berita tidak benar beredar di masyarakat.

Pengertian Sosialisasi Tidak Langsung

Sosialisasi tidak langsung adalah proses sosial dan interaksi sosial yang dilakukan dalam bersosialisasi yang menggunakan bantuan media atau perantara. Perantara tersebut dapat berupa media elektronik seperti HP, maupun media cetak seperti koran.

Contoh Sosialisasi Langsung dan Tidak Langsung

Adapun untuk contoh sosialisasi yang dilakukan langsung dan tidak langsung dalam kehidupan masyarakat di keseharian. Antara lain;

  1. Contoh Sosialisasi Langsung

Antara lain;

  1. Berbicara dengan teman secara tatap muka

Proses berbicara inilah merupakan bentuk sosialisasi langsung karena dilakukan secara tatap muka atau tanpa melalui peranatara. Sosialisasi ini bisa dilakukan ketika di rumah, di sekolah, maupun di tempat kerja dalam arti diskusi tertentu.

  1. Orang tua mengajari anaknya membaca dan menulis

Ketika di rumah, kerapkali orang tua mengajari anak-anaknya membaca dan menulis. Pada tahapan mengajar ini termasuk sosialisasi langsung karena sosialisasi ini berlangsung di rumah dan terjadi tatap muka antara orang tua dan anak.

  1. Guru memberikan nasehat kepada murid-muridnya

Ketika di dalam kelas guru memberikan nasehat kepada murid-muridnya agar mereka rajin belajar termasuk dalam sosialisasi langsung, dan bisa juga dikategorikan ke dalam bentuk interaksi sosial yang terjadi antara individu dan kelompok.

  1. Mendiskusikan tugas kelompok

Ketika mendapat tugas kelompok, pera murid diminta untuk mendiskusikannya dengan teman kelompoknya masing-masing. Ini termasuk dalam kategori sosialisasi langsung apabila mereka mereka berdiskusi secara tatap muka di dalam kelas maupun berdiskusi di rumah salah satu anggota kelompok.

  1. Contoh Sosialisasi Secara Tidak Langsung

Antara lain;

  1. Berkirim pesan via WA, instagram, Twitter, Facebook, dan lain-lain

Sosialisasi yang dilakukan dengan berkirim pesan via WA, instagram, twitter, FB, dan berbagai jenis media sosial lainnya termasuk sosialisasi tidak langsung karena antara pengirim pesan dan pemerima pesan tidak bertemu secara tatap muka.

  1. Melakukan panggilan telepon

Ketika melakukan panggilan telepon baik dilakukan dengan orangtua ataupun sanak secara, hal tersebut termasuk sosialisasi tidak langsung karena dilakukan melalui perantara atau media yaitu ponsel yang memanfaatkan signal dari kartu provaider tertentu.

  1. Videocall via Whatsapp

Meskipun videocall via WA dapat membuat orang-orang saling bertatap muka, tapi tatap muka tersebut tetap dilakukan melalui perantara atau orang-orang yang saling berkomunikasi berada dalam satu tempat, sehingga ini juga termasuk bentuk sosialisasi yang dilakukan secara tidak langsung.

  1. Webinar via Zoom, Google Meet, dan lain-lain

Kegiatan webinar termasuk dalam kategori sosialisasi tidak langsung karena sama halnya dengan melakukan videocall, orang-orang saling bertatap muka tapi secara tidak langsung atau melalui media, seperti Zoom, Google Meet, dan lain-lain.

  1. Ajakan untuk menghemat penggunaan listrik dan air melalui poster

Poster yang berisi ajakan untuk menghemat penggunaan listrik dan air termasuk contoh sosialisasi secara tidak langsung karena orang yang mengajak tidak bertatap muka secara langsung dengan masyarakat yang diajak, tapi melalui media poster.

Itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan contoh sosialisasi yang dilakukan secara langsung dan sosialisasi tidak langsung dalam kehidupan sehari-hari.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *