Ruang Lingkup Sosiologi Keluarga dan Penjelasannya

Diposting pada

Ruang Lingkup Kajian Sosiologi Keluarga

Norma sosial yang tertanam dalam individu dan kelompok akan senantisa memberikan aturan dalam melaksanakan interaksi sosial di kehidupan sehari-hari. Penerapan norma ada banyak macamnya mulai dari norma sosial, norma agama, maupun norma kesusilaan. Tetapi yang pasti semua penerapan norma-norma tersebut pertamakali didapatkan dalam keluarga.

Atas dasar inilah objek kajian sosiologi sebagai ilmu pengetahuan sosial memberikan kajian terkait dengan sistem keluarga, bahkan dalam ruang lingkup kajiannya sendiri sosiologi keluarga memberikan keterangan lengkap terhadap upaya mengatasi masalah sosial dalam kelaurga.

Sosiologi Keluarga

Sosiologi keluarga adalah sifat yang melekat pada diri keluarga yang meliputi arti kemampuan serta perlindungan yang dimilikinya. Keluarga dalam sosiologi dianggap sebagai objek studi yang menarik lantaran memberikan solusi atas permasalahan yang terjadi.

Ruang Lingkup Kajian Sosiologi Keluarga

Adapun untuk ruang lingkup yang ada dalam sosiologi keluarga, antara lain;

  1. Pembentukan dan Perlindungan Keluarga

Objek kajian yang pertama terkait dengan pembentukan dan perlindungan terhadap keluarga. Aspek ini dilihat dari fungsi keluarga yang sebagai bentuk cinta, kasih sayang, dan perlindungan. Ruang lingkup inilah yang ada dalam kehidupan keluarga, karena antara anggota satu dengan lainnya membutuhkan keharmonisan dan kehangatan kasih sayang mulai dari orangtuanya sendiri maupun saudaranya.

  1. Pola Sosialisasi dalam Keluarga

Sosiologi keluarga memiliki ruang lingkup dalam fungsi sosialisasi, karena dalam keluarga tersebut pastinya akan melakukan berbagai contoh sosialisasi atau mengenalkan anggota keluarga tentang nilai dan norma-norma penting yang perlu dijaga dalam melakukan interaksi sosial di lingkungan masyarakat.

  1. Kajian Terhadap Struktur Keluarga

Kajian selanjutnya terkait dengan ruang lingkup sosiologi keluarga, berkaitan erat dengan struktur keluarga. Hal ini alasannya karena adanya keluarga, seseorang bisa untuk memperoleh pengakuan status sosial dari masyarakat yang berpengaruh pula pada lingkungan masyarakat.

  1. Memberikan Kajian Terkait dengan Sistem Sosial di dalam Keluarga

Sosiologi keluraga akan senantisa memberikan kajian terkait dengan berbagai macam sistem sosial di dalam masyarakat. Hal ini tidak terlepas daripada adanya lembaga keluarga yang mampu memberikan fungsi untuk memenuhi berbagai kebutuhan pokok untuk melangsungkan kehidupan.

  1. Mempelajari Bentuk-Bentuk Keluarga

Keluarga dalam kajian sosiologi akan senantisa terbagi menjadi berbagai bentuk. Hal ini lantaran keluarga juga berfungsi untuk melestarikan dan menjaga kelangsungan hidup keturunan-keturunan yang akan dilahirkan. Sehingga dengan adanya sebuah keluarga dalam era morden mampu menambah jumlah anggota keuarga yang lainnya dengan bentuk yang baru.

Contoh Ruang Lingkup dalam Sosiologi Keluarga

Adapun untuk contoh perbuatan yang terjadi karena dalam kajian sosiologi keluarga, yaitu;

  1. Pemenuhan segala kebutuhan hidup seorang anak yang selalu diperhatikan oleh orangtuanya.
  2. Menjaga kesehatan dengan sebaik-baiknya dengan melakukan perawatan dan mengatur pola makan yang baik di dalam keluarga.
  3. Memberikan ajaran sopan santun, toleransi, dan saling menghormati antar hubungan anggota keluarga.

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa sosiologi keluarga pada dasarnya merupakan kelompok paling kecil dalam kehidupan masyarakat, dimana didalamnya terdiri dari seorang kepala keluarga atau ayah, ibu, dan anak.

Dalam penerapannya sendiri setiap keluarga pasti mempunyai nilai dan norma yang diterapkan dalam kehidupan keluarganya itu sendiri. Sehingga pada akhirnya keluarga mampu memberikan rasa aman dari berbagai gangguan yang ada diluar.

Itulah tadi penjelasan yang bisa diberikan pada semua kalangan berkenaan dengan ruang lingkup yang menjadi kajian dalam sosiologi keluarga.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *