Pengertian Perdagangan Internasional, Faktor, dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Perdagangan Internasional, Contoh Perdagangan Internasional, Dampak Perdagangan Internasional, Faktor Perdagangan Internasional, Manfaat Perdagangan Internasional

Perdagangan internasional menjadi salah satu faktor perkonomian yang menunjang bagi suatu negara atau wilayah tertentu. Perdagangan ini tidak terbatas pada kondisi ruang dan keadaan waktu. Hal ini sebagai akibat daripada berkembangnya globalisasi ekonomi yang terjadi bagi di negara maju atau dalam negara berkembang.

Selain itu didasari pada kemampuan dan kebutuhan negara yang belum seimbang membuat suatu negara membutuhkan bantuan negara lain untuk memenuhi permintaan dalam negeri melalui proses perdagangan internasional ini.

Perdagangan Internasional

Pada hekekatnya setiap perdagangan internasional terjadi terutama karena perbedaan harga yang relatif di antara negara-negara. Perbedaan ini timbul akibat perbedaan biaya produksi dari beberapa hal antara lain, dukungan dalam faktor produksi, tingkat teknologi yang digunakan, kurs valuta asing, dan efisiensi dengan intensitas faktor yang dimanfaatkan.

Pengertian Perdagangan Internasional

Perdagangan internasional adalah kegiatan perdagangan yang dihasilkan dari serangkaian kesepakatan atau perjanjian antara penduduk/badan usaha suatu negara dengan penduduk atau badan usaha negara lain. Hal ini membuktikan bahwa peran negara punya kesempatan yang sama untuk turut serta memperkenalkan dan mendistriibusikan perdangannya di negara-negara lain.

Pengertian Perdagangan Internasional Menurut Para Ahli

Adapun, definisi perdagangan internasional menurut pendapat para ahli antara lain sebagai berikut;

  1. Huala Adolf

Pengertian perdagangan internasional adalah proses globalisasi ekonomi yang terjadi dengan sistem tukar menukar barang/jasa melalui uang internasional yang didasari atas kehendak dari setiap individu yang bekiatan secara sukarela tanpa adanya unsur keterpaksaan.

  1. Wikipedia

Definisi perdagangan internasional menurut situs terpolpuler dalam segala bidang keilmuan ini adalah prosesi perdagangan yang dilakukan oleh penduduk negara yang berbeda, dengan tujuan mendapatkan barang/jasa melalui kesepakatan bersama.

Kesimpulan

Dari penjelasan secara umum ada syarat mulatk dilakukan sistem perdagangan internasional adalah kesempatan antar pihak yang berkiatan untuk melakukannya, baik dalam dua negara (bilateral) ataupun dalam banyak negara sekalipun.

Faktor Pendorong Perdagangan Internasional

Faktor pendorong yang bisa mengakibatkan terjadinya perdagangan internasional dalam masyarakat dunia, antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Perbedaan sumber daya alam, iklim, kualitas sumber daya manusia, budaya, dan jumlah penduduk. Hal ini alamiah terjadi dalam setiap negara yang punya keleihan dan kekuarang masing-masing. Misalnya untuk Indonesia punya kelebihan dalam SDA serta kekuarangan dalam SDM yang mumpuni.
  2. Keinginan memenuhi kebutuhan barang dan/atau jasa di dalam negeri. Prosesi perdagangan internasional seperti ini dilakukan dengan solusi mengimpor barang/jasa dari negara lainnya dalam upaya memenuhi segala kebutuhan hidup dan hajat masyarakat.
  3. Memperoleh keuntungan dan meningkatk an pendapatan negara melalui perluasan pasar produk dalam negeri. Prosesi ini bisa dikatakan sebagai manfaat perdagangan internasionalyang bisa meningkatan pendapatan negara malalui pajak yang dikeluarkan oleh perusahaan-perusahaan.
  4. Perbedaan kemampuan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek).
  5. Keinginan menjalin kerja sama antar negara.
  6. Kesamaan selera masyarkat di dunia.

Manfaat Perdagangan Internasional

Perdagangan internasional memiliki manfaat bagi suatu negara. Antara lain;

  1. Menjalin persahabatan antarnegara
  2. Negara memperoleh keuntungan dan spesialisasi produksi
  3. Memenuhi kebutuhan barang dan/atau jasa di dalam negeri
  4. Menambah devisa negara dan perluasan pasar produksi.
  5. Terciptanya stabilitas harga di dalam negeri.
  6. Semakin luasnya pasar produk dalam negeri
  7. Mempercepat proses transfer ilmu pen getahuan dan teknologi (iptek).

Dalam mendulang segala bentuk suksesi dalam perdagangan internasional, tentusaja tidak terlepas daripada kebijakan perdagangan internasional. Kebijakan ini dimasudkan untuk memberi sitimulus keberhasilah serta menambah keuntungan bagi negara.

Oleh karena itulah beberapa kebijakan dalam tujuan perdagangan internasional antara lain:

  1. Pembebanan pajak atas barang yang melewati wilayah pabean suatu negara.
  2. Kebijakan membatasi jumlah produk impor atau ekspor selama periode tertentu.
  3. Larangan ekspor dan impor. Kebijakan pelarangan ekspor dan impor produk tertentu untuk melindungi konsumen dan produsen dalam negeri.
  4. Kebijakan memberikan perlindungan atau bantuan berupa modal dan lain-lain.
  5. Kebijakan pembenian hadiah atau insentif kepada produsen dalam negeri.
  6. Diskriminasi harga (dumping). Kebijakan penetapan harga jual barang yang berbeda antara satu negara dengan negara lain.

Dampak Perdagangan Internasional

Dampak Perdagangan Internasional

Selain hal tersebut, pada dasarnya perdagangan internasional juga membawa dampak negatif antara lain;

  1. Semakin lemahnya daya saing produk dalam negeri
  2. Semakin ketatnya persaingan pasar bagi produk dalam negeri
  3. Meningkatnya utang (pinjaman) luar negeri
  4. Bertambahnya ketergantungan terhadap negara lain
  5. Bertambahnya jumlah pengangguran akibat serbuan tenaga kerja asing
  6. Kuatnya tekanan negara maju terhadap negara berkembang.

Hambatan Perdagangan Internasional

Sebenarnya ada permasalahan perdagangan internasional yang sulit untuk dihindari, antara lain;

  1. Hambatan geografis
  2. Waktu penginiman
  3. Kebijakan yang diterapkan suatu negara
  4. Kualitas komoditas yang diperdagangkan

Contoh Perdagangan Internasional

Beberapa contoh perdagangan internasional, yang bisa disebutkan. Antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Indonesia

Indonesia sebagai karakteristik negara berkembang, menjadi salah satu kajian menarik dalam menelisik lebih dalam, terutama dalam bidang perdagangan internasional ini. Contonya saja dalam mengekpor barang, Indonesia mampu memberikian kontribusi dalam SDA (Sumber Daya Alam) yang dimilinya, untuk keperluan negara lain, dalam hal ekpor Minyak Bumi, Tambang Emas, dan ekpor SDA lainnya.

Selain pada bidang pertambangan contoh perdagangan internasional di Indonesia yang mampu dikenal diseluruh dunia adalah bidang makanan dan obat-obatan. Makanan siap saji seperti Mie telah banyak diproduksi di pangsa pasar luar negri, atau masakan padang yang mampu berdiri di negara maju, seperti Inggris dan Arab Saudi.

Dalam obat-obatan salah satu produksi dari Indonesia adalah Minyak Telon Cap Lang. Yang ternyata sangat dibutuhkan oleh negara seperti Australia, Malaysia, dan negara di kawasan Asia tenggara lainya.

  1. Benda Hidup

Contoh lain, dari perdangan internasional benda hidup yang ada di Indonesia dan negara lainnya. Misalnya saja dalam kebutuhan daging di Indonesia yang semakin meningkat mengakibatkan Indonesia harus mengimpor Hewan Sapi dari Asutralia yang dikenal sebagai negara penghasil sapi terbesar di dunia.

  1. Internasional Bilateral

Contoh mengenai perdagangan internasional bilateral di Indonesia dan dunia, banyak ditemukan dalam produksi dua negara yang saling tukar menukar. Hal ini didasari pada bilateral sendiri yaitu perdangan yang hanya dilakukan dua negara.

Contohnya saja Malaysia dan Indonesia melakukan kerjasama ini dapat indutri perkebunan kelapa sawit. Kedua negara berkerjasam untuk mengelola dan memenuhi kebutuhan hidup masyarakat melalui prosesi perdagangan internasional kelapa sawit.

  1. Internasional Multilateral

Contoh terkhir, mengenai perdangan internasional yang bersifat multilateral misalnya saja dalam perdangan dan penyebarluasan produksi Smartphone Samsung yang diproduksi oleh Korea Selatan atau dalam penyebaranluasan MS Word yang dibutuhkan oleh banyak negara. Prosesi penjualan seperti inilah dimasudkan sebagai bentuk perdagangan internasional multilateral.

Demikianlah serangkaian penjelasan mengenai pengertian perdagangan internasional menurut para ahli, faktor, manfaaat, dampak, hambatan, dan contohnya. Semoga ulasan ini bisa memberikan wawasan dan juga memberikan pengetahuan yang mendalam.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *