Tujuan Perdagangan Internasional dan Contohnya

Diposting pada

Perdagangan Internasional

Perdagangan internasional adalah bentuk kerjasama dibidang ekonomi untuk memebuhi kebutuhan negara tersebut. Tujuan diselenggarakannya perdagangan internasional ialah untuk menjalin kerjasama dengan negara lain. Yang sehingga dapat bermanfaat untuk terpenuhinya kebutuhan dalam negeri.

Sebagai contoh perdagangan internasional ialah perdangan minyak kelapa sawit ke beberapa negara. Tidak semua negara dapat menghasilkan kelapa sawit, sehingga atas konsep untuk terjalinnya inilah dibutuhkan perdagangan internasional.

Perdagangan Internasional

Perdagangan internasional adalah hubungan perdagangan antar dua pihak yang berasal dari negara yang berbeda. Perdagangan ini disepakati oleh dua pihak. Pihak yang dapat melakukan perjanjian hubungan internasional adalah individu, perusahaan, dan pemerintah.

Perdagangan internasional merupakan bentuk usaha yang biasa dilakukan antar negara. Negara yang bekerjasama biasanya saling bertukar barang atau jasa yang dibutuhkan oleh negara lain dengan keunggulan absolut yang dimiliki oleh masing-masing negara.

Perdagangan internasional dapat terjadi apabila kerjasama tersebut dilakukan dengan melewati batas-batas negara. Batas-batas yang dimaksud antara lain, adanya perbedaan bahasa, mata uang, harga, dan hukum yang berlaku.

Hubungan yang terjalin antar negara kadang memiliki hubungan yang rumit. Bentuk hubungan yang terjalin dalam perdagangan internasional biasanya, pertukaran output dari masing-masing negara, hubungan utang piutang, dan pertukaran sarana produksi.

Tujuan Perdagangan Internasional

Suatu Negara baik maju atau dalam karakteristik Negara berkembang pasti memiliki tujuan tertentu dalam melakukan perdagangan internasional. Berikut merupakan beberapa tujuan perdagangan internasional secara umum, antara lain;

Produksi dalam Negeri Terlindungi

Menjadi pengetahuan umum bahwasanya dalam proses terciptanya perdagangan internasional akan memberikan stimulus pada produksi dalam negeri yang terlindungi, baik dalam penggunaannya ataupun dalam pengelolaannya untuk keberlanjutan.

Barang dan Jasa dalam Negeri Terpenuhi

Upaya mengatasi masalah ekonomi modern dan klasik ialah berkaitan dengan adanya keterbatasan barang atau jasa dalam suatu Negara. Melalui proses perdagangan internasional inilah semua problem tersebut dapat diatasi sedemikian rupa.

Menambah Devisa Negara

Proses terjalinnya kerjasama internasional melalui suatu perdagangan ialah memberikan penambahan devisa pada suatu Negara. Sehingga atas keuntungan ini tidak ada Negara manapun yang mengindari perdagangan dalam dunia internasional.

Mendapatkan Keuntungan Selain pada Bidang Ekonomi

Peningkatan kerjasama dalam suatu Negara diakui ataupun tidak disebabkan karena adanya perdagangan internasional, sehingga atas terjalinnya kesepakatan itulah kemudian hari adanya kerjasama ini juga mendorong pada tindakan lain seperti tindakan untuk meningkatkan pariwisata, pertahanan, dan lain sebagianya.

Memberikan Dorongan Pada Kualitas Penduduk

Adanya perdagangan internasional yang dilakukan oleh berbagai Negara memberikan dorongan untuk kualitas penduduk yang lebih baik, dalam koredor ini misalnya saja adanya Negara maju seperti China disebabkan karena perdagangannya terkenal di dunia.

Contoh Perdagangan Internasional

Untuk memberikan penjelasan lebih lanjut, berikut beberapa contoh adanya perdagangan internasional yang diterapkan di Indonesia, antara lain;

Ekspor dan Impor

Perdagangan internasional dengan ekspor dan impor biasa dilakukan oleh beberpa negara. Kegiatan ekspor impor ini lebih dikenal oleh masyarakat dari oada kegiatan perdagangan internasional yang lain.

Contoh: ekspor kelapa sawit, tekstil, karet, kako, dan biji kopi. Impor berupa tenaga ahli atau barang modal lain yang digunakan oleh perusahaan.

Konsinyasi

Kegiatan penjualan barang dengan cara mengirim barang ke luar negeri yang belum jelas pembelinya. Kegiatan ini biasanya dilakukan di pasar bebas.

Contoh: baju, mainan, dan sepatu dengan brand tertenntu.

Barter

Kegiatan ini masih sering dilakukan dengan menerapkan jenis barter tertentu. Barter yang dilakukan biasanya berupa barang-barang yang bernilai besar dan menyangkut kepentingan bersama.

Package deal

Perdagangan yang dilakukan dengan perjanjian dagang dengan negara lain. Perjanjian ini bermaksud untuk memperluas pasar internasional.

Itulah tadi serangkain penjelasan dan pengulasan yang bisa kami tuliskan kepada segenap pembaca terkait dengan tujuan perdagangan internasional secara umum dan contohnya di Indonesia. Semoga bisa memberikan wawasan dan edukasi yang mendalam. Trimakasih,

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *