Pengertian Dinamika Kelompok Sosial, Ciri, Jenis, Faktor, Aspek, dan Contohnya

Diposting pada

Dinamika Kelompok

Dinamika kelompok sosial menjadi salah satu bahan penting dalam objek kajian sosiologi. Pengulasan mengenai dinamika dalam arti kelompok sosial dilakukan karena kehidupan manusia selalu berjalan dengan dinamis, sehingga proses sosial dan interaksi sosial yang terjadi dalam kehidupan terkadang tidak semudah menggembalikan telapak tangan, adasaja berbagai contoh permasalahan sosial yang terjadi.

Hal ini setidaknya menunjukan bahwa dinamika kelompok sosial dalam kehidupan masyarakat senantisa terwujud, baik untuk masyarakat demokrasi, masyarakat multikultural, ataupun masyarakat modern dan tradisional.

Dinamika Kelompok Sosial

Dinamika kelompok sosial bisa dikatakan sebagai penelaahan mengenai faktor terjadinya hubungan kelompok sosial atas dasar perilaku atau tindakan dalam kelompok sosial tersebut melalui sebuah interaksi yang dinamis dengan adanya situasi sosial yang mendukung.

Sehingga kajian terkait dengan dinamika kelompok sosial ini berkaitan erat dengan pembentukan struktur sosial dalam kelompok, norma sosial, perasaan saling memiliki, dan internalisasi dari setiap perwujutan norma yang ada dalam lingkungan sosial bermasyarakat.

Pengertian Dinamika Kelompok Sosial

Dinamika kelompok sosial adalah serangkaian problematika kehidupan yang dialami oleh individu dan kelompok yang ingin melakukan bentuk mobilisasi sosial dengan cepat sehingga mengubah keteraturan sosial yang sudah berjalan lama di masyarakat.

Pengertian Dinamika Kelompok Sosial Menurut Para Ahli

Dinamika Kelompok Sosial Menurut Para Ahli
Dinamika Kelompok Sosial Menurut Para Ahli

Adapun definisi dinamika kelompok sosial menurut para ahli, antara lain;

  1. Soerjono Soekanto, Pengertian bahwa dinamika sosial adalah perubahan sosial dalam masyarakat yang mengalami permasalahan. Permasalahan bisa dilakukan perorangan atau kelompok, akan tetapi yang pastinya dengan adanya dinamika sosial keteraturan sosial dalam masyarakat tdak berjalan dengan semestinya.
  2. Shertzer dan Stone, Arti dinamika kelompok sosial adalah tindakan yang dilakukan oleh seseorang atas landasan mencapai tujuan tanpa memahami subtansi kebutuhan yang akan dimilikinya. Akibatnya keadaan ini memaksanya untuk menghalalkan cara apapun.
  3. Slamet Sentosa, Dinamika kelompok sosial adalah suatu hubungan yang terjalin antar kelompok sosial dalam lingkungan masyarakat secara teratur dan mempunyai hubungan psikologis yang jelas antara individu satu dengan yang lainnya. Arti atau makna dari hubungan psikologis ini yaitu hubungan yang terjalin antar kelompok sosial dengan begitu dalam hingga dapat merasakan berbagai situasi yang dialami secara bersama-sama.
  4. Floyd D.Ruch, Dinamika kelompok sosial adalah sebuah analisa mengenai hubungan-hubungan atau relasi yang terjadi dalam kelompok sosial mengenai tindakan atau pola perilaku setiap individu dalam sebuah situasi sosial.
  5. Sprott, Pengertian inamika kelompok sosial adalah suatu analisis tentang hubungan relasi yang terjadi antara angora-anggota kelompok sosial dalam lingkungan masyarakat.
  6. Robert F.Bales, Dinamika kelompok sosial adalah sebuah proses kejiwaan yang terjalin dalam hubungan antar individu dan dapat mempengaruhi kelompok tersebut.

Ciri Dinamika Kelompok Sosial

Sedangkan karakteristik dinamika yang menonjol dalam kelompok sosial. Antara lain;

  1. Terjadinya gejala sosial yang mengarah pada perpecahan
  2. Tersusunnya perubahan struktur sosial di masyarakat dari sebelum dan sesudahnya terjadinya dinamika
  3. Terbentuknya perubahan sosial baru
  4. Menentang aturan dan nilai sosial di masyarakat

Jenis Dinamika Kelompok Sosial

Adapun untuk bentuk dinamika yang ada dalam kelompok sosial, antara lain;

  1. Dinamika Kecil, Dinamika kecil perubahan baik kecil yang ada di masyarakat dan berpengaruh pada suatu kelompok sosial.
  2. Dinamika Besar, Merupakan dinamika yang terjadi dalam kelompok sosial perubahan progres (maju) ataupun perubahan regres (mundur) akibat proses mobilitas sosial

Faktor Dinamika Kelompok Sosial

Faktor yang terjadi dalam dinamika kelompok sosial ini, terbagi menjadi dua bentuk. Yakni;

Penghambat

Pencegah dinamika kelompok sosial, antar lain;

  1. Terjadi isolasi
  2. Terdapat keinginan untuk mempertahankan keadaan
  3. Terdapat tradisi yang mengikat
Pendorong

Antara lain;

  1. Terdapat keinginan anggota kelompok untuk melakukan perubahan
  2. Terjadi pergantian anggota kelompok
  3. Terjadi konflik antaranggota kelompok
  4. Terjadi perubahan lingkungan sosial
  5. Terjadi modernisasi

Aspek Kelompok Sosial

Aspek yang menjadi latar belakang adanya kelompok sosial dalam masyarakat, sangat berpengaruh besar pada pola interaksi sosial dan keteraturan sosial yang diciptakan. Adapun bentuknya sebagai berikut;

  1. Adaptasi

Adaptasi di dalam kelompok sosial sangat diperlukan untuk menyesuaikan kelompok dengan perkembangan zaman yang pada saat ini tidak terbatas. Adaptasi adalah kemampuan masyarakat atau seseorang dalam penyesuaian dirinya dengan lingkungan sosial yang terbentuk.

  1. Pencapaian Tujuan

Kelompok sosial yang berupaya mencapai tujuan tertentu akan mengalami perubahan dan perkembangan yang ada di dalam masyarakat. Pencapaian tujuan dalam kelompok sosial ini dilakukan atas dasar suka rela antar anggota masyarakat, yang sebelumnya dilakukan dengan adanya kesepakatan-kesepatan tertentu.

  1. Integrasi

Integrasi dalam kelompok sosial menandakan upaya tetap bersatu dalam kelompok untuk mendukung dan mewujudkan tujuan yang impikan. Aspek yang terdapat dalam kelompok sosial ini penting untuk dilakukan sebagai upaya adanya kesimbangan dan keteraman di dalam kehidupan.

  1. Pola Pemeliharaan dan Perluasan

Kelompok sosial yang melakukan perubahan membuat pola-pola pemeliharaan agar tidak terjadi disintegrasi. Kelompok sosial juga melakukan perluasan dengan menerima anggota baru dan memperkenalkan anggota tersebut dengan unsur budaya kelompok.

Contoh Dinamika Kelompok Sosial

Adapun untuk contoh yang bisa diambil dalam dinamika kelompok sosial masyarakat, misalnya saja;

  1. Indonesia

Dalam kehidupan sehari-hari, khususnya masyarakat Indonesia yang banyak memberikan pandangan kepada masyarakat di Papua dengan tipikal yang keras dan tertinggal. Keras dalam artian dalam pergaulan dan tatacara dalam berbicaranya.

Kondisi seperti ini adalah bagian daripada dinamika dalam kelompok sosial masyarakat. Padahal belum tentu masyarakat yang berasal dari Papua tertinggal dan tatabicaranya keras. Pandangan ini sejatinya perlu untuk diingatkan sebagai wujud integrasi nasional dan juga wujud diskriminasi kepada kelompok-kelompok tertentu.

  1. Agama

Contoh lain, dalam segi agama. Sebagian golongan melihat bahwa adanya Organisasi NU (Nahdalutul Ulama) sebagai organisasi yang membeli agama lain daripada membela agamanya sendiri, bahkan ada sejumlah pandangan dan perkataan bahwa “Banser (Banom NU) lebih menjaga Geraja daripada Menjaga Masjid“.

Padangan seprti ini juga bisa dikatakan sebagai dinamika kelompok sosial yang merugikan dan dapat mengikis integrasi sosial dalam kehidupan bermasyarakat.

Demikinalahlah penjabaran mengenai pengertian dinamika kelompok sosial menurut para ahli, ciri, jenis, faktor, aspek, dan contonya. Semoga dengan adanya penjelasan dan bahasan ini bisa memberikan wawasan dan juga memberikan pengetahuan yang mendalam.

Rating: 5.0/5. From 3 votes.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *